header www.zulmiati.com

Pengalaman Staycation Seru di Glamping La Ranch Pekalongan

24 komentar
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Apa kabar kawans? Aku mau cerita tentang Pengalaman seru staycation di Glampling La Ranch nih... Siapa tahu bisa jadi salah satu referensi liburan kawans..
  
Glamping La Ranch Pekalongan

Setahun lebih sejak Pandemi kami di rumah saja. Kangen liburan, atau sekedar staycation. Sama ga kawans? Penuh pertimbangan untuk memutuskan liburan kali ini. Dulu sebelum mempunyai anak, pertimbangan piknik hanya terkait pasangan. Sekarang, setelah mempunyai anak, kami libatkan mereka berdiskusi menentukan destinasi piknik. 

Liburan bukan hanya bersenang-senang menghabiskan uang. Kami ingin liburan bermakna yang menambah dekat dengan Sang Pencipta. Ditambah kondisi pandemi yang belum usai menjadi poin penting penentuan destinasi, agar tetap bisa mematuhi prokes. Akhirnya pilihan kami tertuju ke Glamping La Ranch.

Alasan Memilih Glamping La Ranch?

Eh sudah pada tahu kan apa kepanjangan Glamping kawans? Iya benar, Glamping adalah singkatan dari Glamour Camping. Sebenarnya kami ingin berkemah beneran gitu kawans, tapi aku khawatir karena belum pernah mengajak anak-anak tidur di alam terbuka. Maka, glamping ini menjadi pilhan kami. Konsepnya tidur di tenda tapi fasilitas mirip hotel,hehe. Nah, ada beberapa alasan kami kenapa memilih Glamping di La Ranch :

Glamping La Ranch

1. Lokasinya terjangkau. 

Glamping La Ranch lokasinya terjangkau dari rumah kami, hanya butuh sekitar 30-45 menit untuk sampai kesana. Glamping La Ranch ini terletak di Desa Limbangan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Jarak tempuh yang dekat, sehingga tidak memerlukan tes PCR atau antigen,wkwk. Alasan terkuat emaknya ini, ga mau hidungnya di sogok-sogok. 

2. Konsep Alam Terbuka.

Dari awal kami memang mencari destinasi di alam terbuka. Selain untuk mencari udara segar juga meminimalisasi kontak dengan orang lain. 

Alam merupakan tempat terbaik untuk mengenalkan keAgungan Sang Pencipta.

 Yes, liburan plus belajar bersama alam, menafakuri keindahan ciptaan Allah SWT. 

3. Fasilitasnya Lengkap.

Fasilitas pasti menjadi poin penting dalam pemilihan destinasi wisata kan ya kawans. Nah, begitu juga kami, sebelum menentukan Glamping, kami survey dulu ke lokasi,wkwk. Sebenarnya kami sudah beberapa kali berkunjung ke La Ranch. Tapi hanya di wisata bermain bersama hewan dan restonya saja.

Saat survey ke area glamping kami diantar melihat tenda beserta fasilitasnya dan dijelaskan fasilitas lainnya. Nah, apa saja fasilitasnya?

a. Tenda

Kamar berbentuk tenda kemah dengan fasilitas hotel,wkwk. Fasilitas di kamar, ada AC, bed besar dengan 2 bantal, meja, 2 botol air mineral, tempat sampah kecil, 2 handuk, serta pernak-pernik tambahan yang menawan. Kamarnya cukup luas, cukup untuk 3-5 orang. Kemarin kami menyewa 1 kamar, Alhamdulillah cukup untuk kami berlima.

Di depan kamar ada tempat duduk serta ayunan yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati keindahan alam. 

b. Api Unggun dan live music

Berkemah kurang lengkap tanpa api unggun. Nah, di La Ranch ada api unggunnya kawans. Malam hari sekitar pukul 19.00an dinyalakan api unggun di tengah perkamahan. Menikmati kehangatan api unggun ditemani dengan live music. Bisa sambil main ayunan atau barbeque.

c. Paket Barbeque.

Yups, asyiknya kemah itu ada bakar-bakarannya kan ya kawans. Di La Ranch disediakan paket barbeque lengkap dengan arang yang sudah menyala. Kita tinggal kipas-kipas bakar sendiri kawans. Sepaket barbeque berisi 2 tusuk bakso, 1 jagung, 2 sosis dan 1 ayam plus saos sambalnya. Emm,,lezat ya kawans.. Satu paket Barbeque harganya cukup terjangkau kawans, hanya Rp 50.000,-

d. Resto

Wisata La Ranch terdapat resto dalam 1 kompleksnya. Jadi tidak usah khawatir kelaparan di tengah hutan,wkwk. Tapi restonya buka hanya sampai pukul 20.00 wib kawans. Masakan restonya enak, anak - anak juga cocok dengan menu yang disediakan. 

