header www.zulmiati.com

Blogspedia Coaching, Kelas Belajar dan Bertumbuh Bagi Blogger Pemula

7 komentar
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Adakah yang bertanya-tanya bagaimana seorang zulmi bisa mempunyai blog seperti sekarang? Jawabannya adalah dari proses belajar dan bertumbuh di Blogspedia Coaching #2, tentunya atas izin Allah SWT. Dan tahukah kawans kelas belajar ini GRATIS, beneran,,,Masya Allah ya

Blogspedia, Tongkrongan Blogger Cupu

Disinilah selama tiga bulan ini aku belajar tentang Ngeblog. Alhamdulillahi bini'matihi tatimmush sholihaat, syukur yang tak terkira atas segala nikmat yang Allah karuniakan hingga aku bisa belajar di blogspedia coaching #2 ini.
Blodspedia coaching #2

Darimana Tahu Blogspedia Coaching?

Pertama mengetahui tentang blogspedia coaching melalui status wa mba Nisa. Mba Nisa ini teman belajar di kelas Bunda Sayang Ibu Profesional. Tahun 2020 tapi tepatnya bulan apa aku lupa. Aku tanya-tanya mengenai kelas ngeblog yang sedang diikutinya itu. Dan ternyata kelas ini digawangi mba Marita, Fasil Bunda Sayang kami, Masya Allah. Pas aku tanya kapan bukanya lagi mba?. Mba Nisa menjawab bahwa kemungkinan habis lebaran, pantengin saja status wa nya mb Marita, begitu jawabnya.

Dan aku lakukan dong ya, mantengin status wa mba Marita yang penuh info bermanfaat,hehe. Bulan Februari kalau ga salah mba Marita sudah spoiler tentang kelas ini. Hingga akhirnya bulan Mei, aku melihat status wa mba Marita tentang kelas pembukaan blogspedia coaching #2. Dan besoknya adalah hari terakhir pendaftaran.

Dengan mengumpulkan niat dan membaca Bismillah, kuberanikan diri mendaftar kelas ini. Saat mengisi form pendaftaran sempat sedikit ragu, aku bisa ga ya? Karena di form sudah dijelaskan mengenai alur pembelajaran yang marathon (tiap minggu 2 materi dan 2 tugas selama 3 bulan) dan konsekuensi tendangan maut. Wkwkw. Walaupun ini kelas grastis, tapi ga boleh main-main. Di awal form pendaftaran sudah diminta komitmennya. Mba Marita menyampaikan kelas ini gratis, syaratnya hanya mau berkomitmen belajar.

Ada satu lagi kendalaku saat mau mendaftar, aku tidak mempunyai akun twitter,wkwk.(Pliss jangan di bully). Jujur aku beneran tidak tertarik dengan medsos twitter, jadi aku tidak pernah menyentuhnya. Jadilah malam-malam membuat akun twitter demi bisa mendaftar kelas blogspedia ini.

Aku tidak berharap banyak karena tahu diri dengan blog-ku. Hingga akhirnya aku menerima kabar baik melihat namaku ada dalam pengumuman kelulusan peserta kelas blogspedia coaching #2 di akun IG blogspedia. Dan mendapat wa dari mb Marita untuk masuk grup wa dan GC. Yeay..Alhamdulillah

Kisah Perjalanan Belajar di Blogspedia Coaching #2

Masya Allah, baru awal kelas aku hampir menyerah saat qadarullah suami terkena covid 19. Masih materi awal banget saat itu, saat tugas menulis biografi salah satu teman di kelas. AKu ga mau teman pasangan menulisku ga lolos gara-gara aku. Jadilah aku tetap mengusahakan mengerjakan semampuku. Walau mba Marita wa memberikan dispensasi. Tapi aku berusaha hingga titik maksimalku,hehe. Alhamdulillah bisa menyelesaikan tepat waktu.

