header www.zulmiati.com

Asyiknya Menata Template Blog Sendiri

21 komentar


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Menata tempate blog SEO friendly

 

"Semua blog akan cantik pada waktunya" 
Quotes di atas yang sering disampaikan di grup ketika kami para cupu'ers gemes dan tidak sabar ingin mengotak-atik template. Coach Marita menyampaikan selesaikan sesuai tugas dulu saja. Nanti akan ada waktunya belajar menata template. Yeay,,dan inilah saatnya.

Saking senengnya bisa bertahan sampai di detik ini, Aku sampai berefleksi. Seorang coach saja paham milestone yang harus dijalani muridnya. Sebagai murid hanya butuh mengikuti step by step dengan baik. Nah, kadang sebagai hamba Aku kurang sabar menjalani step by step yang Allah rencanakan, hiks. Ketika dihadapkan pada suatu kejadian, kadang tidak sabar, mengeluh, dsb. Padahal Allah Yang Maha Tahu pasti memberi sesuatu di saat yang tepat sesuai kemampuan hambanya.

Eh, jadi curhat... Oke, kembali ke menata template blog. Ternyata menata template blog tidak hanya sekedar cantik, tapi harus sesuai kaidah SEO friendly. Eh apa itu SEO friendly? SEO (Search Engine Optimization) sederhananya adalah upaya optimalisasi blog atau website agar dikenali oleh mesin pencari google. Supaya blog kita mudah ditemukan oleh pembaca yang tepat sesuai konten. Menata template blog ini ibaratnya bukan hanya mempercantik diri secara luar, tapi juga inner beauty kita biar mudah ditemukan pasangan yang sekufu,hehe. Eh, perumpamaannya nyambung enggak ya?hehe

Kunci Menata Template Blog

Kunci Menata Template Blog

Oya, pesen coach Marita, saat akan mengotak-atik blog, ada 3 kunci utama yang harus kita miliki, yaitu :
  • Berani. Harus memberanikan diri mencoba, jangan takut salah. Seringkali kita belajar banyak hal dari kesalahan.
  • Fokus. Karena akan bertemu dengan kode-kode harus fokus tidak boleh disambi dengan yang lain. Makanya, jam Cinderella adalah waktu yang tepat buat saya untuk ngulik template.
  • Sabar. Setiap berproses kan perlu kesabaran yak an? Berproses untuk mempercantik blog pun begitu. Alhamdulillah saat otak-atik, Aku didampingi coach keren yang responsive dan telaten.
Setelah mempunyai 3 hal kunci tersebut, Yuk, lanjut apa saja yang perlu diperhatikan dalam menata template?

Pahami Kaidah Dasar Blog Desain

Kaidah Desain Blog SEO friendly
  1. Background tulisan harus putih. Kenapa? ini supaya ramah di mata, membuat pembaca nyaman. Selain itu juga ringan loadingnya.
  2. Layout : Pilih yang konten di kiri dan sidebar di kanan. Ini layout ideal karena saat membuka blog, mata pembaca biasanya akan lebih fokus ke sebelah kiri.
  3. Header tidak lebih dari setengah layar saat dibuka. Ya kan yang mau dilihat pembaca isi konten kita bukan header,hehe
  4. Menggunakan hanya dua atau tiga warna kombinasi. Ini supaya tidak terlalu ramai dan mengganggu fokus pembaca.
  5. Hanya gunakan font serif/sans serif pada tulisan paragraf. Intinya font yang ramah di mata pembaca. Untuk judul boleh pakai yang handwriting atau font yang berseni tidak masalah.
Menata template blog sederhana ini ada dua, yaitu menata template blog bawaan blogspot dan template pihak ketiga.

Menata Template Bawaan Blogspot

Blogspot mempunyai banyak template menarik yang bisa kita pilih. Caranya masuk ke dashboard blogger >themes/tema. Template bawaan blogspot ini mempunyai beberapa keunggulan, seperti ringan, load speednya cepat, da nada beberapa tema yang sudah mempunyai desain responsive, seperti soho, emporio dan contempo. Namun, kelemahannya adalah belum SEO friendly.