e. Mushola

Salah satu pertimbangan kami memilih destinasi adalah tersedianya tempat ibadah. Di La Ranch terdapat mushola. Namun, jarak dengan perkemahan lumayan jauh. Qadarullah pas kami kesana sedang musim hujan, jadi banyak binatang - binatang kecil di mushola. Kemarin sudah langsung aku sampaikan pada penjaganya, semoga next kebersihan musholanya lebih baik.

f. Toilet

Kondisi toilet bagus, namun kemarin banyak hewan kecil seperti di mushola. Serta air mengalirnya kecil. Kata Mas penjaganya karena tandonnya masih mengisi. Mungkin next semoga bisa ada perbaikan ya kawans, karena air merupaka kebutuhan vital menurutku,hehe.

g. Play ground

Di playground ada ayunan, jungkat-jungkit, pasir, mainan, dan lain sebagainya.

h. Air Mancur

Air mancur ini ada di tengah tenda kemah, yang kalau malam dipakai untuk live music. Anak-anak sudah ngincer ini sejak kita survey,wkwk.

i. Aula Terbuka

Di Area kemah juga terdapat aula terbuka. Fasilitas ini bisa dipakai kumpul bareng jika staycationnya berombongan.
Aula Glamping La Ranch

4. Harga Terjangkau

Menurut kami harganya terjangkau, karena lokasi yang dekat kan jadi biaya transportasinya lebih murah juga,hehe. Paket satu malam dengan fasilitas lengkap dibandrol seharga Rp 395.000,-. Harga tsb sudah termasuk sarapan untuk dua orang.

Pengalaman Staycation Seru di Glamping La Ranch

Setelah reschedule dua kali karena kondisi hujan, alhamdulillah terbayar dengan pengalaman seru staycation di Glamping La Ranch. Iya, reschedule pertama karena cuaca di tempat kami hujan, jadi kami minta reschedule hari. Saat reschedule hari kedua, giliran kondisi di La Ranch yang hujan dan mati lampu, jadi kami disarankan untuk reschedule lagi. Adminnya sangat ramah dan responsif. 
Alhamdulillah kemarin kami mendapat bonus extra bed,hehe. Anak-anak sangat excited saat akhirnya kami jadi glamping. Banyak keseruan yang kami lakukan saat di glamping La Ranch kawans,,

1. Pengalaman Menginap di tenda kemah

Ini merupakan pengalaman pertama anak-anak kami bermalam di tenda kemah. Pertama masuk kamar mereka sudah senang banget. Kamar yang luas membuat mereka nyaman. Next, semoga kami berani kemah di alam terbuka beneran,wkwk

2. Barbeque

Setelah shalat maghrib di mushola, kami barbeque-an sambil menunggu api unggun. Menikmati keindahan suasana malam di depan teras kamar sambil bakar-bakaran, masya Allah. 
 
Barbeque

3. Menikmati Api Unggun dan Live Music

Setelah selesai barbeque dan shalat isya, kami main di sekitar api unggun sambil mendengarkan live music. Melihat api yang sangat besar, kakak sempat sedikit takut. Lalu kami berefleksi tentang kisah Nabi Ibrahim saat di bakar. Anak-anak jadi lebih bisa membayangkan kondisi Nabi Ibrahim dan betapa besar karunia Allah SWT.
 

4. Tafakur Alam

Pagi hari, setelah shalat subuh, kakak dan mas excited menjelajah area glamping. Jalan-jalan berkeliling area glamping, main ayunan,dsb. Menikmati udara pagi disana sangat menyegarkan. Kami juga jalan-jalan ke pemukiman depan tempat wisata La Ranch,hehe

5. Bermain Bersama Hewan

Setelah puas berkeliling kami memasuki arena bermain bersama hewan. Tapi karena masih pagi, jadi hewannya masih di kandangnya. Tetep saja mereka senang melihat hewan-hewan, masya Allah. Setelah cukup puas, akhirnya kami kembali ke area kemah karena anak-anak sudah ga sabar mau main air mancur.

6. Bermain Air Mancur

Air, hampir semua anak suka main air,hehe. Sejak awal datang mereka sudah bertanya, kapan air mancurnya dinyalakan? Karena sampai disana kami sudah sore, area air mancur sedang dipersiapkan untuk live music. Jadi dijanjiin pagi hari. Dan benar saja, pagi hari mereka sudah nagih ke penjaganya untuk menyalakan air mancur. Mereka mau mandi air mancur. 
Main air mancur glamping la ranch
Alhamdulillah sederhana tapi membuat mereka sangat senang. Sambil menemani mereka main air mancur, aku dan suami main ayunan,wkwk. 