Hingga materi dan tugas selanjutnya aku berusaha mengerjakan semampuku. Aku sudah berkomitmen untuk belajar sampai akhir. Aku sudah bisa melewati tantangan yang ada, maka aku percaya dengan bimbingan dan ijin Allah SWT aku pasti bisa melewatinya.

Dan disinilah aku mengenal jam cinderella.wkwk. Walau di awal materi kami sudah disuruh menuliskan Strong Why Ngeblog dan Manajemen Waktu. Nyatanya dengan kesibukan membersamai anak dan kegiatan lainnya sering menyita waktuku. Realisasinya sering menyelesaikan tugas mepet mendekati deadline jam 12 malam. Dan ternyata aku tidak sendiri, wkwk.

Aku si blogger cupu yang hanya mengetahui nulis lalu publish. 

SEO saja aku tak tahu,wkwk. Disinilah aku belajar banyak hal. Dulu isi blog hanya catatan belajar di Ibu Profesional, yang sekali posting hanya berisi 1 sampai 2 paragraf, sekarang aku bisa menulis minimal 800 kata. Masya Allah, bahagia banget.

Milestone Belajarku di Blogspedia Coaching #2

Tahukah kawans, yang dipelajari di blogspedia coaching ini super komplit.
 Kelas GRASTIS, tapi isinya daging semua. Jika dikomersilkan, kelas ini bisa berharga jutaan menurutku.
Blogspedia
Di awal kami sudah diberi kontrak belajar dan timeline tentang materi dan tugas di blogsepdia coaching ini. Terlihat kan ya kawans, bahwa konsep belajarnya terstruktur dan terukur sekali.
Materinya sangat lengkap, belajar dari titik nol blogger hingga menjadi blogger profesional, bahkan bisa menghasilan cuan.

Kawan Seperjalanan

Masya Allah di kelas belajar ini aku menemukan circel pertemanan baru yang isinya orang-orang hebat. Dari dokter, guru, ilustrator, pakar parenting, ustadzah dan masih banyak banget kehebatan-kehebatan mereka. Awalnya aku sering tertukar mengingat mereka, karena passionnya hampir mirip-mirip terutama para emak-emak muda nya,hehe
Lalu aku mencoba mengkategorikan mereka menjadi 4 :

1. Kaum minoritas, isinya 4 Bapak-bapak hebat, ada dokter anak, guru, reporter, peternak blogger dan pakar parenting. Aku tuh baru kali ini se grup belajar dengan Bapak-bapak. Dan Masya Allah mereka hebat-hebat.

2. Kaum Ibu-Ibu Muda. Inilah anggita terbanyak di kelas blogspedia coaching ini. Ibu-ibu muda dengan segala kerempongannya tapi masih jadi pembelajar hebat disini. Dari Ibu muda beranak satu hingga beranak lima, ada Ibu hamil, Ibu menyusui. Masya Allah. Dan mereka ini ternyata orang-orang hebat yang sudah menelurkan beberapa buku antologi sampai karya sendiri. Beberapa juga sudah menjadi bloger profesional. Mereka biasa menjadi narasumber di beberapa kegiatan juga. Wuih..aku cuma bisa geleng-gelang kepala,wkwk

3. Kaum Anak Muda. Ini juga tak kalah keren, dimana sebagian anak muda menghabiskan waktu untuk kongkow. Ini anak-anak muda berprestasi sudah menebar manfaat melalui tulisan. Masya Allah.

4. Bunda kami. Ini spesial bunda kami, Bunda Dina. Usianya sudah masuk separuh baya, tapi semangatnya anak muda. Masya Allah. Malu rasanya kalau aku mau nglokro.wkwk. Bunda ini aktivitas dan prestasinya banyak banget, masih produktif di usia paruh bayanya.

