header www.zulmiati.com

Manfaat Content Plan Bagi Blogger Pemula

21 komentar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

“A goal without a plan is just a wish, Antonie de Saint-Exupery”
Sebuah tujuan tanpa perencanaan hanyalah sebuah harapan, begitulah kira-kira arti quotes di atas kawans,, Tujuan / target akan mudah tercapai kalau kita membuat perencanaan yang baik. Nah begitupun menjadi seorang blogger kawans. Untuk menjaga semangat dan konsistensi menulis dibutuhkan plan yang baik, salah satunya content plan. Kenapa? Bagi sebuah blog “Content is the King”. Terutama bagi blogger pemula macam aku ini kawans,, Yang masih sering bingung mau nulis apa?hehe Nah apa saja sih manfaat content plan bagi blogger pemula ?

Manfaat content plan bagi blogger pemula

Manfaat Membuat Content Plan

1. Membantu Konsisten dan Teratur dalam Menulis

Tadi sudah dibahas kan ya kawans, bahwa dalam sebuah blog yang terpenting adalah konten atau tulisan itu sendiri. Kualitas blog sangat ditentukan dari konten tulisannya. Konten yang menarik akan membuat pengunjung tertarik,eaa. Semakin banyak yang membaca tulisan dalam blog kita, maka manfaat tulisan bisa maksimal.

Sudah belajar menata template bagus, tapi kalau jarang disii tulisan, blognya akan menjadi sarang laba-laba dong. Makanya penting banget untuk menjaga konsistensi menulis, salah satunya dengan membuat content plan ini. Membuat perencanaan tema tulisan apa saja yang akan ditulis. Perencanaannya bisa dibuat per minggu, per bulan bahkan per tahun, juga bisa kawans, tergantung dengan kondisi masing-masing ya kawans.

Bisa juga ditambahkan dengan membuat jadwal posting blog. Ini akan membantu kita lebih teratur dalam update blog; apakah 1 hari 1 post, 3x per week, dsb. Sekali lagi sesuai kemampuan masing-masing ya kawans..

2. Menambah Semangat Menulis

Seringkali kita terpicu semangatnya karena mempunyai target atau tujuan kan kawans? Bagiku sih iya kawans, aku seringkali terpacu semangatnya kalau mempunyai target atau goals yang ingin aku capai. Dengan membuat content plan kita bisa mempunyai target yang ingin dicapai sehingga bisa memacu semangat menulis.

Hal bermanfaat apa yang akan kita bagikan kepada pembaca blog kita hari ini? Sharing is caring, dan aku bahagia jika bisa berbagi hal yang bermanfaat.

3. Mencegah Kehabisan Ide

Blogger pemula macam aku ini seringkali buntu ide,hiks. Bingung mau menulis apa? Sering disebut writer block yaitu kondisi ketika penulis atau blogger kebingungan mengenai topik tulisan yang akan dibahas. Content plan ini bisa mencegah hal tsb kawans. Dalam content plan kita sudah membuat perencanaan mengenai tema tulisan. Ketika akan membuat tulisan kita tinggal mengembangkan ide-ide dari tema di content plan.

4. Menghemat Waktu

Seringkali memikirkan apa yang ingin ditulis itu lebih lama daripada waktu menulisnya, bener ga kawans? Dengan membuat content plan kita sudah punya daftar tulisan seminggu, sebulan atau bahkan setahun yeay..

Saat yang lain masih bingung mau nulis apa? Kita sudah eksekusi,wkwk. Kita tinggal melihat content plan dan mengembangkannya menjadi tulisan. Baiknya lgi jika kita sudah mempunyai outline tulisan. Wah, menambah lancar jaya dalam menulis, alhasil hemat waktu deh.

5. Meratakan Label

Sebuah blog biasanya terdapat beberapa label. Namun, terkadang isinya tidak sama banyak. Labelku pun begitu..huhuhu. Penulis mempunyai kecenderungan mengisi label tertentu saja. Content Plan membantu mempermudah meratakan porsi label dalam blog kawans. Harapannya setiap label berisi tulisan yang seimbang. Tema tulisan menjadi lebih bervariasi dan membuat pembaca tidak merasa bosan berkunjung ke blog kita.

6. Mempermudah pencarian postingan

Blogger pemula seperti aku yang tulisannya masih sedikit saja kesulitan mengingat apa saja yang sudah pernah ditulis dalam blog. Apalagi blogger professional yang tulisannya ratusan lebih ya? Nah content plan ini membantu mengarsipkan artikel yang sudah dibuat. Caranya dengan mengarsipkan link artikel yang sudah diterbitkan di content plan.

Cara tsb memudahkan dalam pencarian tulisan lama. Hal ini memudahkan kita juga dalam mencari tulisan yang relate dan bisa dimasukkan dalam back link artikel kita.

7. Membantu Mencapai dan Mengevaluasi Target

Dalam content plan kita sudah menuliskan target yang ingin dicapai kan ya kawans,, Nah ini bisa mengingatkan kita akan target yang ingin dicapai serta bisa mengevaluasi apakah target kita tercapai atau tidak. Sehingga kita bisa melakukan evaluasi untuk pengembangan blog ke depannya..
manfaat content plan

Weekly Content Plan

Setelah mengetahui betapa banyak manfaat content plan bagi blogger pemula seperti aku. Semangatku membara dong ya untuk mengaplikasikannya. Apalagi aku ini tipe planner kawans, yang bahagia jika pagi hari sudah menuliskan target atau kerjaan yang akan dilakukan,wkwk. Walau plannya tidak selalu terealisasi semua, tapi menuliskan plan itu mengurai isi otakku dan membuatku happy. Kalau ga aku tulis seringkali muter-muter terus di otakku, dan aku malah lupa apa yang harus aku lakukan,wkwk. Adakah yang sama kawans?

