header www.zulmiati.com

Menu Andalan Keluarga Bergizi Lezat, Praktis dan Cepat, Wajib dicoba!

Posting Komentar

Adakah yang punya impian yang sama denganku? Bisa masak bergizi semudah masak mie instan?wkwk. Kata kakakku, "wes to nek ko ngono tinggal pencet-pencet ae". 

“Jemariku lebih cepat memencet gawai untuk order makanan daripada meracik makanan di dapur." 

Itulah yang terjadi dengan diriku. Sini pelukan bagi yang sama? Tapi ini menjadi sebuah tantangan bagiku supaya bisa menemukan solusi agar bisa masak sehat secepat kilat,wkwk. Setelah resign, salah satu milestone yang ingin kuraih adalah bisa menyediakan makanan halal dan thoyib bagi keluarga.

Perjalananku belajar tentang milestone ini, terhentak pada Big Why kenapa harus memasak sendiri? Tapi saya tidak akan menceritakannya disini. Semoga next bisa menuliskannya dengan judul 5+ Alasan Bunda Harus Memasak Sendiri.

Disini saya mau cerita tentang pengalaman menemukan menu andalan keluarga bergizi lezat, praktis dan cepat, eaa.. Sesuai impian bisa memasak semudah membuat mie instan. Yang tinggal cemplung-cemplung langsung jadi.

tips memasak cepat

Tips Memasak Cepat

"Memasak bukan suatu bakat alami, tapi keterampilan yang bisa dilatih"

Jadi semua orang bisa memasak dong ya, ini motivasi diri saya sendiri,hehe. Sesuatu yang bisa dilatih berarti ada ilmunya juga. Perjalanan membawaku.... eh kok jadi nyanyi..

Maksudnya perjalananku mengasah keterampilan memasak membawaku menemukan cara memasak bergizi yang praktis dan singkat. Iya, jujurly oprek di dapur itu bukan passionku, tapi lebih kepada kebutuhanku.

Jadi saya tidak mau menghabiskan banyak energi disini. Alhamdulillah Allah ijinkan menemukan cara cepat dan mudah memasak. Mau tahu? Ssssttt, tapi caraku ini belum tentu bisa kalian praktekan kawans? Kenapa? Karena caranya spesial,wkwk

Tips memasak cepat dan enak ala saya : Siapkan semua bahan masakan, lalu Ibu Mertua yang tuntaskan memasak. Atau Ibu Mertua sudah siapkan bumbu masakan, saya tinggal eksekusi memasak, wkwk. jadi kuncinya enak di Ibu Mertua,haha. Becanda ya kawans, tapi itu memang sering berlaku di saya sih.

Kadang sudah siapin semua bahan masakan, eh anak minta ditemenin tidur, akhirnya dituntaskan oleh Ibu Mertua. Atau saat saya punya keinginan memasak suatu resep, terus cerita ke Ibu Mertua. Eh Ibu Mertua malah yang siapin bumbunya, saya tinggal siapin bahan dan memasaknya. Alhamdulillah...

Ee kok jadi curcol, kembali ke tips memasak cepat ya kawans,,

1. Meal plan.

ini kunci menurutku. Karena seringkali lebih lama mikir mau masak apa daripada eksekusi memasaknya. Jadi membuat meal plan ssangat membantu untuk lebih sat set di dapur. Alias tidak kelamaan mikir.

Membuat meal plan tidak harus langsung sebulan. Bisa dibuat 10 hari, seminggu atau per tiga hari. Disesuaikan dengan kenyamanan dan kebutuhan. Meal plan ini juga menjadi panduan agar tidak belanja sembarangan.

2. Food Preparation.

Setelah menyusun meal plan, maka lanjut belanja bahan makanannya. Setelah itu buat food preparation. Banyak cara ya kawans untuk food prep ini. Ada yang per bahan masakan atau ada yang per menu.

Bisa divoba dan dipilih cara mana yang cocok dan memudahkan untuk dipraktekkan.  

3. Siapkan Bumbu Siap Pakai

Awalnya saya menyiapkan bumbu terpisah, yaitu pure bawang merah, pure bawang putih, dan cabe. Saat akan memasak resp tertentu tinggal menambahkan bumbu lainnya. Tapi ternyata ini kurang cocok bagi saya. Karena belum bisa menakar kebutuhan bumbu.

