header www.zulmiati.com

Aliran Rasa Komunikasi Produktif

1 komentar
Bismillah... menuliskan aliran rasa tentang Tantangan 10 hari komunikasi produktif😍.
Komunikasi produktif ini menjadi PR banget bagi saya, dan saat matrikulasi di IIP, ini menjadi KM 1 yang ingin saya capai.
Dan Kelas Bunda Sayang ini serasa OASE bagi saya, ah akhirnya ada yang menuntun dan menargetkan bareng-bareng. Walaupun dari dulu sudah menonton dan membaca materi Komunikasi Produktif tapi untuk prakteknya masih sangat banyak kendala. Di kuliah BunSay ini pas banget, dapet materi terus langsung praktek. Dan merinding banget dengan pesan bu Septi ketika mengawali tantangan 10 hari :

"Biar makin paham satu-satu, hari ini kita menggunakan mata sbg sarana belajar, besok menggunakan telinga sbg sarana belajar, dan mulai rabu menggunakan seluruh anggota tubuh anda unt mempraktekkan ilmu ini, shg tangan, mata, kaki, telinga mulut bisa menjadi saksi ketika kelak kita dibariskan di yaumul akhir".

Semua ilmu yang kita pelajari akan diminta pertanggungjawabannya kelak di akhirat.Ya sejatinya tujuan akhir kita adalah mendapat Ridho Allah SWT... Semoga bisa berakhir MUMTAZ kuliah di universitas kehidupan ini. Aamiin ya Allah.

Eh kok malah curcol ya😂😅, awal praktek tantangan 10 hari itu bingung, mau mulai praktek yang mana, dan di tengah perjalanan juga makin galau kok masih gini-gini aja ya... Alhamdullilah sedikit demi sedikit mulai tercerahkan...
Komunikasi dengan anak, yang dulu suka cepet meninggi suaranya, sekarang berkurang dan mulai banyak mendengar dan menanyakan "rasa" sama anak-anak. Mulai mengurangi 12 gaya populer komunikasi, mulai harus konsisten terhadap kesepakatan yang sudah dibuat.

Komunikasi dengan suami juga alhamdulillah mulai "clear", yang dulu semua mua ingin diceritain dan akhirnya hal-hal penting malah terlewatkan, dan kadang juga pakai ilmu kebatinan, serta menganggap bahwa FoR dan FoE kita sama (ternyata beda), sekarang mulai memilah tema penting, disampaikan dengan to the point (clear and clarify) dan di saat waktu yang tepat,,hehe

Dan yang terpenting adalah Komunikasi dengan Diri Sendiri, ya karena *Kosa kata kita adalah cerminan struktur berpikir kita*, Maka harus berpikir positif selalu, agar yang keluar juga kata-kata positif... ini masih PR yang harus selalu diperjuangkan💪💪💪
Agar saya bisa mencapai Tahap Autonomi : Berkomunikasi produktif sudah menjadi budaya dalam kehidupan saya.

Perlahan-lahan mulai berubah, karena sejatinya mengubah itu dengan berubah😎.
ya harus keras pada diri sendiri, dan dengan prinsip latih-percaya-kerjakan-tingkatkan-latih lagi-percaya lagi-kerjakan lagi agar mencapai 10.000 jam terbang.

#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Related Posts

1 komentar

  1. Yup...sebab berubah itu sunnatullah ya mbak...semangat ya mbak..

    BalasHapus

Posting Komentar