Maka aku mencoba membuat content plan ku sepekan dimulai tanggal 30 Agustus 2021 - 4 September 2021. Sebelum membuat content plan aku menilik lagi labelku, ternyata masih ada yang kosong, maka mencoba mengisi label yang kosong.

Day 1, Label : Healthy Life, KW : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Day 2, Label : Healthy Life, KW : Cara Mencegah DBD
Day 3, Label : Healthy Life, KW : Demam pada Anak
Day 4, Label : Healthy Life, KW : Serba serbi Bayi Baru Lahir
Day 5, Label : Marriage, KW : Long Distance Marriage
Day 6, Label : Catatan Berhikmah, KW : Blogspedia Coaching
Weekly content plan

Doain ya kawans, semoga terealisasi dengan baik planku ini. Semoga Allah meridhoi.

Membuat Goal Tahun 2022

Setelah membuat content plan mingguan. Aku termotivasi juga untuk membuat golas tahunan. Harapannya blog ku ini bisa menghadirkan tulisan yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembacanya. Bermimpi boleh kan ya kawans? Hehe. Impiannya dibuat target nyata biar terealisasi. Jadi ingat pas zaman kuliah aku memuliskan 100 impian di buku. Dan alhamdulillah banyak banget yang terealisasi. Seneng banget pas coret impian yang terealisasi.

Sebagai blogger pemula yang masih cupu, targetku ga muluk-muluk kawans. Aku belum berani menargetkan DA, PV dan kawan-kawannya,wkwkwk. Aku membuat goals sesuai ukuran bajuku, eh sesuai kemampuanku maksudnya,hehe

Aku masih mau berlatih konten dan konsisten..eaa.. Nah, ini goals terkait blogku tahun 2022 :

goals blogging
  1. Membuat content plan bulanan dan mingguan
  2. Membuat dan upload tulisan minimal 2x dalam seminggu dengan menerapkan kaidah SEO
  3. Blogwalking minimal 1x dalam seminggu
  4. Mengikuti Komunitas Blogger, supaya motivasi menulisnya terjaga dan menambah jaringan pertemanan
  5. Mengikuti kelas blogger lanjutan, semoga ilmu tentang blog bisa semakin bertambah
  6. Mengikuti lomba menulis blog. Challenging kan ya kalau ikut kompetisi itu. Semoga bisa menambah pengalaman dan ilmu blogging.
Perencanaan adalah setengah kesuksesan,,ea.. Ketika sudah membuat rencana setidaknya separuh kesuksesan sudah kita capai. Separuhnya lagi gimana? Kuatkan komitmen, tekad dan ikhtiar untuk menjalankan rencana dengan sebaik-baiknya. Kalau plan tidak terealisai bagaimana? Kuasa kita sebagai manusia kan ikhtiar ya kawans.. Dan Allah juga menilai sesuatu dari ikhtiarnya. Untuk hasil kuasa Allah SWT..hehe betul ga kawans?
Nah sekian sharing mengenai manfaat content plan bagi blogger pemula. Dan curcolan content plan serta goalsku. Semoga Allah meridhoi. Aamiin.

Related Posts

21 komentar

  1. Blog plan satu pekan kedepannya layak ditunggu... Mantep

    BalasHapus
  2. Mba Zulmi suka nulis dream book juga ya?? Wah sama donk.. Akupun juga, alhamdulillah kl ditulis kadi banyak yang terwujud ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Yun..wah selain beranak 3 ada hal samaan lagi kita...hehe
      Mom inspirasiku...

      Hapus
  3. Mom, aku tertarik banget sama weekly plannya, terlebih bagian LDM, :') semangat ya Mom Zulmi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih adeeek...hehe
      Tunggu ya curcolanku😂

      Hapus
  4. Waah ditunggu artikel² berikutnya ya mba, tema tulisannya menarik soalnya

    BalasHapus
  5. nah ada yang mencuri perhatian nih... long distance marriage. gak sabar Bunda kepengen baca 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya bun..pingin curcol aku ttg LDM...udah 10 tahunan...

      Hapus
  6. Wah seminggu ke depan bakal seru nih, terutama tentang LDM, soalnya aku juga alumni wkwk
    Semoga semua goal tahun depan tercapai ya. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin makasih mama razin...
      Semangaat kitaa

      Hapus
  7. Aku penipsirin sama long distance marriage wkwkwk ditunggu ya mba artikelnya

    BalasHapus
  8. Aplikatif mbak detail pula..

    Jadi inget jaman di awal pasang domain rasane , "blognya dah kece pakai. Com lah kok isinya bikin meringis"

    Faedah banget bisa mampir ke blog mbak zulmy

    BalasHapus
  9. wah, menulis impian ya mb.. jd pengen nulis juga. bisa jd buat motivasi mencapai target ya mb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu uh mbak.pengingat..dan bisa sbg bahan evaluasi...hehe

      Hapus
  10. Masya Allah plan dan ke nya dah jelas, bisa untuk belajar nih. Semangat selalu mb

    BalasHapus
  11. Wah mbak, baru tahu saya manfaat pembuatan plan dalam ngeblog.
    karena selama ini saya ngeblog pas dapat ide sepintas langsung catat. jadi kesaannya kayak nggak ada goal sama sekali.

    Kalau saya biasanya yg pnting konsisten nulis, hehehe ...

    BalasHapus

Posting Komentar