header www.zulmiati.com

Liburan Bermakna

Posting Komentar
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Entah sejak kapan ya, liburan bergeser maknanya jadi ajang pamer foto bepergian/pikinik di medsos,hehe. Bergeser pemaknaan bahwa liburan sekolah adalah pergi ke luar kota/negeri. Banyak orang yang mengklaim stress karena kurang piknik. Apa ga tambah stress kalo memaksakan piknik/liburan padahal masih ada prioritas lain. Mungkin yang lebih tepat adalah butuh refreshing dari kegiatan rutin ya.. Dan ga harus bepergian jauh.

Menurut saya standar bahagia setiap keluarga bahkan setiap individu itu berbeda. Jadi ga harus sama dengan yang lain. Kebahagiaan itu kita sendiri yang membuat dan merasakan, kuncinya adalah syukur pada Allah SWT. Bukan bahagia yang membuat kita bersyukur, tapi dengan bersyukur membuat kita bahagia.

Seingat saya, waktu kecil kalo liburan sekolah sudah bahagia mengisi liburan itu dengan bebas bermain,hehe
Saya suka liat ig @ummubalqis yang me-arrange liburan anak-anaknya selain fun juga pasti menambah ilmu dunia dan akhirat.

Nah, ketika uti atung mendadak harus ke Jakarta. Maka saya mendadak cuti juga untuk mendampingi anak-anak di rumah. Terus harus me-arrange mengisi liburan di rumah dengan anak-anak.hehehe
Alhamdulillah Allah beri petunjuk, malam hari kita ngobrol agenda besok pagi mau kemana dan ngapain aja. Dan akhirnya kita buat jadwal :
  1. Jalan pagi
  2. Perpus
  3. Bank
  4. Purimas (toko roti)
  5. Panti asuhan
Alhamdulillah anak2 semangat bangun pagi dan menyelesaikan standar pagi, lalu kita jalan pagi sekalian beli jajan.
Jam 9nan kita ke perpus. Alhamdulillah perpusda nya deket dari rumah kita, sekitar 5 menit dari rumah. Di Perpus kakak langsung baca buku dan milih buku yang mau dipinjem dibawa pulang. Mas dan adek asyik bermain di kids corner perpus.
Pas kesana pas sepi, kita pengunjung pertama..hehe Jadi beras punya perpus dan playground pribadi..
Selang 1 jam kita melanjutkan perjalanan ke Bank. Jadi anak2 punya uang dari lebaran dan tabungan dari uang saku. Setelah diskusi dan ngobrol kita putuskan untuk ditabung aja uangnya di Bank. Di rumah uangnya bolak balik di hitung, terutama si kakak..🤣
Sekalian lanjut melejitkan kecerdasan finansial anak2. Untuk mengenal bank, belajar sabar antri dan menunggu proses administrasi pembuatan tabungan.
Dan rona bahagia terpancar setelah tabungan dan ATM nya jadi. Alhamdulillah.
Lanjut perjalanan kita ke toko roti purimas, boleh beli jajan sesuai kesepakatan. Selesai dari toko roti, saya memutuskan untuk pulang ke rumah karena adek udah ngantuk. Ke Panti asuhannya kita pending akhirnya.
Alhamdulillah agenda liburannya bisa berjalan dengan lancar dan banyak hikmah serta ilmu yang didapat.

Alhamdulillah bisa bikin liburan bermakana, mengisi liburan ga harus ke tempat wisata nan jauh yang hits.hehe


#hari3
#gamelevel9
#tantangan10hari
#thinkcreative
#kuliahbunsayiip

Related Posts

Posting Komentar