header www.zulmiati.com

Membuat Content Plan untuk Blogger Produktif

18 komentar
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Untuk menjadi blogger produktif, pasti memerlukan strategi. Salah satu strateginya dengan membuat content plan. Nah, bagaimana cara membuat content plan untuk blogger produktif?
Lagi-lagi aku tersentak dengan materi dari coach Marita tentang "Membuat Blog Plan dan Evaluasi". Materi yang sangat pas di akhir tahun, betul ga kawans?Akhir tahun saatnya untuk menilik apa yang sudah kita lakukan sepanjang tahun, mengevaluasinya, lalu menyusun plan tahun depan.
Inspiratif sekali blog plan coach Marita, sangat detail, sangat memudahkan untuk melakukan evaluasi. Sehingga sangat produktif sekali coach kesayangan ini.
Membuat content plan untuk blogger produktif

Apa Content Plan Blog?

Iya, content plan blog adalah perencanaan isi atau konten dalam blog. Seringkali terdengar petuah 
" Perencanaan yang matang adalah separuh jalan kesuksesan" 
Nah tujuan umum content plan dalam blog adalah merencanakan arah proses blog kita, seperti :
1. Target yang ingin dicapai dari blog kita
2. Niche atau kategori tulisan yang ingin dipublikasi.
3. Membuat jadwal posting blog.
4. Melakukan riset keyword.
5. Membuat outline tulisan

Manfaat Content Plan

Penting untuk memastikan bahwa setiap hal yang kita lakukan mempunyai manfaat. Aku sudah pernah menuliskannya tentang manfaat content plan ini kawans. Berikut beberapa rangkuman manfaat content plan :
1. Mempunyai schedule yang jelas sehingga lebih teratur
2. Menjaga konsistensi dalam menulis
3. Tulisan lebih bervariasi 
4. Menyeimbangkan niche/label blog
5. Waktu lebih efektif
6. Mencegah buntu ide
Sudah terbayang kan ya kawans, kemudahan yang akan kita peroleh dengan membuat content plan.
 Content plan ini mendukung sekali agar kita bisa menjadi blogger produktif.

Metode dan Jenis Content Plan

Metode Content Plan

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat content plan, yuk lanjut membuat content plan yang sesuai dengan kita. Ada beberapa metode yang bisa kita pilih dalam membuat rencana konten, yaitu :

1. Manual

Bagi yang hobi corat-coret di kertas, ini cocok sekali. Iya, kita bisa menuliskan rencana blog dalam buku. Boleh banget ditambahin gambar dan hiasan agar semakin cantik.

2. Printable

Printable ini kombinasi antara digital dan manual. Kita bisa membuat desain sendiri melaui aplikasi canva dan sejenisnya. Atau mendownload template di pinterest atau website lainnya juga bisa. Lalu kita mengisinya secara manual. Bagi yang menyukai desain lucu tapi ga mau ribet, ini cocok digunakan.

3. Digital

Metode ketiga ini dengan memanfaatkan teknologi. Bisa menggunakan aplikasi canva untuk desain lucu, atau aplikasi android lainnya. Yang sederhana juga bisa menggunakan excel. Senyamannya dan sesuai kebutuhan kita. Metode ini cocok bagi yang konsen dengan paperless dan yang tulisan tangannya kurang rapi seperti aku,wkwk.
Apapun metode yang dipilih disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kita saja. Metode yang memudahkan dan paling nyaman buat kita. Jangan sampai berkutat dengan metode, ga jadi nulis deh,wkwk.

Jenis Content Plan

Setelah menentukan mau mengggunakan metode blog plan yang kita pilih. Sekarang kita breakdown content plan sesuai jangka waktunya yuk kawans :

1. Yearly Blog Plan

Yearly Blog Plan merupakan perencanaan  untuk blog kita dalam jangka satu tahun. Di dalamnya berisi target-target yang ingin dicapai dalam satu tahun akan datang.
Dalam rencana tahunan blog, kita bisa membuat target goals yang ingin di capai. Misal, Traffic yang ingin dicapai, DA PA yang ditargetkan, DR yang ingin raih. Atau bahkan berapa nominal pendapatan atau achivement yang ingin diperoleh melalui aktivitas blogging.
Setelah menuliskan menuliskan target tahunan yang ingin dicapai. Kita bisa membreak down ke dalam kegiatan atau hal yang  berkaitan untuk mendukung dan mewujudkan goal tsb. 
Seperti jadwal posting, update artikel lama, membenahi struktur blog, melakukan link building, ikut kelas blogging, dsb. 
Akhir tahun seperti ini waktu yang pas untuk kita membuat yearly blog plan. 