Saran dari coach kalau memilih template bawaan blogspot itu yang simple/sederhana saja, karena kita masih bebas mengotak-atiknya.

Oya catatan penting sebelum kita mengganti template, sebaiknya kita sudah mem-back up template yang sedang dipakai. Seumpama kurang sreg dengan template baru, bisa di restore lagi. Caranya klik tanda segitiga di samping theme lalu klik back up, jangan lupa direname ya.

Menata template blogspot
Untuk merubah template, klik customize/sesuaikan. Nah sidebar disamping kiri itu beberapa hal yang bisa dikustomisasi. Menu di sidebar tsb bisa berbeda tergantung dengan template.Tampilan di sebelah kanan adalah previewnya. Pastikan setiap selesai mengganti sesuatu langsung di save dulu ya. Save nya ada di ujung kanan bawah. Beberapa kali pas otak- atik saya lupa save, jadi ulang-ulang lagi..hehe. Di menu advanced kita bisa eksplor banyak hal. Nah lanjut ke menata template pihak ketiga ya kawans.

Menata Template pihak ketiga

Kenapa mesti pakai template pihak ketiga? Template pihak ketiga lebih banyak pilihan dan kita bisa memilih yang SEO friendly. Nah, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan ketika memilih template pihak ketiga seuai tips dari coach Marita  :
  1. Tampilannya nyaman di berbagai mode (responsive), diakses di desktop maupun mobile sama-sama enaknya.
  2. Loadingnya cepat
  3. Sudah SEO friendly
  4. Mudah penyettingannya, yang bisa di setting hanya melalui lay out dan thema. Tidak perlu banyak mengotak-atik CSS dan html.
Nah, setelah menemukan template idaman, kita perlu cek dulu demonya dengan beberapa tools di bawah ini :
  1.  Cek pakai meta SEO inspector, apakah struktur blognya sudah baik belum. Ini link meta SEO inspector https://chrome.google.com/webstore/detail/meta-seo-inspector/ibkclpciafdglkjkcibmohobjkcfkaef  , silahkan bisa dipasang di chrome ya kawans.
  2. Cek pakai seooptimer.com. Masukkan alamat website blog di kolom audit, lalu klik audit. Nanti akan keluar skor-skor, lalu lanjut scroll ke bawah nanti akan keluar informasi apa saja yang bisa diperbaiki
  3. Cek kecepatan dengan https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ . Setelah di analyze, nanti ada dua kecepatan yang akan di tes, yaitu kecepatan di mobile dan desktop.
Setelah tiga tahap tsb selesai, saatnya mengunduh template. Dimana bisa mengunduhnya? Beberapa website rekomendasi coach: igniel, dunia blanter dan sugeng.id. File unduhan biasanya berbentuk zip, jadi perlu di extract terlebih dahulu.

Untuk mempermudah saat setting template sebaiknya sudah disipakan gambar untuk header, logo, foto profile dan kode-kode warna yang ingin digunakan. Makanya materi untuk menyiapkan header dan logo sudah terlebih dulu diberikan. Tapi lihat punya teman-teman yang lucu dan bagus, jadi ingin otak-atik lagi,hehe

Yeay,,saatnya memasang template baru,,Ingat ya untuk back up template lama terlebih dahulu. Lalu masuk ke file extract yang ektensionnya .xml. Lalu klik open with>notepad. Copy semua text, mudahnya dengan cara ctrl A > ctrl C, agar semua tercopy.

Lalu masuk di dashboard blog, theme > edit HTML. Hapus semua kode disana dan diganti dengan kode template dari notepad tadi. Mudahnya Ctrl A > Ctrl V. Lanjut klik save ya, selesai deh.

Kalau masih belum oke, rapikan dulu. Cek pakai meta SEO inspector apa saja yang harus diperbaiki. Kalau pakai fiksioner bisa cek di sini apa saja yang harus diubah.

