header www.zulmiati.com

Maftuha, Blogger Muda

13 komentar

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم


 

Maftuha, blogger muda

“Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” Bung Karno.

Saya sangat kagum dengan pemuda - pemudi yang mengisi masa mudanya untuk aktif dalam kegiatan positif. Seperti yang akan saya tulis biografinya ini, Maftuha. Maftuha adalah sosok perempuan yang aktif sejak remaja hingga sekarang menjadi seorang istri. Di sela aktivitasnya yang banyak, masih aktif menjadi penulis. Yuk kenal lebih dekat dengan sosoknya.

Profil Maftuha

 Nama dan Kelahiran

Nama lengkapnya Maftuha, tapi di akta kelahiran tertulis Maftukha. Perbedaan penulisan satu huruf saja ternyata merubah makna. Namun, kerepotan pengubahan nama di administratif pemerintahan membuatnya menerima kesalahan penulisan di akta. Maftuha yang berarti dibukakan, nama yang tepat dan dia pakai untuk memperkenalkan diri.

Seorang perempuan yang biasa dipanggil “nok, uha, maf” ini dilahirkan pada tanggal 15 Agustus 1993 di Kota Cirebon. Keluarganya merupakan keluarga besar. Mba Uha merupakan anak ke 7 dari 8 bersaudara. Kebayang keceriaan di keluarganya dengan 4 kakak perempuan, 2 kakak laki-laki dan 1 adik perempuan.

Status dan Domisili

Statusnya tergolong pengantin baru, hampir setahun menikah dengan seorang lelaki bernama Muhidin Sidiq. Semoga sakinah mawadah warahmah ya mbak, Bahagia dunia akhirat bersama suami. Sekarang tinggal di Kota Kembang bersama suaminya.

Wah jadi ingat Kota Bandung ini salah satu wish list tempat wisata yang ingin kami kunjungi bersama anak-anak. Semoga pandemi segera usai, dan bisa kesana. Semoga rejeki juga bisa kopdaran dengan mba Uha.

Riwayat Pendidikan

Sejak SD sampai SMA menempuh pendidikan di tanah kelahirannya, Cirebon. Mba Uha menempuh pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar (SD) impress, yang sekarang bernama SDN 1 Kaliwadas. Setelah lulus dari SD, mba Uha melanjutkan menempuh pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Kenanga di daerah Plumbon. 
Belum sampai 1 tahun belajar di MTS Kenanga, mba Uha memutuskan pindah sekolah. Mba Uha memutuskan kembali bersekolah di daerah Kaliwadas di MTs As-Shalah hingga lulus. Jenjang Menengah atas, ditempuh di Madrasah Aliyah Negri (MAN) 1 Cirebon di Plered.

Sejak SD hingga MTs terbiasa menempuh perjalanan menuntut ilmu dengan berjalan kaki. Saat MAN, mba Uha harus menempuh perjalanan menggunakan angkutan umum. Sekitar 15 menit perjalanan yang harus mba Uha tempuh dari rumah sampai MAN.

Jenjang perkuliahan, mba Uha hijrah ke Kota Bandung. Melanjutkan pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung. Mba Uha mengambil jurusan pendidikan teknik sipil program studi pendidikan teknik bangunan.

Visi dan Misi Hidup

Visi dan Misi dalam hidupnya adalah menjadi sebaik-baiknya manusia dengan menebarkan manfaat bagi sesama. Masya Allah, jadi ingat salah satu hadist dari Rasulullah SAW :

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”. 
(Hadist Riwayat Ahmad,ath-Thabrani).

 

Aktivitas dulu dan sekarang

Sejak remaja sosok Maftuha tidak bisa diam, selalu aktif dalam beragam kegiatan. Tingkat Mts mb Uha mengikuti ekstrakurikuler pramuka dan menjabat sebagai sekertaris mading. Tingkat MAN mengikuti ekstrakurikuler PMR, KIR IPA, dan keagamaan.

Saat menjadi mahasiswi kegiatannya bukan hanya kuliah, namun aktif di kegiatan kemahasiswaan. Berikut beberapa aktivitasnya saat kuliah : Ikatan Muslim Teknologi Kejuruan (IMTEK) FPTK UPI menjabat sebagai seksi kewirausahaan. Bina kader (BINDER) angkatan 15, organisasi luar kampus ProIT, Graha (gerakan remaha anti HIV dan Aids), kakak PAS (Pembinaan Anak Salman) ITB-Bandung.

