header www.zulmiati.com

Basic Skincare Bagi Pemula, Halal dan Murah!

2 komentar

Di Kota kecilku Pekalongan, ada 4 hal yang mencolok. Kota kecil tapi banyak mall, klinik skincare, hotel, dan cafe. Ini sedikit banyak mengambarkan gaya hidup warganya. Skincare sekarang ini seperti sudah menjadi kebutuhan hidup bagi sebagian kalangan.

Pernah, saat jajan leker, saya tidak sengaja mendengar obrolan dua remaja yang sedang membeli leker. Dan yang dibahas adalah skincare, mereka ghibahin temennya A pakai skincare apa gitu.  

Saya merasa terkejut. Dulu sepertinya seusia mereka belum terpikirkan tentang skincare. Eh emang saya yang tidak care tentang skincare ding, sampai saat ini menjadi orang tua pun. wkwk

Eh bukan berarti saya tidak sepakat dengan pemakaian skincare ya kawans. Tidak ada yang salah memakai skincare, malah bisa jadi menjadi kebutuhan untuk sebagian karena kondisinya. Yang penting sadar dan bijak dalam penggunaannya.

Basic skincare halal dan murah

Kenapa Perlu Skincare? 

Ibarat tanaman yang dirawat dan yang tidak dirawat pasti berbeda. Begitupun tentang perawatan kulit. Kulit yang dirawat tentu berbeda dengan kulit yang tidak dirawat. Nah yang terpenting adalah tujuan dan niat merawatnya untuk apa?

Ini pertanyaan renungan bagi saya sendiri. Ketika ingin melakukan sesuatu harus mempunyai Big Why nya. Bukan hanya sekedar ikut - ikutan karena sedang trend. Apa sih niat memakai skincare? Apa tujuannya? Pertanyaan ini juga yang akan membuat nilai berbeda dari sebuah tindakan yang sama.

Ketika meniatkan skincare adalah bentuk ikhtiar merawat tubuh, titipan Allah SWT. Allah mencintai keindahan, maka kita berupaya menjaga keindahan tubuh yang telah Allah karuniakan. Iya, karena kalau tujuannya tampak cantik agar dapat pujian manusia lainnya. Biasanya ini sandaran yang rapuh.

Kalau tujuannya karena menjaga titipan tubuh Allah SWT. Dalam melakukan perawatan tidak melampaui batasan aturan-Nya. Halal dan thoyib dari produk menjadi prasyarat utama, dan dalam pemakaian pun tahu batasan, tidak berlebihan.

Tapi setiap diri pasti punya preferensi yang berbeda dalam melakukan sesuatu ya kawans. Saling menghormati saja, tidak perlu nge-djudge dan tak perlu membandingkan. Yuk lanjut kita obrolin basic skincare bagi pemula saja ya.

Prinsip Basic Skincare

Sebagai orang yang awam skincare, jujurly saya awalnya blank banget soal skincare. Mulai tercerahkan saat ada member IP Semarang yaitu mba Rossa yang sharing tentang basic skincare. Dia cerita tentang prinsip basic skincare yaitu CTMP. 
Langkah Basic Skincare

Apa itu CTMP? 

Iya benar kawans, CTMP : Cleansing, Toning, Moisturizing, Protecting. Menurutnya CTMP ini merupakan pondasi untuk mempunyai kulit sehat. CTMP  merupakan  satu kesatuan yang sebaiknya tidak ditinggalkan dalam melakukan perawatan kulit. Yang baru tahu tentang CTMP sini toss sama saya,wkwk. Kita bahas satu - satu yuk :

1. Cleansing

Sesuai artinya, ini merupakan tahap membersihkan wajah. Sebaiknya dilakukan 2 kali sehari. Pagi dan sore / malam sebelum tidur. Untuk pagi hari bisa hanya dengan satu kali cleansing, misal pakai facial wash saja,

Untuk sore hari sebaiknya double celansing atau membersihkan wajah dengan 2 tahap. Tahap pertama bisa menggunakan micellar water, cleansing balm, cleansing oil, milk cleanser, dll. Disesuaikan dengan  kesukaan dan kebutuhan. 

Bagi yang kesehariannya tidak menggunakan make up, penggunaan micellar water sudah cukup. Tapi bagi yang bermake up sebaiknya memakai cleansing oil atau cleansing balm. Supaya lebih maksimal dalam mengangkat kotoran dan sisa make up.

Cleansing tahap kedua menggunakan facial wash. Dalam memilih facial wash ini sebaiknya pilih facial wash yang selembut mungkin untuk kulit. Cirinya, setelah dipakai, kulit tetap terasa lembab. Tidak ada efek kulit terasa kering, atau kencang atau seperti ketarik beberapa saat setelah cuci muka.

