header www.zulmiati.com

Keutamaan Menuntut Ilmu, Menjadi Ibu Pembelajar Anak Terpelajar

12 komentar
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Apa kabar kawans? Semoga kita semua dalam kondisi ruhiyah dan jasmaniyah terbaik ya kawans.. Kali ini saya mau merefleksikan tentang keutamaan menuntut ilmu. Ah, ini pelecut diri agar terus bisa semangat belajar dan memperbaiki diri.

Alhamdulillah sudah hampir 10 tahun Allah menitipkan peran menjadi Ibu. 11 Maret 2012 pertama kali Allah menitipkan malaikat kecilnya pada kami. Menjadi Ibu merupakan anugerah yang tak terhingga dari Sang Maha Kuasa. Dalam laku hidup menjalani peran sebagai ibu, banyak hal baru yang saya temui. Saya menjadi haus ilmu, ikut kelas belajar di sana sini, hehe.. 

Keutamaan Menuntut Ilmu

Tapi menjadi Ibu itu kan sudah rempong, bagaimana bisa belajar? apa perlunya bagi seorang ibu belajar? Yuk yuk kita ngobrol bareng disini ya..

Alasan Ibu harus belajar

Kenapa muslimah atau Ibu perlu belajar? Karena ibu adalah sebuah madrasah (tempat pendidikan) yang jika kita menyiapkannya berarti kita menyiapkan (lahirnya) sebuah masyarakat yang baik budi pekertinya. Ibu adalah guru pertama bagi para guru yang ada, yang pengaruhnya membentang sepanjang ufuk.

Ibu Pembelajar

Menjadi guru di sekolah saja memerlukan kompetensi yang harus dipenuhi. Apalagi menjadi madrasah bagi anak yang amanahnya langsung dari Allah SWT, gajinya juga dari Allah SWT. Menurutku perlu sekali mengilmui peran yg mulia ini.

Dalam masa bejibaku belajar, saya pernah ada pada titik lelah. Merasa sudah banyak belajar tapi kok masih gini-gini saja. Masih sering mengulangi kesalahan pengasuhan. Ilmu yang saya pelajari kok tidak nempel dan sulit untuk diaplikasikan.

Ternyata ada poin penting yang terlupa. Yaitu Adab menuntut ilmu. Iya, nampaknya sepele ya. Tapi  ternyata inilah awal keberkahan dalam menuntut ilmu. 

Adab Menuntut Ilmu

Inilah beberapa adab belajar bagi seorang penuntut ilmu :
  1. Meluruskan dan megikhlaskan niat belajar untuk mengharap keridhoaan Allah SWT
  2. Berdo'a memohon kefahaman dan keberkahan ilmu
  3. Memilih Guru yang baik dan ahli dalam ilmu yang dipelajari
  4. Menghormati dan memuliakan guru, ilmu, dan teman belajar.
  5. Mengikat Ilmu dengan Menuliskannya
  6. Mengamalkan dan Membagikan ilmu kepada orang lain agar bermanfaat
  7. Fokus dan bersungguh-sungguh

Iya sering banget kan ya kita mendengar "Adab sebelum Ilmu". Semoga kita dimudahkan untuk menerapkannya ya kawans. Nah setelah mengetahui adab belajar, terus bagaimana biar mempunyai semangat dan motivasi belajar?

Apapun yang akan kita lakukan jika motivasinya kuat, insya Allah kita akan tetap teguh menjalaninya walau tantangannya banyak.

Motivasi dalam Belajar

Motivasi dalam belajar harus kita mulai dari persiapan menuntut ilmu. Ini beberapa hal yang menurutku bisa menumbuhkan dan menjaga motivasi dalam belajar :

1. Menemukan strong why atau alasan kuat harus belajar. 

Menggali motivasi internal, yang akan menjadi pondasi kuat ketika kita menuntut ilmu. Kalau saya biasanya dimulai dengan meluruskan Niat, bahwa niat belajar semata mencari ridho Allah SWT.

2. Ingat dan fokus pada tujuan. 

Apa sih goals yang ingin dicapai dari belajar? Penting sekali untuk memetakan goals yg tepat dan benar. Sehingga ketika tantangan datang, kita akan tetap semangat berproses dengan mengingat tujuan kita. 

Sebaiknya goals ini tentang pencapain diri ya kawans, bukan pengharapan terkait orang lain. Misalnya : saya mau belajar tentang parenting supaya anakku menjadi anak yang baik. Menurut kawans tujuannya tepat tidak?

Harapan Manusia

Iya, tujuan seperti itu riskan membuat kita mudah kecewa. Karena menggantungkan harapan atau hasil pada orang lain, yang di luar kendali diri. Tujuannya bisa kita ubah menjadi, saya belajar parenting, supaya saya bisa merespon sikap anak secara tepat.

3. Komitmen dan istiqomah

Menyediakan waktu khusus untuk belajar. Jadi kita mempunyai kandang waktu khusus untuk belajar. Lalu hal ini dikomunikasikan dengan keluarga. Ketika kita loyo, mungkin keluarga bisa mengingatkan atau menjadi penyemangat kita. Kemudaian berusaha istiqomah terhadap komitmen yang sudah ditetapkan

4. Disiplin

Salah satu keberhasilan dalam menuntut ilmu adalah kedisiplinan, bersegera, dan tidak menunda. Iya, seringklai kalau sudah menunda sekali terus menjadi kebiasaan, lama-lama tertinggal dan tambah malas. 