Nah kalau sudah oke semua, saatnya setting menu di layout dan theme. Pastikan semua gambar sudah diupload di draft post ya. Saat insert image, pilih ukurannya yang original. Ini kemarin membuat saya bingung saat mengubah header kok gambarnya kecil. Ternyata belum size original saat saya insert ke draft post, sebelum copy addres. 

Aku mau cerita keseruan menata template baru. Setelah melakukan semua step yang dikasih oleh coach Marita. Sungguh stepnya sangat mudah diterapkan. Tapi, Aku mulai bingung saat edit kode-kode. Ini perlu ketelitian dan kejelian,hehe. Bolak-balik tanya di grup, tapi itu semua terbayar sudah dengan tampilan blog baru yang cantik dan semoga SEO friendly. 

Menata template blog SEO friendly

Kelihatan perbedaannya kan kawans? Before sidebarnya belum tertata rapi. Alhamdulillah afternya sudah rapi. Masih ada keinginan untuk otak-atik lagi. Ingin mempraktekkan apa yang coach ajarkan. Tapi saat ini, Aku sudah cukup puas dengan desain yang sekarang.

Alhamdulillah, asyiknya menata template blog sendiri. Dari proses otak-atik ini jadi belajar banyak hal. Terima kasih coach Marita.





Related Posts

21 komentar

  1. Alhamdulillah, kita sudah sampai pada waktunya ya mb. Blog kita sudah cantik hehe

    Tampilan barunya lebih fresh mb, sukaaaaak! Semoga kita makin semangat blogging ya, mb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Alhamdulillah banget...
      Aamiin...
      Semoga semakin semangaat blogging...Bismillah

      Hapus
  2. Akhirnya materi yg ditunggu2 ya mbak. Ndekor rumah kedua alias template blog hehe. Semoga makin semangat menebar kebaikan lewat tulisan ;)

    BalasHapus
  3. Yeaay... semoga makin semangat ngeblognya ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...Makasih banyak ya mbak...coach tersabar dan telaten..plus responsive banget...
      Bismillah semoga istiqomah ngeblognya...

      Hapus
  4. barakallah udah jadi cantiiiik...doakan aku yaa.wkwkwk. semakin semangat kita ngeblognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbaak...
      Semangaat mb Mya...
      Insya Allah kita bisa...hehe
      Iya semangat ngeblog kita...

      Hapus
  5. Alhadulillah ya.. Dari kita yang anak cupu ngeblog, berkat blogspedia jadi cantik blog kita.. Ahh jadi makin semangat nulisnya kan mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak..iya semoga bisa seproduktif mb Yuni ngeblognyaaa...
      Makasih mb..

      Hapus
  6. Makin cantik nih mba blog nya.. Makin semangat nulisnya nih sekarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak..
      Bismillah.. Insya Allah mba...
      Istiqomah nulis...hehe

      Hapus
  7. Aku suka logonya mba; ada pena kesukaan ku (penampilan bulu wkwk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak...desain ala ala ini mbak..maklum nilai seninya rendah..hehe

      Hapus
  8. Dan akhirnya waktu itu tiba, hingga blog ini indah jadinya

    BalasHapus
  9. Semua blog akan cantik ketika ikut kelas blogspedia ya Mba, heheheh
    Smoga lulus bersama utk kita smua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya mbaak..
      Aamiin semoga lulus..
      Konsisten kayak mb Iva..
      Aku selalu suka tulisan mb iva..

      Hapus
    2. aamiin ya robbal alamin

      Hapus
  10. Tampilan blog baru lebih "hidup" ... asyikkk....

    BalasHapus
  11. eh btw kalondiamati nih punya kita jadi kayak sragaman ya leytaknya hahahhaa....efek pakai kode yg sama. kita jadi kompakan. tapi masih kliatan khasnya ini milik siapa hahaham.


    bersyukur ya mbak kita bisa bertahan sejauh ini. masya allah..

    BalasHapus

Posting Komentar