2. Monthly Blog Plan

Setelah Yearly Blog Plan tersusun, saatnya membuat rencana turunan bulanannya atau monthly blog plan, meliputi : 
Merencanakan jumlah artikel yang akan dihasilkan pada bulan tersebut.
1. Merencanakan jumlah artikel yang akan dipublikasi bulan tsb
2. Merencanakan jadwal postingan misal setiap hari atau dua hari sekali, dll.
3. Mencatat hari-hari besar di bulan itu, apakah akan membuat postingan dengan tema tersebut.
Coach Marita mencontohkan monthly blog plannya yang dari excel. Dengandetail sebagai berikut :
1. Membuat kolom yang dibutuhkan; nomor, tanggal, niche/ label/ kategori, keyword/ judul, jenis (organic/ CP/ JR/ Social Campaign), nama klien, fee, report, transfer, status (sudah terbit/ belum), link post (nanti diisi link post yang sudah dipublikasi)
2. Memberi warna berbeda untuk setiap jenis artikel. Misal warna hijau untuk artikel organik, biru untuk artikel job, kuning untuk artikel yang pending, dsb.
3. Memasukkan ide-ide yang gagal ditulis di bulan ini, ke rencana bulan depan.
4. Membuat pencatatan pencapaian blog: traffic, alexa rank, DA/ PA, DR, dan juga pendapatan bulanan.
Ini berfugnsi sebagai pencatatan apresiasi, sekaligus evaluasi blog dari bulan ke bulan, yang nantinya membantu kita membuat blog plan tahunan.

3. Weekly Blog Plan

Weekly Blog / content Plan memuat turunan dari rencana bulanan, yang merupakan detail dari rencana konten bulanan yang sudah dibuat. Apa saja isinya?
1. Menetapkan jadwal posting pada pekan tersebut
2. Merencanakan kategori dan tema postingan.
3. Menuliskan tujuan jangka pendek; misal ada lomba blog di pekan tersebut.
4. Mencatat hal-hal yang harus dilakukan pekan itu; mencari referensi tulisan, menyiapkan infografis, wawancara narasumber, dsb.

4. Daily Blog Plan

Daily content plan ini lebih spesifik, atau bisa dibilang outline atau kerangka tulisan. Ini bermanfaat supaya tulisan kita terarah, runtut dan fokus. Outline ini sebagai bahan checklist apakah sudah memenuhi kaidah SEO atau belum.
Tema tulisan
Keyword
Judul
Permalink
Kalimat pembuka
Sub Judul 1
--- Sub sub judul 1
--- Sub sub judul 2
--- Sub sub judul 3, dst
Sub Judul 2
Sub Judul 3, dst
Penutup (kesimpulan)
Referensi/ Daftar Pustaka

Kesimpulan :  Membuat Content Plan, Cara Jitu menjadi Blogger Produktif

Seperti halnya membuat to do list yang membantu produktifitas kegiatan harian kita. Content plan ini juga sangat mendukung produktifitas kita sebagai blogger. Blog plan bisa menjadi bahan evaluasi produktifitas dan dasar plan blog tahun berikutnya. Apa saja perlu diperbaiki, dikurangi, dipertahankan atau dioptimalkan.
Senang sekali ngobrol bersama teman 1 grup tentang blog plan masing-masing. Ada mb Zakia yang sangat humble membantu teman-teman di grup. Mba Zakia ini seniorku di cupuers blogspedia juga. Salah satu goals plan mb Zakia adalah DA nya naik menjadi 15.
Ada mb Maftuha, walau sedang hamil semangat belajarnya patut diacungi jempol.  Aku pernah membuat profilnya lho. Oya, salah satu goal blog plan mb uha tahun 2022 adalah mendapatkan income 1 juta/tahun.
Setiap blogger mempunyai goals yang berbeda tergantung dengan kebutuhan masing-masing.
Begitupun denganku, alhamdulillah tahun  2021 Allah memberi kesempatan mengikuti beberapa kelas blogging, salah satunya Kelas BRT Network ini. Hal ini semakin menambah wawasan pengetahuan tentang dunia blogging. Dan bahagia sekali tahun 2021 ini aku bisa memasang custom domain sendiri, belajar menata template blog, dan banyak lagi.
Dan dari menilik Strong why ngeblog serta evaluasi blog tahun ini, aku merancang zulmi's diary blog plan 2022 ini kawans. Dan inilah yearly blog planku kawans.

zulmi's diary Blog plan 2022, supaya menjadi blogger produktif

Setelah membuat yearly content plan, aku membreak down ke blog plan mingguan. Teman-teman di grup saling berbgai inspirasi weekly content plannya.
Ada mba Lintang yang akan mengupas tentang film. Mba Dian yang akan meriview tempat wisata. Dan mb yuni yang fokus membuat planning di pekan ini.
Wah jadi ga sabar kan kawans menunggu tulisan mereka release. Nah ini blog plan mingguanku kawans, bismillah semoga teralisasi. rencana mingguan blog zulmi's diary

