header www.zulmiati.com

Manfaat Belajar Site Audit bagi Blogger Pemula

5 komentar
Hai kawans,,sudah ada yang tahu manfaat belajar site audit bagi blogger pemula belum? Kalau belum, toss sini sama saya,hehe. Mendengar istilah site audit saja masih asing di telinga. Wkwk
Manfaat belajar site audit bagi blogger pemula

Penasaran dan rasa ingin tahu yang tinggi akan sesuatu hal akan membuat motivasi dan semangat belajar, benar kan kawans? Nah, karena belum tahu tentang site audit dan manfaatnya, yuk kita cari tahu bareng ya kawans..

Apa itu Site Audit ? 

Kalau sudah mendengar kata audit itu kesannya serem ya kawans?wkwk. Yang terbayang adalah didatangi auditor, diperiksa, diinterview, dsb. Nah kalau site audit itu apa ya? apakah sama?

Setelah membaca beberapa referensi, saya akhirnya sedikit mengerti tentang site audit. Website audit atau Site audit adalah memeriksa dan memperbaiki website secara menyeluruh. Iya, ternyata sama dengan audit lainnya ya kawans. 

Website nya diperiksa, dievaluasi dan dianalisis untuk perbaikan sehingga mencapai potensi performa yang optimal. Dari site audit akan didapat informasi mengenai performa blog. Dari hal teknis sampai SEO. Saya juga belum pernah melakukan site audit kawans? Makanya ingin belajar dari coach Irwin.

Mupeng lihat blog teman-teman yang tulisannya selalu di page one, kecepatanya oke, PV nya banyak. Iya, harapannya tulisan di blog mudah ditemukan di mesin pencarian. Maka tulisan di blog ini lebih banyak dibaca dan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Pembaca juga betah berkunjung kesini,hehe. Aamiin..

Itulah yang membuat saya bersemangat untuk belajar site audit. Semoga blognya semakin bermanfaat. Supaya semakin semangat belajar, yuk kita jabarin satu-satu manfaat belajar site audit..

Manfaat Belajar Site Audit

Memastikan diri melakukan hal yang bermanfaat itu penting kan ya kawans? Nah, sebelum belajar site audit. Saya ingin tahu apa sih manfaat saya sebagai blogger pemula belajar website audit? Semoga dengan mengetahui manfaatnya, bisa menjadi salah satu strong big why saya agar terus semangat belajar.

Dari membaca beberapa referensi saya jadi mempunyai gambaran apa saja manfaat yang bisa didapat dari belajar site audit ini :

Manfaat belajar site audit untuk blogger pemula

  1. Mengetahui cara audit blog dengan benar. Seperti service kendaraan, kalau dilakukan asal-asalan hasilnya pasti tidak maksimal, Dengan belajar site audit yang benar, jadi bisa memperbaiki website dengan tepat. Tools apa saja yang diperlukan, bagaimana fungsi dan cara menggunakannya untuk audit website.
  2. Mengetahui performa blog secara menyeluruh dari teknis, pengalaman pengguna maupun SEO.
  3. Meningkatkan performa website. Dari hasil audit, bisa dilakukan perbaikan yang menunjang performa blog lebih optimal.
  4. Meningkatkan kualitas SEO website. Kalau sudah dilakukan analisis dan perbaikan harapannya blognya semakin mudah ditemukan mesin pencarian.
  5. Meningkatkan kualitas user experience. Blog yang performa nya baik, maka akan membuat betah pengunjung atau pembaca kan ya kawans.
Dan tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya yang belum saya ketahui. Iya, karena saya belum belajar meng audit blog.

Saya menjadi berefleksi bagaimana awal ngeblog? Banyak sekali suka dukanya,,hehe.. Siapa tahu dengan membaca pengalamanku kawans jadi ingin menjadi blogger juga,,wkwk

Menjadi Blogger Pemula

Awal sekali membuat blog itu untuk membuat rekam jejak catatan belajar saya di sebuah komunitas. 

Sering ada kawans bertanya, bagaimana saya mulai ngeblog? Saya jawab, dulu itu saya berpikir blog sama dengan media sosial lain. Jadi cuma menulis lalu posting,wkwk. Sesimple itu, tulisan juga hanya berisi beberapa paragraf saja. 

Sampai pada pertengahan tahun 2021 saya mengikuti kelas blogspedia coaching. Alhamdulillah terjadi perubahan besar dengan blog saya,,wkwk. Blog saya mulai tertata lebih baik. Saya juga mulai mengetahui berbagai hal mengenai blog. 

