header www.zulmiati.com

Alasan Ngeblog dan Tips Manajemen Waktu

19 komentar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Setiap akan melakukan sesuatu kita pasti punya alasan. Bahkan dalam melakukan hal yang sama setiap orang terkadang memiliki alasan yang berbeda. Alasan yang kuat akan membuat kita mampu bertahan dengan segala tantangan yang datang. Dan menentukan Strong Why melakukan sesuatu itu penting banget. Makanya ini yang dibahas di materi awal Blogspedia Coaching for Newbie batch#2. Ini membuat saya langsung merenung, menelisik dalam diri apa ya Alasan Ngeblog ku ?

Mengingat lagi alasan dulu kenapa membuat blog? Dulu membuat blog karena ingin membuat rekam jejak belajar di Ibu Profesional. Namun, dalam perjalanannya saya tidak bisa konsisten dengan dalih belum bisa manajemen waktu dengan baik. Nah kan, makanya judul tulisan alasan ngeblog dipersandingkan dengan tips manajemen waktu,hehe.

Nah, jadi ingat salah satu hadist tentang NIAT. 

“Sesungguhnya setiap perbuatan bergantung pada Niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan…dst”.

hadist tentang niat


 Hadist pertama dalam hadist arba’in ini merupakan pengingat saya dalam melakukan hal apapun untuk meluruskan Niat. Sama halnya saat memulai belajar ngeblog di blogspedia ini, memulai dengan meluruskan niat untuk mengharap ridho Allah SWT. Dengan Niat yang benar semoga mendapat keberkahan ilmu dunia akhirat. Lalu apa alasan memilih ngeblog?

Alasan Ngeblog


1. Mengikat Ilmu

Dari 'Abdullah bin 'Amr dan Anas bin Malik radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah SAW bersabda : 

"Jagalah Ilmu dengan menulis" 

Dengan mencatat atau menarasikan kembali, akan menguatkan pemahaman kita, sehingga membantu kita mengikat ilmu. Saya sangat suka belajar, namun saya kurang rapi dalam hal catat mencatat. Tulisan pena saya yang kurang bagus membuat saya malas mencatat dan membaca kembali catatan di buku,hehe. Catatan di buku  juga menjadi salah satu clutter di rumah. 

Harapan saya dengan ngeblog ini bisa menjadi media saya mencatat dalam rekam jejak belajar saya. Sarana saya dalam mengikat ilmu, menuliskan hasil belajar saya disini. Catatan di blog juga lebih terdokumentasi dengan rapi, lebih mudah dalam pencarian ketika membutuhkan dan lebih mudah juga saat ingin berbagi catatan dengan orang lain.

2. Berbagi Manfaat

Blog atau website termasuk salah satu media yang sering orang akses ketika mencari informasi. Semoga narasi rekam belajar yang saya publish di blog ini bisa menjadi
sumber informasi, inspirasi dan bermanfaat bagi yang membacanya.

3. Rekam Jejak

 
"Warisan terbaik adalah ilmu yang bermanfaat"

Semoga tulisan saya di blog ini bisa menjadi rekam jejak perjalanan peran diri di dunia ini. Blog ini semoga bisa menjadi salah satu kenangan yang bermanfaat.

4. Menyalurkan hobi

Sejak kecil saya menyukai membaca buku dan menulis diary. Saat kuliah mulai tertarik dalam dunia tulis menulis yang lebih luas, saya mengikuti Lembaga Pers Mahasiswa di Fakultas. Alhamdulillah sampai 3 tahun di Lembaga Pers Mahasiswa Publica Health, tahun pertama menjadi staf bulletin, tahun kedua menjadi redaksi pelaksana buletin, dan tahun ketiga menjadi Pimpinan Umum LPM. Banyak ilmu yang saya dapat saat berkecimpung disana. Namun, sejak lulus, berumah tangga dan bekerja sebagi ASN, terlupakanlah dunia tulis menulis,,hehe.

Semoga dengan mulai belajar ngeblog ini membangkitkan gairah menulis saya, sehingga bisa menebar manfaat lebih luas.

