header www.zulmiati.com

Mudah! Ini 9 Cara Membuat Blog Menarik dan Ramai Pengunjung!

Posting Komentar

"Bagaimana cara membuat blog menarik!". Pikiran ini pasti pernah terlintas dalam benak blogger. Terutama blogger pemula sepertiku. Ibarat sebuah toko, blog yang menarik akan membuat ramai pengunjung. Pengunjung yang betah, nyaman dan terpuaskan pasti akan berkunjung ulang. Dan bisa jadi akan merekomendasikan pada orang lain.

Kebanyakan blogger  pasti ingin supaya blognya menarik dan banyak pengunjungnya. Senang sekali jika pengunjung blog betah, berkunjung ulang, bahkan merekomendasikan blog kita ke orang lain. Untuk mencapai hal tersebut ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan. Wah, apa saja ya? 

Cara membuat blog menarik dan ramai pengunjung

Bagaimana Cara Membuat Blog Menarik?

"Mbak, blogku kok kayak gini ya, gimana caranya biar blogku menarik?" Salah seorang kawans yang sedang belajar ngeblog pernah bertanya seperti itu padaku. Sebagai blogger pemula, saya pun belum sepenuhnya memahami hal ini. Akhirnya saya pun tertantang untuk mencari tahu hal apa saja yang bisa membuat blog menarik. Supaya tidak hilang, maka saya akan mencoba merefleksikan hasil belajar disini ya kawans. Kita belajar bareng yuks,,

Sebelum bercerita lebih jauh mengenai cara membuat blog menarik. Kita ngobrol dulu yuk tentang apa sih blog itu? apa bedanya dengan website? Iya, karena masih ada beberapa orang yang masih bingung tentang keduanya.

Mengenal Blog dan Website

Dari membaca komik Why? yang berjudul Social Network Service, saya mengetahui pengertian Website dan Blog,hehe. Komik Why? merupakan bacaan anak-anak di rumah. Ilmu pengetahuan yang disajikan melalui komik menjadi lebih mudah dipahami. Emaknya pun asyik ikut membaca,wkwk.
Eits kok jadi ngelantur ya,hehe. Oke, kita kembali ke laptop ya. 

Di komik tsb disebutkan bahwa website adalah kumpulan dari beberapa web page. Website sering juga disebut site.

Sedangkan blog merupakan gabungan dari huruf "b" yang diambil dari kata web dengan kata "log" yang berarti buku harian perjalanan, buku catatan kejadian. Benar kawans, Blog berarti website yang berisi tentang cerita, laporan, berita atau hal lain sesuai ketertarikan pemiliknya. Contohnya zulmiati.com, ini blog saya yang berisi tentang catatan perjalanan saya belajar menjadi zulmi dengan segala perannya.

Berbeda dengan blog yang berisi topik khusus, website biasanya memberikan informasi yang bersifat umum. Website biasanya digunakan untuk keperluan organisasi, sekolah, lembaga, toko online, dan sejenisnya. Sedangkan blog biasanya dimiliki perseorangan, walaupun ada beberapa yang pengelolaanya dilakukan bersama beberapa penulis. 

Terkait dengan isinya yang bersifat umum, seperti informasi produk atau layanan, website bersifat statis. Tidak perlu sering di-update baik dari sisi desain maupun konten. Sedangkan blog, bersifat dinamis, memerlukan update berkala terutama kontennya.

Sudah ada gambaran ya kawans perbedaan blog dan website? Nah kita lanjut yuk obrolannya ke bagaimana cara membuat blog?

Memilih Platform yang Tepat Untuk Membuat Blog

Banyak sekali pilihan platform untuk memmbuat blog. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Dilansir dari domainesia.com, berikut ini beberapa platform yang bisa digunakan untuk membuat blog.