Ternyata setelah belajar, semakin saya mengerti bahwa banyak sekali hal terkait dunia blogging yang saya belum tahu. Awal belajar kelas blog bagi pemula itu, membuka peluang saya untuk semakin banyak belajar. Iya, karena coach maupun teman-teman sering membagikan info terkait kelas belajar blog. Seperti kelas belajar site audit dengan coach Irwin ini.

Kenapa Ingin Mempelajari Site Audit?

Sebagai blogger pemula keinginan untuk terus mengupgrade ilmu itu terus menyala. Ketika ada tawaran untuk belajar site audit dengan coach Irwin saya sangat tertarik. Nama coach Irwin sering disebut teman-teman sebagai blogger senior yang suka berbagi ilmu.

Saya ingin mempelajari site audit supaya bisa merawat blog saya dengan baik. Kalau bukan saya sendiri yang merawat dan menyayangi blog ini dengan baik, siapa lagi?hehe

Dengan mempelajari site audit semoga bisa meningkatkan performa blog saya. Sehingga kebermanfaat blog bisa terjangkau lebih luas lagi. Doakan semoga saya bisa lolos seleksi ikut kelas belajar site audit bersama coach Irwin ya kawans..

Kenapa harus mengikuti Pelatihan Site Audit?

Untuk menjadi terlatih maka harus berlatih
Benar kan pepatah tsb kawans? Agar saya bisa melakukan audit blog dengan benar maka saya harus belajar site audit terlebih dahulu pada pakar yang tepat. Coach Irwin, namanya sudah sangat terkenal sebagai blogger senior yang sering berbagi ilmu secara gratis, Masya Allah ya kawans..

Hasil belajar dengan coach Irwin pun sudah tidak diragukan lagi. Teman-teman yang sudah belajar dengan coach Irwin, blog nya jadi lebih bagus.

Saya yang belum pernah belajar dengan coach Irwin sangat penasaran dan ingin menimba ilmu langsung dari blogger senior. Semoga setelah mengikuti pelatihan site audit saya bisa lebih baik dalam merawat blog saya. Ah, saya jadi ingat bagaimana memulai blog ini..

Cara memulai Ngeblog

Setelah melihat blog saya sekarang, beberapa teman bertanya bagaimana memulai ngeblog? Jawaban saya sangat simple. Caranya membuat blog lalu menulislah,hehe

Saat ingin memulai sesuatu maka lakukanlah,hehe. Karena kalau hanya dipikirkan tidak akan pernah mulai. Tapi ada poin penting sebelum ngeblog, yaitu Niat. Strong Why atau alasan kuat kenapa mau ngeblog. Ini yang akan menjaga konsistensi dalam menulis di blog.

Seringkali mudah memulai sesuatu tapi sangat sulit menjada konsistensi. Ini nasehat buat diri sendiri yang masih terus belajar konsisten ngeblog..

Bagaimana Menjaga Konsistensi dalam Menulis?

Pertanyaan ini membuat menelisik diri sudah konsistenkah menulis di blog? atau masih banyak sarang laba-laba di blog? alias jarang tulisannya,,hiks,,

Iya, konsistensi itu penting sekali dijaga. Seperti do'a yang sering kita lantunkan agar istiqomah dalam ketaatan. Konsistensi atau istiqomah dalam melakukan kebaikan perlu kita perjuangkan.

Sama seperti ketika berjuang untuk istiqomah dalam melakukan kebaikan pasti ada alasan kuat yang membuat kita melakukkannya. Nah, ngeblog pun seperti itu, blogger harus mempunyai strong why kenapa ngeblog. Alasan kuat ini yang akan menjadi "pijakan" ketika mulai goyah atau semangat menulis menurun.

Sebagai blogger pemula, segera temukan Strong Why nya ya kawans,, dan pegang kuat-kuat ketika mulai lemah atau goyah.

Apa saja langkah dari Menulis Hingga Publish?

Dulu, yang saya lakukan hanya menulis lalu publish. Setelah belajar sana - sini saya sekarang mengerti pentingnya content plan. Iya, ini juga memudahkan kita lebih produktif menjadi blogger. Saya pernah menuliskan tentang membuat content plan bagi blogger pemula.