Setellah eksplor akhirnya saya menemukan cara yang cocok. Caranya dengan menyiapkan bumbu siap pakai hanya untuk masakan yang sering saya masak. Setelah eksplor ragam makan keluarga, saya bisa menentukan masakan apa saja yang disukai keluarga. Jadi saya stok bumbunya, seperti bumbu ungkep ayam / opor, bumbu rendang, dsb.

Karena penyiapan bumbu masakan tsb membutuhkan waktu yang lumayan lama menurutku. Jadi lebih hemat waktu jika membuatnya banyak sekaligus. Lalu saya simpan di cube sesuai kebutuhan per masak.

Oya bumbu untuk emasak tidak harus selalu dihaluskan, bisa juga dengan diiris. Saya lebih cenderung ke tim iris yang lebih mudah.

4. Pilih cara memasak yang mudah disaat waktu hetic

Sebenarnya masak sehat itu simpel, rebus, kukus, tumis. Kitanya saja sebagai manusia suka sekali mengeksplor ya.. Jadi kepatan memilih cara memasak mempengaruhi kecepatan memasak juga.

Dan tetap enak kok memasak dengan rasa rebus, kukus, tumis ini. Memasak dengan cara simple itu pun tetap bisa menghasilkan cita rasa yang enak lho.

Resep Menu Andalan Keluarga Bergizi Lezat, praktis dan cepat

Eksplorasi di dapur aka melihat mertua memasak, alhamdulillah akhirnya menemukan menu andalan keluarga yang cepat memasaknya, bergizi dan lezat rasanya. KUncinya adalah memasak dengan bumbu iris.

1. Garang asem

Sebenarnya favoritnya anak - anak adalah garang asem H. Masduki. Tapi jika mereka meminta beli tiap hari, bisa jebol finansial mamak. Akhirnya eksplorasi mencoba membuatnya. Tentu saja tidak bisa disamakan atau dibandingkan, wkwk

Yang terpenting adalah anak - anak doyan dan masaknya pun mudah, mau tahu resepnya? 

Bahannya daging sapi diiris melawan serat. Bumbunya bawang merah iris, bawang putih iris, salam, laos, cabe (sesuai selera), garam. Caranya didihkan air, masukan daging dan semua bumbu. Tunggu sampai matang. Mudahkan?

Kuncinya adalah pada pemberian garam. Sebaiknya memberi garamnya di awal setelah daging dimasukkan, supaya rasanya meresap.

2. Nasi goreng

Ini salah satu menu andalan buat sarapan. Simpel dan mudah. Caranya iris bawang merah, bawang putih tomat. Lalu tumis hingga wangi, masukkan garam lalu lanjut nasi. Setelah itu tambahkan kecap. 

Sesimple itu tapi rasanya lezat lho kawans, favorit anak - anak. Lebih enak nasi goreng umi daripada nasi goreng di hotel kata anak-anak. Walau belum bisa menandingi nasi goreng kesukaan anak-anak : nasi goreng bakmi GM, solaria, dan shangrilla. 

3. Sop Ayam / Daging

Saya tidak terlalu suka dengan sayur sop yang keruh. Makanya bumbu iris adalah pilihan. Bonusnya jadi lebih cepat memasak. Untuk sop ini, bumbunya tinggal iris bawang bombay, bawang putih dan bawang merah. Tumis sebentar sampai layu dan harum. Masukkan dalam kuah kaldu sop. Tanbahkan garam dan merica, lalu koreksi rasa.

4. Sayur bayam

Ini sayuran favorit anak - anak, dan saya happy memasaknya. Karena mudah dan cepat. Rebus air, masukkan bayam, masukan bumbu (bawang merah, bawang putih dan tomat iris). Tambahkan garam, koreksi rasa dan cek kematangan sayur bayam. Jangan terlalu lama memasak bayam supaya tidak rusak kandungan gizinya.

5. Oseng Sayur

Maskan cepat selanjutnya adalah oseng atau tumis. Bawang mearah, bawang putih, cabe dan tomat diiris. Lalu ditumis hingga layu dan harum serta tambahkan salam laos. Masukan sayur, garam, koreksi rasa dan tunggu sampai matang.

KESIMPULAN

Ternyata memasak semudah merebus mie instan itu bukan hanya impian. Bisa kok memasak menu andalan keluarga bergizi lezat, yang praktis dan cepat. Selamat mencoba kawans. Jika ada resep simpel lainnya boleh ditambahkan di kolom chat ya, terima kasih.


Related Posts

Posting Komentar