j. Bermain Panahan dengan Kostum ala Cowboy Indian

Di La Ranch juga tersedia area panahan. Kami bermain panahan dengan memakai topi ala cowboy indian. Salah satu wish list kami, anak-anak bisa memanah, karena salah satu sunah olahraga. Setidaknya dengan bermain panahan ini mereka mempunyai sedikit gambaran tentang memanah.
Panahan La Ranch Pekalongan

h. Bermain di Playground

Bermain, hal yang tidak akan pernah ditolak anak-anak. Area playground ini menjadi tempat favorit anak-anak sejak datang. Si Adek betah banget main pasir dan mobil-mobilan. Tapi perlu pengawasan orang tua saat anak bermain disini, karena ada beberapa fasilitas yang sudah perlu perbaikan. 
Playground La Ranch

i. Spot Indah untuk Foto

Bagi yang suka berfoto, area glamping La Ranch ini banyak banget spot indah untuk mengabadikan momen. 

Nah, itulah sedikit cerita keseruan staycation kami di glamping La Ranch. Stay safe and healthy ya kawans,, Semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi kawans semua, terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Related Posts

24 komentar

  1. wah, seru bangeeeeet mb! jadi pengeeeen, tapi jauh dari rumahku hehehe
    btw aku baru tahu kalo glamping itu singkatan dari glamour camping. kalo aku sih mau yg glamour atau engga, semuanya belum pernah aku cobain sensasinya. karena aku belum pernah camping. huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk camping mbaak...
      Ini pun pertama kali anak2 berkemah mbak..
      Pingin yg kemah di hutan beneran..hehe

      Hapus
  2. kalau ini tadabbur alam tapi sekelas hotel ya mbak, wah kalau begini bikin nagih nih. didukung view yang bagus pulak, disini belum menemukan staycation kayak glamping

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mbak..
      Alhamdulillah anak2 seneng dan bisa refresh..

      Hapus
  3. fiks deh ini aku jadi ingin camping juga..wkwkk,,
    Sayang banget disini udah musim hujan :( kalau musim hujan udah lewat pingin kemah juga banreng keluarga gini deh.. Semoga terealisasi yaa.. Aamiin :D

    BalasHapus
  4. Seru banget ya liatnya. Paling seneng deh liburan di alam terbuka. Selain rekreatif juga belajar dari alam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..bener Dok...
      Main di alam itu menyenangkan.

      Hapus
  5. duh, duh, duh, jadi pengen main2 ke pekalongan deh ada glamping sekeren ini..
    mana ratenya terjangkau bgt lagi, beda bgt ma di kota2 besar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak..kalo mudik ke Semarang mampir ke Pekalongan...hehe

      Hapus
  6. Masya Allah, seru pisan mom :D aku jadi pengen ke sana, mana harganya terjangkau pula yak :D savety juga, wow :D kids friendly banget :D kayak sekalian main sekalian memperkenalkan banyak hal ke anak ya mom, cara cerdas ngilangin suntuk mommy dan anak-anak, hihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mbak..yuk mbak main ke Pekalongan..

      Hapus
  7. Masya Allah ini staycation paling menyenangkan pastinya. Di alam bebas, bersama keluarga, menikmati indahnya ciptaanNya.

    BalasHapus
  8. Aku mauu jugaaa kalau glamping begini mbak. Sayangnya belum ada nie di Batam. Huuu pengen banget model begini harganya teejangkau banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mbaak..ga khawatir bawa krucil...
      Yuk mbak sini main ke Pekalongan..
      Tapi mahal transportnya ya mba..

      Hapus
  9. wah aku mupengggggg..... btw quotenya setuju deh. tadabur alam adalah media mnenalkn kbesaran sang pencipta.

    terjngkau dg fasilitas wow. ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu main ke Pekalongan mbaak Hamim...

      Hapus
  10. keren banget campnya mba, piiingiiiiinnn
    duh sungguh kepengen banget camp bareng suami dan anak-anak cita-cita yang belum kesampean karena mikirinya mesti repot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera kesampain ya mbaak...
      Hu uh seru mbak..alhamdulillah

      Hapus
  11. Mbak you make me soooo envy :'( doakan segera staycation ke alam biar syeger nih. Apalagi ada activitynya juga. Tmpt nginepnya juga unik bgt. Fix lah aku iri. Aku iri dengki pingin ke pekalongan hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibuuk dibalik gawaai..yuk ah cuss ke Pekalongan
      Sebelum PPKM level 3..hehe

      Hapus
  12. Activity di Glampingnya seru banget sih mbak, impian aku nih nginep di glamping tapi belum kesampaian. hihi. semoga tahun depan dikasih kesempatan nginep di sini.

    BalasHapus
  13. ternyata di Pekalongan ada tempat glamping secakep ini
    catett
    siapa tahu nanti berkesempatan ke Pekalongan

    BalasHapus

Posting Komentar