header www.zulmiati.com

Belajar Bersama Alam di Batang Dolphins Center

Posting Komentar

Batang Dolphins Center

 

“Salah satu cara mengenal Pencipta adalah dengan mengenal CiptaanNya”

Bagaimana mengenalkan Allah pada anak-anak? Ehmm..ada yang sama bingungnya dengan saya?hehe. Setelah belajar dari sana sini, ternyata salah satu cara mengenalkan Allah pada anak adalah dengan mengenalkan ciptaanNya. Menumbuhkan fitrah keimanan dengan meng-Agungkan Allah atas ciptaanNya. Belajar bersama alam salah satu sarana mengenal ciptaan-Nya.

Nah, salah satu tempat belajar bersama alam favorit keluarga kami adalah di Batang Dolphins Center.  Destinasi wisata yang mengusung konsep belajar sambil bermain. Cocok banget kan dengan konsep belajar bersama alam? hehe.. Sejak anak pertama hingga sekarang mungkin sudah lebih dari 10 kali keluarga kami berkunjung kesana.

Lokasi Batang Dolphin Center (BDC)

Batang Dolphins Center merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia. Namun, berbeda dengan 3 Taman Safari lainnya, Batang Dolphins center merupakan mini Taman Safari. Lokasinya tidak seluas taman safari lainnya.

Batang Dolphins Center terletak di Desa Sidomulyo Kelurahan Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Kabupaten Batang ini tempat kelahiran saya lho.. Saya lahir dan besar di Batang hingga setelah lulus SMA, lalu melanjutkan kuliah di Semarang, dan sekarang tinggal di Pekalongan. Biasanya kami berkunjung ke Batang Dolphins center sekalian mampir ke mengunjungi Bapak-Ibu saya. Sekali dayung 2 3 pulau terlampaui,hehe.

Lokasi Batang Dolphins Center ini berada satu kompleks dengan taman wisata Pantai Sigandu Batang. Jadi saat akan masuk ke Batang Dolphis center kita harus melewati gerbang masuk taman wisata Pantai Sigandu.

HTM, Fasilitas, dan Jam Operasional.

Selama Pandemi, Dinas Pariwisata Kabupaten Batang menerapkan Protokol Kesehatan di tempat wisata. Saat akan memasuki gerbang masuk Pantai Sigandu akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas terkait kelengkapan pemakain masker. Jika tidak memakai masker, akan diminta membeli masker yang sudah disediakan.

HTM Gerbang masuk Pantai Sigandu sebesar Rp 5.000,00 per orang. Sedangkan HTM masuk ke Batang Dolphins Center sebesar Rp 40.000, 00 per orang.  Saya lupa anak-anak yang tidak dikenakan tiket usia berapa,hehe. Tahun lalu saat kami berkunjung kesana, anak ketiga saya (usia 3 tahun) tidak dikenakan biaya tiket.

Selain biaya tiket masuk juga dikenakan biaya parkir. Biaya tiket parkir per unit mobil Rp 5.000,00 dan untuk sepeda motor Rp 3.000,00. Area parkirnya cukup luas bisa menampung mobil, motor, bahkan bus pariwisata. Tersedia mushola, toilet yang bersih, gazebo dekat dengan pantai, Pujasera, Wahana Permainan anak, dan toko souvenir.

Dengan kenyamanan dan fasilitasnya, menurut saya harga tiket masuk di Batang Dolphins center ini tergolong murah. Biaya tiket ini sudah termasuk biaya menonton animals show. Selama Pandemi, Batang Dolphins Center beroperasional dari jam 08.30 – 17.00 WIB.

Daya Tarik Batang Dolphins Center

Batang Dolphins Center merupakan destinasi wisata yang mengusung konsep belajar sambil bermain. Sangat cocok sebagai destinasi wisata bersama anak selama pandemi ini. Selain menjadi tempat konservasi lumba-lumba, disana juga dilengkapi dengan satwa lain dari berbagai penjuru dunia. Nah, apa saja yang ada di Batang Dolphins Center? Yuk kita cek..

1.       Mini Safari

Mini Safari Batang Dolphins Center


Memasuki gerbang area wisata Batang Dolphins Center, kita langsung disuguhi pemandangan aneka satwa dari berbagai penjuru Nusantara dan Dunia. Sebelum menuju Dolphins show sengaja dibuat rute jalan melewati mini safari terlebih dahulu. Ada Kuda Nil, Buaya Muara, Burung Unta, Gajah Sumatera, Bison, dan berbagai jenis hewan lain yang menambah semarak mini safari. Meskipun areanya tak semegah taman safari lainnya, tapi koleksi hewannya cukup banyak sebagai sarana belajar.

Berkeliling di area mini safari cukup nyaman untuk olah raga jalan kaki dan mengasah motorik kasar anak,hehe. Sambil melihat hewan-hewan di mini safari, kita bisa sambil dialog dengan anak. Biasanya anak-anak antusias sekali dengan bertanya ini itu,hehe. Untungnya terdapat papan informasi di setiap depan kandang terkait hewan di dalamnya. Jadi bisa kita pakai untuk menjelaskan ke anak-anak.
Batang Dolphins center



Anak-anak sangat suka saat masuk ke area burung. Namun, selama pandemi area ini dilarang masuk. Jadi kita bisa menikmatinya hanya dari luar kandang. Sesi foto dengan hewan pun ditiadakan selama pandemi ini. Biasanya anak-anak sangat suka foto memegang burung dan ular.


