header www.zulmiati.com

Teman Asyikku belajar Tadabbur Al Qur'an "Mushaf Qur'an Hijaz The Practice"

2 komentar
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم


"Bagaimana bisa menjadikan Al qur'an sebagai Pedoman hidup, jika aku tidak memahami isinya?"

Sejak kecil kita sudah belajar Al Qur'an. Mengeja dari belajar huruf hijaiyah hingga lancar membaca. Lalu kita merutinkan membaca Al Qur'an setiap hari, bahkan sebagian dari kita satu juz setiap hari terlampaui. Bahkan dalam bulan Ramadhan bisa mengkhatamkan lebih dari satu kali. Tapi ada pertanyaan di relung hati ini, Apakah interaksi hanya cukup dengan membaca dan menghafalnya? Aku seperti belum memahaminya? Bagaimana aku mencintainya jika aku tidak memahaminya? Pertanyaan renungan diri ini menghentakkanku untuk belajar tadabbur Al Qur'an. 

Mengapa Tadabbur?


Ternyata ada interaksi lain dengan Al Qur'an selain membaca dan menghafalnya. Interaksi yang sama pentingnya dengan kita belajar hukum tajwid agar lidah tidak sekedar mengucap kata-kata dalam Al Qur'an lalu mengubah makna ayat-Nya. Interaksi itu berupa perenungan atau tadabbur Al Qur'an, seperti yang Allah perintahkan dalam QS Shad: 29.

"Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran" (QS. Shad: 29)

 Tadabbur adalah bagaimana kita melakukan perenungan terhadap ayat Al Qur'an. Merenungkan, memikirkan dan menghayati isi kandungan ayat dalam Al Qur'an. Lalu menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya ke  dalam diri. Membuat kita memahami pesan-pesan yang terkandung dalam Al Qur'an untuk diimplementasikan dalam kehidupan. 

Strategi Tadabbur

Pencarianku tentang cara memahami Al Qur'an menghantarkanku pada Journaling Al Qur'an. Aku follow akun tentang journaling Al Qur'an, join di grup dan membeli buku jurnal Al Qur'an. Alhamdulillah membantuku untuk lebih mudah mentadabburi Al Qur'an.

Beberapa poin yang ada dalam buku jurnal Al Qur'an :
1. Judul. Ini memuat tema ayat yang akan ditadabburi. Keterangan surat dan ayat berapa, serta tanggal melakukan journaling.
2. Ayat Pilihan. Di kolom ini tempat menuliskan ayat yang ingin dipelajari. Aku tulis terjemah per kata dibawah kata ayatnya. Dan terjemahan secara kesuluruhan ayatnya di bagian bawah.
3. Kosakata baru. Disini tempat menuliskan kosakata baru yang ditemui atau yang ingin dipelajari. 
4. Penjelasan ayat. Ini tempat menuliskan ringkasan penjelasan dari tafsir ayat yang dipelajari berdasarkan referensi. 
5. Refleksi dna Rencana Aksi. Di bagian ini tempat menuliskan dengan internalisasi ayat yang dipelajari dalam diri. Perenungan, pemikiran, dan perasaan terkait ayat yang dipelajari. Serta aksi nyata yang akan dilakukan terkait pengamalan ayat yang dipelajari. Misal ayat tentang perintah ibadah. Apakah aku sudah menjalankan ibadah yang Allah perintahkan tsb? Bagaimana ibadahku tsb selama ini? Apakah sudah sesuai dengan perintahNya? Jika belum, maka apa yang akan aku upayakan untuk mengamalkannya? dsb
6. Do'aku. Di bagian ini aku menuliskan do'a terkait ayat yang dipelajari. Disini tempatku ber "komunikasi" dengan Allah SWT.

Aku sangat penasaran bagaimana teman-teman bisa melakukan journaling dengan lengkap. Aku mencari tahu referensi apa saja yang mereka pakai. Nah, beberapa merekomendasikan aplikasi atau website sebagai referensi. Aku tahu tentang diri ini yang mudah terdistraksi jika belajar dengan gawai. Maka aku mencoba mencari referensi versi cetak. Aku membeli buku tafsir Ibnu Katsir. 

Jadi kalau mau melakukan journaling, aku jelentreng semua referensiku. Tafsir Ibnu Katsir, Ringkasan Tafsir dan Terjemah Al Qur'an perkata dan buku jurnalku. Ternyata ini membuatku kerepotan juga. Ya Allah maafkan diri ini, yang maunya serba mudah, hiks..