Kawans sudah pernah content plan belum? Boleh nanti diceritain di kolom komentar ya, aku ingin belajar juga,hehe. Dan siapa tahu ada tema tulisan kawans yang sedang aku butuhkan. Jadi bisa aku tungguin realesnya ya..
Membuat content plan untuk blog ini memang salah satu jurus jitu agar tetap produktif sebagai blogger. Menyusun blog plan ini bagian ikhtiar menyusun proposal impian tentang blog ke Allah SWT. Iya, kuasa kita hanya di poin ikhtiar. Kuasa Allah SWT yang menghendaki terwujud atau tidaknya. Semangat menjadi produktif ya kawans.. sebagai blogger atau apapun yang terpenting adalah dalam hal kebaikan dan kebermanfaatan.

Related Posts

18 komentar

  1. Selama ini nulis ya nulis aja gitu yaa... ngga pake plan2an. Ternyata mau jadi blogger yang profesional itu harus ada plan yg tersusun rapih. MasyaAllaah peer banget ini. Alhamdulillaah dgn ulasan ini bisa sekalian belajar. Terimakasih sharingnya, mbk....

    BalasHapus
  2. Infografisnya gemeshh banget mb hihi. Saya pengen banget bisa buat blog plan, karena emang bermanfaat banget ya agar blog terawat dan bermanfaat bagi banyak orang. Harus disiplin bikin content plan kayaknya ini saya.

    BalasHapus
  3. karena hidup pun butuh rencana ya?

    terlebih membuat blog, tanpa plan kita akan mutar muter di tempat

    BalasHapus
  4. Sejak punya anak-anak, saya menghindari menggunakan rencana karena saya takut stres. Cuma setelah mendapatkan pembelajaran di kelas brti, kalau rencana setidaknya untuk mengingatkan kita untuk tetap berada di jalur yang benar, saya juga memberanikan diri membuat rencana blog. Semoga dimudahkan dan dilancarkan dalam mewujudkan blog plannya ya, mbak

    BalasHapus
  5. Wah...mantap banget rencananya, PR nih buatku juga untuk bikin content plan agar pekerjaan rapi..thanks for sharing

    BalasHapus
  6. Menurut saya memang penting banget untuk membuat content plan dalam kegiatan blogging karena bisa lebih terarah dari setiap aktivitas ngeblog yang dilakukan. Namun, selama ini saya masih kondisional saja karena ngeblog hanya kegiatan sampingan saja. Thanks for sharingnya ya kak, sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  7. saya pakai weekly plan mbak, kalau yg dayli paling cuman pakai coretan2 di kertas ,, tahun depan baru mau coba pakai blog plan yang tahunan

    BalasHapus
  8. Review tulisan seperti ini membuat blogging menjadi lebih baik di masa mendatang

    BalasHapus
  9. Kalau terencana seperti ini sangat membantu untuk kitanya semangat menulis blog, dan pastinya gak kebingungan: "Mau menulis apa hari ini?" Hehe

    BalasHapus
  10. aku juga bkin blog plan kak, beneran ngebantu banget bar kta tetap on the track

    BalasHapus
  11. Keren content plan nya ya mba, semoga terealisasi apa yg sudah direncanakan. Aku juga baru buat blog plan, malah makin termotivasi setelah bikin

    BalasHapus
  12. Wah memang jaman now harus mulai punya konten plan seiring makin bertambahnya load kerjaan yaa, jadi semuanya bisa dikerjakan sesuai dengan timeline yang kita buat sendiri

    BalasHapus
  13. agar bisa menjadi blogger produktif, pastinya butuh rencana ya matang ya mbak
    disinilah pentingnya membuat content plan

    BalasHapus
  14. Setuju kadang menulis klo lagi stuck bingung mo nulis apa dengan menggunakan blog plan ngeblog jadi lebih produktif ya mbak karena tahu akan apa yang bakal di tulis.

    BalasHapus

  15. Nah setuju
    Perencanaan yang matang adalah separuh jalan kesuksesan. Karena tanpa perencanaan. Semua proses belum tentu seslesai sesuai harapan

    BalasHapus
  16. Gambarnya keren banget, Mbak. Blog plan-nya juga mantap, nih.
    Semangattt ya Mbak, semoga bisa terlaksana semua. Aamiiin.

    BalasHapus
  17. semoga aku bisa konsisten mematuhi jadwal blog yang aku buat
    seringnya molor terus

    BalasHapus
  18. Waaaa keren banget kl level ngeblognya sudah sampai perencanaan berapa tulisan tiap bulan, huhuhu, pengen menuju ke level ngeblog yg seperti itu.

    BalasHapus

Posting Komentar