2. Toning

Toning atau tahap memakai toner. Tahap toning ini mempersiapkan kulit agar siap menyerap dengan baik skincare selanjutnya. Pada sebagian orang, toning ini bisa di-skip dari basic skincare. Sebaiknya tidak di skip agar mendapatkan hasil optimal.

Ada beberapa jenis toner. Yang paling familiar ada dua jenis, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner.

Hydrating toner merupakan toner yang berfungsi untuk menghidrasi kulit. Salah satu kunci kulit sehat adalah kulit yang terhidrasi dengan baik.

Sedangkan exfoliating toner adalah toner yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Cara paling mudah untuk mengetahui perbedaan keduanya adalah dengan melihat kandungannya. Toner yang  mengandung BHA, AHA, PHA itu termasuk exfoliating toner.

Penggunaan exfoliating toner ini ada potensi membuat kulit kering jika tidak diimbangi dengan hidrasi yang cukup. Jadi sebaiknya setelahnya tetap menggunakan hydrating toner.

3. Moisturizing

Moisturizing merupakan tahap pemakaian pelembab atau moisturizer. Tahap ini jangan sampai di skip ya, termasuk wajib dalam basic skincare. Penggunaan moisturizer ini bisa disesuaikan dengan jenis kulit.

Sebuah produk bisa disebut sebagai moisturizer jika mempunyai 2 dari 3 sifat berikut : humektan, emolient dan oklusif. Waduh apalagi ini? Ternyata skincare pun butuh ilmu yang tepat supaya tidak tersesat ya kawans.

Humektan merupakan kandungan yang berfungsi memasukkan unsur air ke dalam kulit, supaya kulit tidak dehidrasi. Emolient berfungsi melembabkan kulit dengan mengisi bagian - bagian sel kulit yang kosong, dan oklusif ini yang mengunci supaya kandungan yang sudah dimasukkan oleh humektan dan emolient ini tidak menguap begitu saja.

Cara membedakannya bagaimana? Humektan ini contohnya seperti krim lidah buaya, Oklusif contohnya seperti petroleum jelly, yang mempunyai efek di muka rasanya "nggedabel" berminyak. Kalau emolient setelah pemakaian terasa lembab dan tidak terasa berat di kulit.

4. Protecting

Tahp ini merupakan tahap wajib dalam skincare juga. Jangan sampai di skip. Tahap sebelumnya akan sia-sia jika tahap ini di skip. Efek paparan sinar UV itu sangat berbahaya bagi kulit. Pemakaian sunscreen ini minimal 2 ruas jari. Dan sebaiknya diulang setiap 4 jam sekali.

Untuk pemakian sunscreen ini bukan hanya saat keluar rumah saja. Di dalam rumah pun selama ada akses sinar matahari yang masuk, tetap harus memakai sunscreen sebagai perlindungan.

Tahap kunci atau wajib dalam CTMP  adalah tahap pertama dan terakhir (cleansing dan protecting). Hasil dari tahap di tenagh - tangahnya sangat bergantung efeknya dari tahap pertama dan terakhir.

Jadi misal sudah pakai skincare dengan merk terbaik tetapi hasilnya kok belum maksimal. Perlu cek lagi tahap cleansing dan protectingnya, sudah tepat belum? Atau pada sebagain orang yang memakai serum mahal dan terkenal tapi merasa tidak ada hasil. Bisa jadi tahap CTMP  nya ini belum disiplin dilakukan, jadi efek serumnya tidak maksimal. 

Bukan salah produknya, tetapi pemakaiannya yang belum benar. Disini ini pentingnya mengilmui sesuatu, tidak sekedar ikutan trend atau tergoda iklan. Sudah mulai tercerahkan dengan basic skincare ini kawans? Ternyata tidak bisa hanya menggunakan satu produk, wajah langsung glowing sempurna,wkwk. Perlu tahap yang benar dan kedisiplinan.

Mengenal jenis kulit

Setelah mengerti tentang basic skincare, kita juga perlu mengetahui jenis kulit kita supaya tepat dalam memilih jenis produk perawatan. Dilansir dari website alodokter, umumnya ada 5 jenis kulit wajah :

1. Kulit wajah normal 

Kulit jenis ini memiliki keseimbangan jumlah kandungan air dan minyak. Tidak terlalu kering, tidak terlalu berminyak, terlihat bercahaya dan pori - pori hampir tidak terlihat.