5. Self Healing

Menulis merupakan salah satu media self healing yang saya lakukan. Menuliskan segala hal yang terus berkecamuk dan berputar di otak membuat saya lebih lega. Dan ketika sudah saya keluarkan, lau saya membaca tulisan saya kembali, membuat saya lebih bijak dalam memberikan  respon. 

6. Mudah

Salah satu alasan kenapa milih blogging adalah karena mudah. Mudah dalam pembuatannya, mudah dalam pencarian, dan mudah untuk dibagikan. Mudah dalam memberikan informasi yang panjang, tidak terpotong seperti di media sosial lainnya.

 

Tips Manajemen Waktu

    Salah satu kendala saya dulu tidak konsisten ngeblog karena manajemen waktu yang kurang baik. Karena menulis di blog membutuhkan waktu khusus agar bisa fokus, sehingga diperlukan manajemen waktu yang baik.

 Jadi ingat hasil belajar tentang Manajemen Waktu-Manajemen Tugas di Kelas Gemarrapi Madya bersama Ummu Balqis, bahwa makna

"Produktif bagi seorang muslim adalah bagaimana ketuntasan amanah karena Allah SWT:
Ridho Allah SWT tujuan utama produktivitas. Memahami bahwa detik demi detik dicatat dan akan dimintai pertanggung jawaban kelak di Yaumul Akhir. 

Produktif sangat berbeda dengan sibuk.

Produktif : FOKUS pada Tujuan besar hidup, Memiliki Prioritas yang baik, Berfikir sebelum bertindak, dan hidup berimbang.

Sedangkan Sibuk : Sekedar menyelesaikan tugas, Semua dikerjakan tanpa pilih, Yang penting aksi tanpa pikir, Bekerja sepanjang waktu.

Untuk memulai manajemen waktu yang baik, maka perlu kita telisik peran diri di dunia ini, sebagai seorang hamba, individu, istri, ibu, anak, dan warga masyarakat. 

Setelah kita mengetahui peran diri, maka kita bisa membuat list ragam kegiatan dari peran diri tersebut. Lalu masukkan ragam kegiatan dalam kuadran prioritas. Setiap harinya pasti ada peran yang penting dan mendesak untuk dilakukan. Maka itu yang dikerjakan lebih dahulu. Memastikan diri bahwa dalam membuat prioritas adalah keridhoan Allah SWT. 

Tips Manajemen Waktu
Kuadran Prioritas (sumber : yohanesraymond.com)


Selama ini yang saya praktekkan dalam manajemen waktu adalah mencatat semua kegiatan atau agenda saya di planner. Agenda kegiatan tahunan, bulanan, mingguan dan harian, ini sangat memudahkan saya dalam membuat skala prioritas.

Kandang waktu juga sangat penting dalam praktek kegiatan harian agar tidak terjebak pada lupa waktu. Seringkali keasyikan dengan kegiatan yang disukai membuat lupa waktu, seperti otak-atik blog,hehe . 

Keseimbangan dalam hidup perlu diikhtiarkan semaksimal yang kita bisa, kita tidak boleh dzolim, baik dengan diri, Tuhan maupun orang lain.

Pilihan waktu saya dalam ngeblog ini adalah saat tenang, yaitu ketika malam hari atau dini hari. Saat semua sudah istirahat jadi bisa fokus. 

Namun, jika tugasnya mendesak dan harus segera, biasanya saya komunikasikan ke suami atau anak-anak, bahwa saya minta waktu untuk mengerjakan tugas, jangan diganggu dulu. Alhamdulillah selama ini mereka memahaminya.

Tulisan "Alasan Ngeblog dan Tips Manajemen Waktu" catatan pengingat diri agar tidak lalai dan bisa istiqomah dalam blogging. Semoga bermanfaat.