1. WordPress

Platform WordPress ini ada dua versi yaitu WordPress.org dan WordPress.com. WordPress merupakan salah satu paltform yang sering digunakan oleh para blogger. Untuk WOrdPress.org memerlukan biaya untuk pembelian hosting dan domain. Sedangkan WordPress.com gratis, tapi di akhiran nama akan ada tambahan wordpress.com.

2. Blogger.com

Ini juga merupakan platform yang sangat familiar ya kawans. Pembuatannya mudah, hanya memerlukan email aktif. Namun, akhiran alamat websitenya ada akhiran blogspot.com. Untuk mengubahnya menjadi custom domain (menghilangkan akhiran blogspot.com) kita bisa membeli domain dan menghubungkannya di blogspot tersebut.

3. Weebly

Ini merupakan blog builder gratis. Kita bisa memakai fitur-fiturnya tanpa biaya sepeserpun. Namun, nama domain kamu akan berakhiran weebly.com jika memakai versi gratis. Jika ingin mengubah menjadi custom domain bisa menambah paket menjadi Weebly Connect.

4. Tumblr

Ini juga merupakan salah satu platform untuk membuat blog gratis. Simple dan mudah dalam pembuatan dan penggunaanya.

Itulah beberapa platform yang bisa dipakai untuk membuat blog kawans. Kalau kawans ada rekomendasi platform lain, bisa ditambahkan di kolom komentar ya.. Nah, setelah blognya ada, bagaimana caranya ya membuat blog yang menarik?

Cara Membuat Blog Menarik dan Ramai Pengunjung

Blog nya menarik dan ramai pengunjung, pasti ini harapan setiap blogger ya kawans. Pasti ada langkah untuk bisa mencapainya, benar tidak kawans? Saya mencoba merangkum dari beberapa referensi bacaan apa saja yang bisa membuat blog menarik.

1. Membuat Nama Domain yang Unik

Memilih nama domain (alamat blog) yang simple, unik dan mudah diingat. Nama domain merupakan sarana branding dari blog. Memilih nama domain bisa disesuaikan dengan niche atau topik spesifik blog kawans.
Misal blog terkait bisnis, bisa memakai nama bisnissukses.com dan sejenisnya. 

2. Membuat Logo Menarik

Bagi orang visual, gambar merupakan hal penting yang dapat membantu dalam mengingat. Logo atau header blog yang menarik penting untuk diperhatikan. Seperti kalau lihat logo minimarket, anak-anak yang belum bisa membaca pun mengetahui itu apa, hehe. 
Logo atau header ini sebagai sarana branding blog yang bisa menjadi daya tarik pengunjung.

3. Memilih Template Blog

Saya ingat sekali, ini salah satu materi yang saya peroleh saat belajar di blogspedia. Memilih template blog, ternyata tidak boleh asal dan sembarangan.
Ada poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih template blog, yaitu :
  1. Background tulisan sebaiknya putih. Kenapa? Latar belakang tulisan berwarna putih akan membuat mata lebih nyaman dan fokus pada tulisan yang dibaca. Selain itu juga ringan loadingnya.
  2. Layout : Pilih yang konten di kiri dan sidebar di kanan. Ini layout ideal karena saat membuka blog, mata pembaca biasanya akan lebih fokus ke sebelah kiri.
  3. Header tidak lebih dari setengah layar saat dibuka. Ya kan yang mau dilihat pembaca isi konten kita bukan header,hehe
  4. Menggunakan hanya dua atau tiga warna kombinasi. Ini supaya tidak terlalu ramai dan mengganggu fokus pembaca. 
  5. Hanya gunakan font serif/sans serif pada tulisan paragraf. Intinya font yang ramah di mata pembaca. Untuk judul boleh pakai yang handwriting atau font yang berseni tidak masalah.
  6. Memilih template yang responsif. Desain tampilannya bisa mengikuti lebar dan tinggi perangkat yang digunakan untuk membuka blog. Jadi pembaca nyaman saat membaca mellaui PC maupun smartphone.
  7. Memilih template yang SEO friendly. Ini penting banget kawans, karena mendukung kecepatan penemuan blog di halaman pencarian. Iya kan, sudah cantik menarik tapi susah ditemukan kan menjadi tidak berguna ya kawans. Benar, template blog yang SEO friendly akan mempengaruhi rangking blog di halaman pencarian
  8. Adanya Support social media share. Fungsinya untuk membantu kemudahan dalam membagikan link artikel ke media sosial dengan menekan tombol "share". Ini bermanfaat untuk membantu trafik blog semakin banyak dan membantu kemudahan penyebarluasan informasi artikel.