2.       Mini Aquarium

Biasanya sambil menunggu jam pertunjukan lumba-lumba, kami memasuki area mini aquarium. Mini aquarium ini berisi koleksi ular dan ikan. Anak-anak bisa melihat ular dan ikan di replika habitat aslinya.

3.       Dolphins Show

Dolphins Show, Atraksi Lumba-lumba


Setelah puas berkeliling di mini safari, inilah acara yang ditunggu anak-anak, pertunjukan lumba-lumba. Tidak hanya sekedar atraksi lumba-lumba, saat pertunjukan juga diselipkan informasi pengetahuan terkait lumba-lumba. Jadi anak- anak tidak terasa sebenarnya juga sedang belajar,hehe.

Oya atraksi lumba-lumba ini sehari  ada 3 kali, pertama di pukul 11.00, lalu pukul 13.00 dan terakhir pukul  15.00. Selama pandemi, penonton atraksi lumba-lumba dibatasi. Tempat duduk diberi jarak, penonton hanya boleh menempati tempat duduk yang tidak diberi tanda silang.
 
Pertunjukan lumba-lumba


4.       Animals Show

Setelah selesai menonton atraksi lumba-lumba, biasanya kami istirahat jajan sejenak di resto. Anak-anak kalau kesini biasanya wajib minta beli es krim,hehe. Saat pandemi sekarang, memastikan saat kita makan dan buka masker, tidak ada orang lain di dekat kita. Makannya milih di lokasi yang sepi.

Setelah itu melanjutkan perjalan ke lokasi animals show. Disini kita disuguhi pertunjukan kecerdasan burung kakak tua dalam membedakan warna dan mengayuh sepeda. Ada juga kelincahan dan kecerdasan anjing pudel, serta atraksi hewan lainnya.

Animals show ada 3 sesi setiap harinya, pukul 10.00, 11.45 dan 15.45 WIB. Waktunya berdekatan dengan Dolphins show. Jadi mesti bergegas agar tidak ketinggalan dan tidak kebagian tempat duduk..hehe

5.       Wahana Permainan

Selain Mini Safari dan pertunjukan binatang, di Batang Dolphins Center juga terdapat wahana permainan anak. Ada kereta api mini, kincir pesawat, kincir kapal, dan wahana permainan mengasyikkan lainnya.
wahana permainan Batang Dolphins Center



Selain itu, juga ada wahana menunggang  berbagai satwa : kuda poni, unta, dan  gajah. Anak-anak saya paling suka naik kuda poni.

Namun, selama pandemi wahana permainan dan menunggang hewan ini tidak dibuka.

6.       Pantai Sigandu

Area wisata ini berada di Pantai Sigandu, jadi kita bisa menikmati keindahan pantai sekaligus. Anak-anak bisa bermain pasir di pantai. Disediakan gazebo dekat pantai yang bisa dipakai untuk istirahat, bersantai menikmati pemandangan laut.
 
Masya Allah paket komplit banget kan ya? Yuk cus kalau lewat pantura mampir kesini…

Tips Berwisata saat Pandemi

Sebenarnya saya sangat parno untuk berwisata saat pandemi ini. Namun, kasihan juga anak-anak yang memang saya kondisikan di rumah saja. Akhirnya kami memberanikan diri untuk berwisata dengan berbagai catatan pemilihan lokasi wisata,hehe. Lokasi wisatanya di alam terbuka yang memungkinkan untuk menerapkan protocol kesehatan (jaga jarak). Lokasi wisatanya menerapkan protocol kesehatan.
Batang Dolphins Center memenuhi kriteria kami. Saat memasuki gerbang masuk, dilakukan skrining suhu dan ditanya informasi alamat dan no Hp. Area BDC ini juga merupakan area wajib masker. Di beberapa titik strategis ada area tempat cuci tangan. Tempat duduk area pertunujukan diatur supaya bisa menjaga jarak.

Oya, ada beberapa tips penting ketika memutuskan berwisata bersama anak saat pandemi ini :

1.       Survey tempat wisata. 

mencari informasi terlebih dahulu terkait tempat wisata yang akan dikunjungi. Apakah menerepkan Prokes atau tidak? aman tidak untuk anak-anak?dsb

2.       Briefing. 

Lakukan briefing terlebih dahulu dengan anak-anak terkait “Do & Don’t’s” saat di tempat wisata. Terutama terkait pandemi dan protokol kesehatan, sedetail mungkin. Misal bagaimana kalau haus atau lapar? bolehnya makan dimana? sebelum makan apa saja yang mesti dilakukan? saat makan maskernya gimana?dsb

3.       Masker cadangan. 

Pastikan membawa masker cadangan untuk kita dan anak- anak.  Terutama anak-anak ya, biasanya masih suka teledor soal masker,hehe

4.       Membawa makanan dan minuman sendiri.

 Sebaiknya membawa makanan dan minuman sendiri. Katika pun mau membeli di tempat wisata, pastikan ke higienisannya, lebih aman produk yang berkemasan.

5.       Hand Sanitizer.

 Walaupun di tempat wisata biasanya menyediakan tempat cuci tangan. Lebih baik membawa hand sanitizer sendiri untuk jaga-jaga. Terkadang ada tempat cuci tanga tapi tidak ada sabunnya, atau sabunnya sudah diencerkan,hehe

6.       Week Day.

Sebaiknya berkunjung di weekday, jangan di weekend, supaya lebih sepi pengunjung.

Itulah beberapa ulasan terkait BDC dan tips berwisata saat pandemi. Menurutku, Batang Dolphins Center merupakan destinasi yang cocok untuk belajar bersama alam di saat pandemi seperti ini. Semoga bermanfaat yaa

 

Related Posts

Posting Komentar