2. Kulit wajah kering

Tingkat kelembapan pada lapisan terluar kulit rendah. Sehingga kulit kering dan mudah pecah - pecah. Permukaan luar kulit terlihat kasar dan kusam, serta kulit kurang elastis. Jenis kulit ini biasanya lebih mudah memerah, gatal, bersisik, dan meradang.

3. Kulit wajah berminyak

Pada jenis kulit ini produksi minyak atau sebum berlebih, sehingga kulit wajah berminyak cenderung licin dan mengkilap.Sebenarnya sebum ini berfungsi melindungi dan melembapkan kulit. Tapi jika produksinya berlebih menyebabkan kulit berminyak, pori - pori tersumbat, dan rentan berjerawat.

Ciri kulit ini, cenderung berpori besar, berkilau namun kusam, berkomedo, berjerawat serta noda hitam.

4. Kulit wajah kombinasi

Merupakan perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Cirinya memiliki  kulit berminyak di zona T, yaitu area dagu, hidung, dan dahi, serta kulit kering di area pipi.

5. Kulit wajah sensitif

Kulit wajah sensitif sangat peka, mudah terkelupas, gatal, kering, kemerahan, dan terasa perih ketika terjadi kontak dengan berbagai hal yang dapat memicu munculnya gejala kulit sensitif. Seperti lingkungan, makanan, atau penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok.

Rekomendasi skincare lokal halal dan murah

Mulai sesuatu dari yang sedikit dan mudah dahulu, benar tidak kawans? Setelah mengetahui ilmu basic skincare, ingin mencoba mengaplikasikannya. Yuk mulai searching produk skincare-an. Dalam memilih produk pastikan kehalalan dan thoyibnya ya kawans. Mudahnya dengan memilih skincare bersertifikal halal MUI dan berijin BPPOM. Kalau untuk tim expert mungkin bisa melihat dari isi kandungan produknya.

Berikut ada beberapa skincare lokal halal dan sudah mengantongi ijin BPPOM

1. Wardah 

Pasti sudah tidak asing dengan merk ini ya kawans. Kosmetik yang mengusung filososfi halal green beauty. Menjamin produknya halal, ramah lingkungan, tidak mengandung alkohol, bebas dari uji coba hewan. Perusahaan lokal yang sudah mengglobal. Produknya lengkap dan sangat beragam, bisa memilih sesuai kebutuhan dan jenis kulit. BIsa banget menggunakan produk wardah untuk basic skincare CTMP.

Harganya pun termasuk murah, beberapa produk seperti moisturizer dan cleanser nya ada yang di bawah 50 ribu. 

2. Fabil

Produk perawatan wajah fabil ini mnegkalim produknya terbuat dari bahan alami yang efektif dan aman, dengan menggunakan bahan herbal sunnah yang diseleksi secara cermat dari alam.

8 authentic herbal sunnah yang diguanakan dalam produknya yaitu daun bidara, habbatussauda, zaitun, anggur, susu kambing, mentimun, madu dan fenugreek yang termaktub baik dalam Al Quran maupun As Sunnah. Bahan-bahan herbal alami (Free Paraben, Free SLS, Free Alcohol, Free Parfum, dan Free dari bahan kimia berbahaya). 

Selain menjual produknya secara terpisah, Fabil juga menyediakan paket skincare. Ada paket skincare basic dan complete untuk acne dan juga glowing.

3. Reglow  

Siapa yang tidak mengenal youtuber Ricis? Nah Reglow ini merupakan produk kakaknya dr Shindy Putri. Produknya sudah tersertifikasi BPPOM dan MUI. Reglow juga mengklaim produknya aman untuk ibu hamil dan menyusui. Dengan 80% kandungan bahan alaminya, reglow mengkalim produknya aman untuk semua jenis kulit. Dan Reglow bisa dipakai untuk cowok maupun cewek.

Merupakan brand skincare baru, jadi produknya belum lengkap. Belum ada prodruk protectingnya.

Kesimpulan

Memulai basic sckincare bagi pemula ternyata perlu mengilmui dulu tentang tahapan dan hal penting lainnya. Halal dan thoyib menjadi dasar utama pemilihan produk, plus kalau ada yang murah kenapa tidak? Jangan sampai skincare-an menggoyahkan financial kita,hehe.

Merawat kulit supaya sehat tujuannya, glowing dan cantik bonusnya. Kalau ada rekomendasi produk skincare halal dan murah boleh banget chat di kolom komentar ya kawans.


Related Posts

2 komentar

  1. MasyaAllah..lengkap banget Mba Zulmi 🤩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maa syaa Allah, alhamdulillah, terima kasih Nduk 🥰

      Hapus

Posting Komentar