5. Teman Belajar yang Baik

Lingkungan atau teman belajar sangat berpengaruh dalam pembelajaran. Walau bukan sumber motivasi utama yang kuat. Tapi dengan adanya teman belajar yang baik dan menyenangkan biasanya akan menambah semangat dalam belajar.

6. Do'a

Saya tulis di akhir tapi inilah poin utamnya. Berdo'a dan selalu melibatkan Allah SWT dalam proses belajar. Memohon pertolongan dan bimbinganNya supaya bisa istiqomah belajar. Berdoa supaya ilmu yang dipelajari bermanfaat dan memberi keberkahan.

Keutamaan Menuntut Ilmu

Ternyata obrolannya sudah panjang ya kawans.. Kewajiban menuntut ilmu tidak hanya berlaku pada muslim tapi muslimah juga. Iya, dan keutamaan menuntut ilmu juga berlaku bagi keduanya. Beberapa keutamaan menuntut ilmu adalah :

1. Meningkatkan kemuliaan diri

Dalam QS Al-Mujadilah ayat 11 Allah SWT berfirman, "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Pegangan bagi saya bahwa seorang muslim wajib menuntut ilmu, terutama terkait ilmu yg menjadi dasar laku hidup yg sedang dijalani. Nah, ketika sekarang peran utamanya sebagai ibu dan istri, maka mengilmuinya adalah yang utama.

2. Mudah melangkah ke surga

Siapa sih yang tidak mau dimudahkan dalam melangkah ke surga? hehe.
"Siapapun (muslim) yg menempuh jalan demi meraih satu pengetahuan maka Allah mudahkan baginya jalan menuju surga" (HR. Muslim)

3. Mendapat pahala berlimpah hingga ke alam barzah.

"Bila seoramg manusia wafat maka terputuslah amalnya kevuali 3 hal (yg pahalanya tetap mengalir), yaitu shidaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat serta anak sholeh yang terus berdo'a untuknya (HR Muslim).

Nah itulah kawans, beberapa keutamaan menuntut ilmu dari yang saya ketahui. Kawans boleh banget menambahkan di kolom komentar keutamaan menuntut ilmu yang diketahui.

Walau kondisi sekarang sedang banyak dibatasi, semoga tidak menyurutkan langkah dalam menuntut ilmu. Iya, sekarang Alhamdulillah kita dimudahkan belajar dengan adanya teknologi. Walau tetap di rumah saja, kita bisa belajar melalui layar smartphone. 

Wah, jadi ingat teman bloggerku kawans, Ibu di balik gawai. Seorang Ibu cerdas yang mampu memanfaatkan gawai untuk meningkatkan kemuliaan dirinya. Masha Allah.. Rekomen banget untuk berkunjung ke blognya.

Related Posts

12 komentar

  1. Selamaat 10 tahun.. Barakallah mbak Zulmi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbaak..
      Aamiin
      Barakallahu fiik🤗

      Hapus
  2. Semoga dengan semakin besarnya anak2 aku juga bisa meluangkan waktu untuk menuntut ilmu meski selangkah demi selangkah. Aamiiin.

    BalasHapus
  3. Mbak Zulmi.... Saya suka tulisannya. Inspiratif banget.
    Menuntut ilmu itu wajib bagi semua muslim dan muslimah. Di zaman yang serba global ini, banyak caranya, termasuk ikut kelas daring... MAkasih ya mbak

    BalasHapus
  4. Masyaa Allah,, ternyata sebagai ibu sudah 10tahun lamanya ya mba zulmi.. Gak nyangka nih, hihii.. Semoga diberi kesehatan buat keluarga ya mba^^. Semangat mencari ilmu juga :D.

    BalasHapus
  5. Masha allah, saya senang mampir di blognya mbak zulmi. Bikin adem karena kntennya mengingatkan dg peran ibu yang harus terus belajar meski usia terus bertambah. Barakallah ya mba, wis 10 tahun jadi ibu

    BalasHapus
  6. alhamdulillah kita berada di zaman digital ya mb, semua serba mudah. tidak perlu safar jauh, cukup duduk di rumah dengan mengoneksikan internet kita sudah bisa ikut dalam satu majelis.

    BalasHapus
  7. masya Allah suka sekali sama quote ibu pembelajar maka anak terpelajar .. wah ini quote jleb deh

    BalasHapus
  8. Ah setuju banget mba.. dan biasanya genetik kecerdasan anak itu lebih banyak dari Ibunya. Thats why Ibu yang suka belajar, anaknya ikut suka belajar juga biasanya, tingkat ingin tahunya lebih tinggi. Dan aku kagum ternyata dirimu dah 10 th jadi Ibu, aku baru 5,5 th setengahnya ya. Sungkem dulu wkwkwkwk ^^

    BalasHapus
  9. Never stop learning lah pokoknya ya Mba, apalagi sbg seorang Ibu..
    Harus terus update ilmu agar bsa menjadi pengajar terbaik utk anak2nya ya

    BalasHapus
  10. Masya Allah senang dengan artikel-artikel nya mb Zulmi yang adem, memberi siraman ilmu bagi apra orang tua untuk lebih aware pada anak.

    BalasHapus
  11. Poin pentingnya adalah seorang ibu harus selalu mengupgrade ilmu untuk digunakan untuk mendidik anak-anak . Apalagi di zaman sekarang ini penting banget menjadi ibu pembelajar.

    BalasHapus

Posting Komentar