4. Memasang Menu

Menu navigasi berisi kategori dari tulisan, jadi memudahkan pengunjung untuk mencari informasi di blog. Selain itu, adanya menu navigasi juga membuat tampilan blog lebih menarik karena lebih rapi dan terorganisir dengan baik.

5. Memasang Widget

Widget biasanya digunakan untuk memaksimalkan blog dengan menambahkan konten dan struktur pada sidebar atau footer.  Seperti postingan terbaru, kolom pencarian dan sebagainya. Ada beberapa widget yang penting untuk dipasang di blog, yaitu :
  1. About Me, Ini memudahkan pengunjung untuk mengetahui tentang pemilik blog.
  2. Search Bar, Ini membantu pengunjung untuk mencari artikel menggunakan kata kunci pada blog.
  3. Recent Post / Popular Post, Ini membantu memberikan rekomendasi bacaan bagi pengunjung blog. 
  4. Follower, Bagi yang sudah monetoze blog, ini memudahkan untuk data follower yang terkadang diminta oleh klien.

6. Konten Blog

Bgaimanapun cantiknya tampilan luar, inner beauty selalu lebih menarik. Eh, maksudnya walaupun tampilan blog sudah kece, kalau konten isinya tidak menarik ya sama saja.  “Content is the King”, para blogger pasti tidak asing dengan jargon ini. Iya, konten adalah kunci utama sebuah blog. 
Konten yang menarik, bermanfaat, dan sesuai dengan apa yang dicari audiens, ini yang akan membuat pengunjung betah. Bahkan bisa berkunjung ulang dan merekomendasikan blog kita.

7. Mengkategorikan Konten

Rapi dan tertata pasti akan membuat pengunjung betah. Maka perlu membuat kategori tulisan sesuai topik. Ini membuat pengunjung nyaman dan juga lebih mudah mencari konten topik yang mereka cari.

8. Related Post

Related Post merupakan kumpulan artikel yang memiliki bahasan atau tema serupa dengana rtikel yang sedang dibaca. Fungsinya untuk memberi informasi pada pengunjung blog bahwa ada beberapa artikel yang berkaitan. Dan juga sebagai jalan untuk mempromosikan artikel lain yang serupa agar dibaca oleh pengunjung.

9. Optimasi Gambar

Dukungan visual atau gambar dalam artikel itu sangat penting. Visualisasi gambar ini membantu pembaca tidak cepat bosan atau lelah karena hanya melihat tulisan saja.
Gambar yang berisikan infografis juga akan membantu pembaca untuk memahami inti dariinformasi dalam artikel.
Tapi perlu diperhatikan terkait ukuran gambar agar tidak membuat loading blog lama. Untuk Sebaiknya ukuran gambar tidak lebih dari 100kb, biasanya yang ukurannya kecil itu dalam format JPG, 

Itulah sembilan hal yang perlu diperhatikan  supaya tampilan blog menarik dan ramai pengunjung. 

Kesimpulan

Ternyata membutuhkan cukup keseriusan dalam menata blog ya kawans. Semoga dengan menerapkan sembilan cara membuat blog menarik dan ramai pengunjung di atas bisa membuat penunjung bog kita betah dan bertambah ya kawans.

Sehingga semakin meluas kebermanfaat blog kita. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir kawans. Kalau ada hal yang mau ditambahkan boleh ditulis di kolom komentar ya kawans.

Related Posts

Posting Komentar