Kesamaan teman seperguruan dan sepergurauan adalah mereka semua pembelajar yang hebat, tidak sombong, ramah, mudah membantu dan menolong. 
Iya, jika ada teman yang kurang paham atas materi atau tugas, mereka dengan ringan tangan membantu. Disini kami saling menyemangati dan aku merasa seperti menemukan keluarga baru. Alhamdulillah, aku merasa sangat beruntung mengenal dan berada menjadi teman belajar mereka. Semoga saja ketularan hebatnya. Aamiin

Mengenal Coach Marita Ningtyas

Marita Ningtyas


Pertama kali mengenalnya saat kelas Bunda Sayang Ibu Profesional. Mba Marita ini fasilku di kelas tsb. Kelas yang digawangi mba Marita selalu rame dan hidup. Pas jadi fasil, mba Marita ini humble terhadap semua tapi tegas tentang kedisiplinan. Yang paling kuingat adalah saat ada pertanyaan dari peserta, mba marita selalu mengeluarkan link tulisan blog nya. Sudah kayak kantong doraemon, segala rupa ada,wkwkw

Aku juga pernah bertemu sekali dengannya di Seminar yang diadakan Ibu Profesional Semarang. Entah mba Marita ingat apa ga?wkwk.

Nah sebagai coach di kelas ini, pembawaan humble dan tegasnya ternyata sama. Coach itu kalau menjelaskan materi sangat detail dan lengkap. Meskipun begitu blogger cupu macam aku seringkali masih kurang paham. Seringkali masih menanyakan yang sudah dijelaskan,wkwk Tetapi coach merespon recehan pertanyaan kami dengan sabar dan telaten, masya Allah. Kalau pertanyaannya sudah sangat berulang maka baru disuruh up sendiri,wkwk. Dan disini peran kawan seperjuangan suka membantu up jawaban,wkwk.

Dengan kesibukkannya sebagai ibu dua orang anak, istri dan blogger, mba Marita masih menyempatkan waktu dan tenaga berbagi ilmu untuk kami..

Oiya di grup juga ada pasangan halalnya mba Marita, yaitu pak Martin. Masya Allah couple pasangan yang sangat mudah berbagi ilmu. Pas saya curhat tentang kelemotan laptop, dijelaskan dan dijawab dengan komplit sama beliau berdua, masya Allah.
Surat untuk coach marita

Terima kasih banyak coach Marita dan coach Martin untuk ilmu, tenaga dan waktu yang sudah diluangkan untuk membimbing aku. Semoga Allah membalas segala kebaikan berlibat untuk Mba Marita sekeluarga. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan dan keridhoanNya bagi Mba Marita sekeluarga. Semoga blogspedia semakin sukses dan mendunia. 

Sekian kawans curcolanku, semoga ada hal bermanfaat yang bisa diambil. Doain setelah lulus kels blogspedia coaching #2 ini masih istiqomah menulis dan menebar kebermanfaatan.Aamiin

Related Posts

7 komentar

  1. aaaaaaa! suka banget sama tulisan mb Zulmi.
    semangat terus ya mb, bloggingnya. kita meroket bersama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin,,,Bismillah ya mbak,, jewer aku kalo mulai loyo ya mbaak,hehe

      Hapus
  2. Bersyukur mbak zulmi udah pernah ketemu... Saya juga berharap suatu saat bisa ketemu sama mbak Marita...
    Sukses buat mbak Zulmi, semoga bisa terus berteman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, alhamdulillah banget,,, Aamiin,,,sukses juga buat pak Hamdan, Insya Allah tetep jaga silaturahmi pak,hehe

      Hapus
  3. Variatif banget ya peserta Blogspedia Coaching #2 ini dari berbagai kalangan, keren euy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,,iya coach,,keren2 semuaa,,,masya Allah

      Hapus
  4. Keren ya mba, kita bisa sampai di titik ini..
    Semua ilmu yg kita dapat adalah amal jariyah buat coach kita :D

    BalasHapus

Posting Komentar