header www.zulmiati.com

SEO Moms Community, Komunitas Belajar SEO Basic, Gratis!

Posting Komentar
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

SEO Moms Community merupakan sebuah komunitas belajar SEO basic gratis untuk blogger perempuan Indonesia. Walaupun namanya Moms, tapi bukan hanya para emak yang sudah mempunyai anak yang bergabung disini kawans. Para single juga boleh bergabung kok. Syaratnya mudah, perempuan yang ingin mempelajari Search Engine Optimization (SEO) sudah mepunyai blog dengan Top Level Domain (TLD).
seo moms community
Kalau Jodoh pasti ketemu. Menurutku ini berlaku juga bagi sebuah tulisan dan pembacanya. Namun, ada jalan ikhtiar yang perlu diupayakan agar mudah bertemu dengan jodoh yang tepat,hehe. Nah inilah salah alasanku bergabung dengan SEO Moms Community ini kawans.  Supaya tulisanku mudah ditemukan oleh pembacanya. Nah, yuk kenalan dengan SEO Moms Community ini kawans..

Apa itu SEO Moms Community ?

SEO Moms community adalah sebuah komunitas blogger khusus perempuan yang menfokuskan pembelajaran pada SEO. SEO Moms Community hadir untuk membantu blogger perempuan meningkatkan kemampuanya dalam mengelola blog yang mereka miliki baik dalam tampilan maupun dalam struktur penulisan yang sesuai dengan target pembaca di mesin pencari. Member komunitas SEOMOC ini tersebar di seluruh penjuru Indonesia kawans,, 

Tentang Founder SEO Moms Community

Dari namanya, aku pikir founder komunitas ini adalah seorang perempuan. Ternyata dugaanku salah,wkwk. Founder SEO Moms Community adalah seorang laki-laki. Nama asli founder adalah M. Sahlan, namun beliau lebih dikenal dengan sapaan Qbenk. SEO Moms Community didirikan pada tanggal 25 Januari 2020 bersama dengan co-founder seorang beauty blogger dari Surabaya. Karena sesuatu dan lain hal co-founder off. Selanjutnya komunitas ini hanya dihandle oleh Founder dibantu oleh para Admin.

Aku masih penasaran, kenapa namanya Moms tetapi foundernya laki-laki? Ternyata SEO Moms Community ini dibuat oleh Bang Q untuk didedikasikan kepada almarhumah ibunya. Masya Allah. Dan jangan khawatir dengan pembelajaran yang bertele-tele dan rumit kawans,, Di awal Bang Q sudah menegaskan:
 “Kita disini akan belajar SEO dan seluk beluknya dengan bahasa yang mudah dimengerti dan insyaallah mudah dipraktekkan. Group ini saya dedikasikan untuk almarhum kedua orang tua saya. Terkhusus lagi buat emak saya yang sangat saya sayangi, yang wafat akhir November 2019 lalu.”

Pembagian Wilayah SEOMOC

Sejak awal tahun 2021 ini, tepatnya pada ulang tahun pertamanya SEO Moms Community dibagi per wilayah. Setiap wilayah dipegang oleh seorang Koordinator. Saat ini ada 5 (lima) grup Whatsapp per wilayah yaitu:
  1. Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta & Jawa Tengah (DIY & Jateng), dikoordinatori oleh Wiwin Pratiwanggini.
  2. Wilayah Jawa Timur, dikoordinatori oleh Dewi Adikara dan Rahmah Chemist.
  3. Wilayah Sulawesi – Bali – Nusa Tenggara (Sul-Bali-Nusra), dikoordinatori oleh Mugniar Marakarma dan Rizky Masdilar.
  4. Wilayah Sumatera, dikoordinatori oleh Arda Sitepu.
  5. Beberapa kota lain yang tidak termasuk dalam wilayah 1-2-3-4 di atas tergabung dalam SEO Moms 4, dikoordinatori oleh Lidya Fitrian.

Pembelajaran di SEO Moms Community

Pembelajaran SEO Moms Community berlangsung melalui WA Grup dan Goggle meet. Ternyata SEOMOC ini  mempunyai kegiatan lain selaian pembelajaran SEO basic. SEO Moms Community juga membuka kerjasama dengan pihak-pihak lain dalam berbagai bentuk yang bisa dibicarakan dengan founder dan para koordinator wilayah. Beberapa kerjasama yang sudah terjalin antara lain dengan: Qwords, SHer Stories, Niagahoster, Ruang Pulih, dan lain-lain.

SEO Moms Community setiap bulan juga mengadakan kegiatan kopdar online melalui GMeet. Sebagai sarana refresh ilmu dan lepas kangen antar member, admin dan founder.

Nah kelas belajar yang sedang saya ikuti ini sudah kelas belajar SEO Moms Basic batch 4 lho kawans,,
Asyiknya belajar disini itu tidak hanya teori kawans, tapi didampingi praktiknya juga, langsung bersama foundernya. 
Komunitas belajar SEO blogger perempuan


Nah apa saja yang bisa kita pelajari dan dapatkan dengan bergabung dengan SEO Moms Community ini?

1. ON-PAGE SEO

Cara melakukan optimasi on-page dengan metode yang mudah dipahami, mulai dari pembenahan title, deskripsi, hingga struktur konten.

2. OFF-PAGE SEO

Cara melakukan optimalisasi blog secara off-page dengan membangun link pada situs - situs tertentu yang memiliki kualitas SEO yang baik

3. SERTIFIKAT MEMBER

Member mendapatkan sertifikat kelulusan pada setiap pembelajaran kelas SEO basic, dan berhak mengikuti kelas khusus lanjutan

4. LINK WHEEL SEO

Kelas lanjutan dalam penerapan link building dengan menggunakan skema sederhana yang mudah dipahami oleh member

5. KOPDAR ONLINE

Seluruh member bisa mengikuti kopdar secara online yang dilakukan setiap bulan dengan materi SEO yang lebih luas

6. KOMPETISI

Member direkomendasikan untuk mengikuti kompetisi SEO yang digelar oleh pihak lain dan akan diberikan pelatihan khusus.

Menurut Bang Q, SEO Moms Community sesuai title nya ada kata moms, memang dikhususkan untuk blogger perempuan Indonesia, sebagai media belajar secara online tentang SEO basic berdasarkan pedoman webmaster Google. Menurut beliau, pada dasarnya tidak ada perbedaan dari dulu hingga sekarang tentang teknik dan cara optimasi. Hanya saja SEOMOC lebih mengedepankan faktor-faktor teknis guideline google sedang faktor teknis diluar google sebagai bahan analisa saja

Bang Q menambahkan bahwa tidak ada yang sulit dalam mempelajari SEO, menurutnya SEO adalah permainan yang menyenangkan. Perubahan mindset sangat penting, karena jika kita dari awal sudah menganggap sulit, maka sampai kapanpun, belajar dimana pun, siapapun guru nya, kita tidak akan pernah bisa menguasainya.

Bismillah semoga aku bisa mengikuti kelas belajar ini dengan tuntas dan baik..


Related Posts

Posting Komentar