Referensi :

https://rumaysho.com/13457-beliau-pun-menyimak-dan-mencatat-ikatlah-ilmu-dengan-menulis.html

 


Related Posts

19 komentar

  1. Duh terjewer banget aku dengan kata produktif berbeda dengan sibuk... jadi bertanya2, aku selama ini benean produktif apa hanya sekadar sibuk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah mb Marita produktif banget mba,,, Menghandle beberapa blog yang sarat ilmu dan manfaat. Masih meluangkan waktu ngajarin cupu'ers macam aku dengan sabar,telaten dan disiplin... Semoga tercatat sebagai amal jariyahnya mb Marita, dan dapat balasan dari Allah dengan kebaikan berlipat...

      Hapus
  2. Masya Allah, Kak, postingannya singkat, padat, daging banget :"D.
    Baca sampai akhir kayak ga kerasa, tau-tau udah selesai aja narasinya.
    Terlebih poin "Jagalah ilmu dengan menulis" yang jadi landasan berasa kayak ditabok, saya :'D.
    Kayak kemana aja saya idup kok nggak pernah nulis dan berbagi,hiks.
    Terima kasih ya, Kak.
    Melalui ulasan ini banyak sekali poin-poin berbintang yang saya catat sebagai pengingat diri.
    Semoga dimudahkan dalam membuat tulisan-tulisan lain ya, Kak. :D

    BalasHapus
  3. Masya Allah, tulisan yang menguatkan utnuk bisa konsisten menulis. Sungguh luar biasa, ada nilai,-nilai syiar yang disampaikan, dengan menulis kita akan semakin paham pada suatu ilmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak, semoga bisa konsisten nulis dan berbagi manfaat pak

      Hapus
  4. Yes setuju banget klo produktif dan sibuk itu 2 hal yang berbeda. Banyak orang yang menyamakan kedua statement itu, sibuk itu manin hajar aja ga ada skala prioritas tapi klo produktif itu kita ada prioritas. Selan itu klo produktif menurutku kita bakal lebih mudah untuk have fun dan menikmati prosesnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah iya have fun dan menikmati prosesnya bukan hanya fokus pada hasil,,
      makasih remindernya kakak...(kupanggil kakak biar aku tetep keliatan muda ya),,hehe

      Hapus
  5. Setuju, mengikat ilmu dengan tulisan,karena satu peluru hanya bisa menembus satu kepala, tapi satu tulisan bisa menembus ribuan bahkan jutaan kepala. Semangat ngeblog mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih semangatnya mb, moga bisa konsisten ngeblog kayak mb,,

      Hapus
  6. Aku pun tergugah utk menulis jga karena hadits tsb Mba..
    Btw suka ma tagline dan header blognya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya sama ya mbak,

      Makasih mba, cari ide buat header dan tagline nya sampai ga bisa tidur mbak,,,hehe

      Moga beneran bisa istiqomah sesuai tagline nya..

      Hapus
  7. Aku suka bgt nulis sejak SD. Self healing bgt rasanyam dan memang bener makin dewasa makin berasa bahwa dengan menulis kita bisa mengikat ilmu, saat dishare dalam artikel blog kita bisa menebar manfaat. Keren mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, Aamiin mb moga kita bisa menebar kebermanfaat ya mbaak,,

      Hapus
  8. Wah aku juga pakai kuadran itu hehehe.. emanglah pokoknya harus bisa menajemen waktu syaratnya. Apalagi dg bejibun amanh saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeye,,samaan,,hehe
      hu uh kudu kelola waktu dengan bijak ya mb

      Hapus
  9. Duh, antara produktif dan sibuk ini saat baca langsung jleb bener nih :D Semoga kesibukannku berproduktif juga.. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya robbal'alamin,,Insya Allah mb semoga kita menjadi manusia yang produktif,,hehe

      Hapus
  10. hua diingetin lagi nih tentang skala prioritas, bener kalo nyusunnya ga tepat bis kaco balo agenda agenda kita, hehe . semangat konsisten buat kita semua ya semoga cara cara mengatur waktu ini bisa kita terapin biar lolos sampe akhir, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin ya robbal'alamin, moga lulus sampai akhir dan konsisten nulis di blog ya mbak,,hehe

      Hapus

Posting Komentar