Selepas sarjana mba Uha pernah mencoba beberapa profesi di dunia kerja. Mba Uha pernah menjadi karyawan swasta dibagian administrasi, karyawan bank BTPN, guru pendamping anak berkebutuhan khusus, guru TK, karyawan konsultan sipil, menjadi TU juga guru MA dan guru madrasah (DTA).

Masya Allah pengalaman kerjanya sangat beragam dan banyak. Sekarang mb Uha mendedikasikan diri untuk menjadi pendamping suami tercinta di rumah. Seorang Ibu Rumah Tangga yang mengaku sanguinis tetapi ternyata melankolis ini menyukai psikologi, motivasi dan pengembangan diri juga quotes.

Karya dalam dunia penulisan

Lulusan teknik yang kini sedang asyik dengan dunia tulis menulis ini telah menelurkan beberapa karya dalam penulisan, yaitu :

1. Sebuah buku berjudul “Dia yang Pergi” terbit di Guepedia.com

2. Sebuah buku berjudul “This is My Way” terbit di Sanggarcaraka

3. 16 buku antologi dalam beberapa event kepenulisan

4. Puisi yang dimuat di ngodop.com

Masya Allah, semoga terus menebar karya bermanfaat melalui tulisan ya mba.


Why Bloging?


Blog menjadi salah satu media curahan hati mb Uha yang tidak bisa diutarakan dengan ucapan. Dulu mb Uha menyangka kalau blog intu seperti buku diary yang bisa dijadikan tempat yang aman untuk mengutarakan dan menyembunyikan segala keluh kesah. Setelah mengetahui bahwa blog bisa diakses orang lain melalu link,mb Uha menghapus postingan curhatnya. Dan sekarang mba Uha memeperbaharui blognya sebagai media membagikan tulisan yang bermanfaat.

Apa ya alasan mba Uha ngeblog? ternyata jawabannya karena mudah. Menurutnya blog itu mudah membuatnya, mudah menyimpannya dan juga mudah untuk membagikannya. Ini juga menjadi salah satu alasan ngeblog – ku.


Kesamaan antar Aku dan mba Uha


Setelah menuliskan profil mb Uha, aku menyadari ternyata kita mempunyai beberapa persamaan :

1. Nama kami hanya 1 kata.

2. Bulan lahir kami sama, bulan Agustus.

3. Kami dilahirkan dari keluarga besar dengan 8 bersaudara.

4. Sama-sama sedang belajar di Blogspedia coaching bacth2.

5. Sama – sama menjadi Ibu rumah tangga.


Masya Allah banyak hal positif yang bisa saya petik dari mengenal sosok Maftuha. Mba Uha bisa dikunjungi di blognya This is My Way, email di fiiee07@gmail.com atau intagram maftuha_07.

Related Posts

13 komentar

  1. Mbak Zulmi.. sini peluk dulu. Sehat sehat ya!.


    Wah ulasannya detail banget. Hahah urusan nama emang kalau salah huruf ngucapinnya pun jadi tak tepat apalgi maknanya ya mbakm
    Wah aku juga suka salut sama anak muda yang aktif dan produkit.

    Keren ya kak uha nih. Kaya pengalaman.

    Bakal banyak tulisan inspiratif di blognya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah makasih mbaa,,pelukannya menghangatkan saat banyak emosi yg hadir...

      Hapus
  2. Wah sini mbak main main... maasya Allah lengkap sekali ini ulasannya. Makasih mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama - sama mbak, maaf ya belum bisa jadi partner yang baik

      Hapus
  3. Blog itu mudah membuatnya...
    Mantap mbak...

    Yang susah belajar membuatnya 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya bund,,makasih tips nya ya bun

      Hapus
  4. Sosok yang aktif bgt ikut organisasi ya kak :') semangat terus. Semoga blognya bisa konsisten dan menginspirasi selalu...

    BalasHapus
  5. Keren pengalaman berkerjanya, bisa dituangkan dalam tulisan dijadikan buku solo bagus mbak

    BalasHapus
  6. Wah bisa jadi sohib nih Mbak Zulmi dan Mbak Uha. Banyak kesamaan :D

    Semakin banyak blogwalking jadi makin sadar, di blogspedia coaching isinya orang-orang hebat dengan banyak pengalaman. Ngga aneh kalau isi blognya keren-keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, masya Allah, alhamdulillah, merasa beruntung banget di pertemukan dengan orang-orang hebat,,,termasuk mbak..

      Hapus
  7. Wah sepertinya mbak maftuha sama seperti aku sekarang yang banyak ikut aktivitas hehe.. btw buat mbak maftuha kita satu nasib namanya sering typo dan berakhir artinya jadi beda wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. masya Allah,,kalian keren mengisi masa mudanya...

      Hapus

Posting Komentar