Saat iseng melihat koleksi buku suami di lemari buku, aku menemukan sebuah buku tebal. Aku mengambilnya karena penasaran. Aku mengira itu buku modul, eh ternyata Al Qur'an, Masya Allah. 
Dan saat aku membukanya, langsung jatuh cinta. Ah, ini yang aku cari. Al Qur'an yang sedang aku butuhkan. Isinya komplit yang aku butuhkan untu tadabbur Al Qur'an. Ah, betapa dekatnya pertolongan Allah terhadap hambaNya. Referensi tadabbur yang selama ini aku cari-cari ternyata ada di dalam lemari buku. Di belakang aku shalat setiap hari. Lemari buku kami berada di belakang tempat sholat. Masya Allah, Allah SWT sudah menyiapkan pertolongannya, Allah hanya ingin melihat ikhtiar hambaNya. Yuk kenalan sama Al Qur'an ini.

Mushaf Qur'an Hijaz The Practice

Al Qur'an ini produk Syaamil Qur'an, tertulis judul di halaman depan "HIJAZ THE PRACTICE, 604 Panduan amalan praktis berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunah". Ah kawans pasti tahu kan, kalau produk Syaamil grup ini bagus-bagus. Aku suka produk Syaamil booksnya juga, ada yang sama? buku shirohnya masya Allah bagus, anak-anak tak pernah bosan membacanya.

Nah, kenapa Al Qur'an ini memudahkanku untuk tadabbur?

Dalam setiap halaman sudah memuat apa yang aku butuhkan untuk tadabbur. 
1. Memudahkanku mengetahui arti setiap ayat karena terdapat terjemah per kata dan terjemah per ayat yang sesuai dengan stanadar Depag. 
2. Memudahkanku untuk mengetahui ulumul qur'an maupun asbabun nuzul ayat
3. Memudahkanku memahami penjelasan ayat karena dilengkapi intisari tafsir
4. Menambah wawasanku terkait ayat karena terdapat Khazanah Pengetahuan
5. Membantuku mengetahui keterkaitan ayat dengan hadist rujukan 
6. Memudahkanku melakukan refleksi dan rencana aksi karena dilengkapi panduan amal praktis terkait ayat. Ada 604 pandual amal praktis sesuai Al-Qur'an dan As-Sunah
8. Memudahkanku untuk melakukan "komunikasi" dengan Allah, karena dilengkapi dengan do'a Ma'tsur 
9. Membantuku menuai hikmah tentang ayat karena dilengkapi kutipan hadist populer maupun Qur'anic quotes.
10. Terdapat Keyword tematik yang memudahkanku dalam pencarian ayat sesuai tema yang ingin aku pelajari. Al Qur'an ini  dilengkapi indeks terkait 10 tema utama : Tauhid, Iman, Ibadah, Akhlak, Muamalah, Hukum dan Sosial, Sejarah dan Peradaban, Wawasan, takziah, dan Dakwah.

Hijaz The Practice
Selain menjadi teman asyikku melakukan tadabbur Al Qur'an, Mushaf ini sangat nyaman dibaca karena menggunakan Khat Qur'an Rasm Ustmani yang tipis dan jelas. Adanya sistem pewarnaan tajwid sangat membantu dalam tilawah yang benar sesuai tajwid. Bagi yang belum lancar membaca dalam tulisan arab, juga terbantu dengan adanya transliterasi (pembacaan ayat secara latin).  

Mushaf ini juga dilengkapi dengan banyak materi pendukung dalam belajar Al Qur'an lho, diantaranya :
1. Materi tajwid ringkas
2. Materi struktur dalam Al Qur'an
3. Asmaul Husna dan penjelasannya
4. Materi hakikat Basmalah
5. Materi ilmu tafsir
6. Materi Adab membaca Al Qur'an
7. Materi Klasifikasi surat-surat Al Qur'an
8. Materi huruf-huruf Muqatha'ah

Masya Allah lengkap banget kan?  Kuy bisa langsung meluncur ke marketplace bagi yang sedang cari teman asyik belajar Tadabbur Al Qur'an ya...


Referensi gambar :
Canva

https://grahamuslim.com


Related Posts

2 komentar

  1. Masya Allah, bener banget mb. Sejak kecil belajar, sampai tua pun belum paham. Hiks, auto reminder kalau selama ini hanya membaca tibelum mendalami dan memahami. Terima kasih remindernya

    BalasHapus
  2. iya pak, reminder banget buat diri saya,,

    BalasHapus

Posting Komentar