Beberapa hal yang saya lakukan ketika mau menulis hingga publish seperti ini :
  1. Menentukan tema tulisan sesuai label blog
  2. Mencari referensi tulisan
  3. Melakukan riset keyword, CPC dan volume. Tapi langkah ini terkadang sering saya skip. Lebih sering langsung nulis apa yang ada di pikiran. Saya perlu belajar lagi tentang riset KW, hehe..
  4. Membuat outline, mulai dari judul (H1), permalink hingga referendi atau daftar pustaka. Outline ini memudahkan sebagai bahan checklist apakah sudah memenuhi kaidah SEO atau belum
  5. Membuat tulisan dari outline
  6. Membuat gambar pendukung tulisan melaui canva
  7. Menambahkan gambar dalam artikel tulisan
  8. Mengecek label tulisan, search description dan permalink (url)
  9. Preview, cek typo dan spasi tulisan, gambar, dsb
  10. Publish
Itulah beberapa langkah yang saya lakukan dari awal menulis hingga publish. Simpel kan kawans?

Bagaimana Jika Tulisan diambil/Copas?

Beberapa pekan yang lalu sempat baca sharing di grup blogger mengenai hal ini. Bagaimana jika tulisan kita diambil / copy paste oleh orang?

Beberapa teman melindungi tulisan blog dengan anti copas. Teman yang lain berprinsip tidak apa-apa, kembali lagi ke tujuan berbagi tulisan itu apa. Saya sepakat dengan pendapat kedua.

Ketika ngeblog itu tujuannya menebar kebermanfaat, ya harus ikhlas ketika tulisannya diambil orang.  Harapannya tulisan yang kita publish itu diambil manfaatnya kan ya. Nah, kalau ada oknum yang memanfaatkan tulisan kita dengan tujuan lain, itu menjadi tanggung jawab mereka sendiri.

Saya sangat tidak sepakat dengan blogger yang mencuri tulisan orang lain. Apalagi jika mencuri tulisan untuk mendapat uang, sungguh sangat tidak pantas. Saya yakin pencatatan Allah SWT tidak akan pernah luput dari hal sekecil apapun. Bahkan dari sekedar niat di dalam hati. 

Maka daripada pusing memikirkan perilaku sebagain oknum, saya lebih memilih untuk terus mengupgrade kemampuan saya dalam blogging agar lebih baik. Terima kasih ya kawans yang sudah berkunjung ke blog dengan niche lifestyle ini.

Niche Blog Zulmi's Diary

Saya memilih niche blog zulmi's diary ini bertema lifestyle. Blog saya berisi tentang Parenting and Marriage, Healthy Life, Travelling dan Catatan Berhikmah. Kenapa saya memilih ini?

  1. Parenting and Marriage, Saya senang belajar tentang dua tema ini. Dua tema ini merupakan ilmu yang sangat saya perlukan dalam laku hidup sebagai istri dan ibu. Saya ingin membagikan  tentang pengalaman dalam belajar dan menjalaninya.
  2. Healthy Life, label ini sebagai salah satu kontribusi diri sesuai background kuliah saya. Saya alumnus Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP. Walaupun sudah resign dari profesi penyuluh kesehatan masyarakat di institusi. Semoga tetap bisa menjadi penyuluh melalui tulisan di blog ini.
  3. Travelling, meskipun travelling bukan hobi saya, tapi setiap tahun sebelum pandemi, kami pasti mengagendakan rihlah keluarga. Pengalaman rihlah bersama keluarga dengan segala pernak-perniknya, semoga bisa saya catat di blog, sebagai kenangan dan referensi bagi yang lain. Karena sebelum travelling biasanya kita juga suka browsing dulu. Nah, siapa tahu hasil pengalaman travelling kita bisa menjadi referensi keluarga yang lain.
  4. Catatan Berhikmah, di blog ini semoga bisa menjadi wadah catatan belajar dan berbagai hikmah yang saya dapat.

Apa yang perlu diperbaiki di blog zulmi's diary?

Jawabannya sangat banyak sekali,,hehe. Sebagai blogger pemula yang masih cupu, ilmunya baru secuil, usia TLD blog pun belum genap 1 tahun. Perjalanan blog ini masih panjang dan perlu banyak perbaikan,

Beberapa hal yang saya ketahui kekurangan blog saya sebagai berikut :

  1. Tulisan belum bisa page one
  2. Dari indikator MSI di artikel masih ada yang merah, seperti link without anchor text or image, ukuran image di komen yang belum terisi,dsb
  3. PV nya masih rendah, masih mengandalkan share medsos dan BW. Trafik organiknya masih sedikit.
  4. Banyak artikel yang masih belum ada meta deskripsi, alt image masih kosong dan kelengkapan lainnya masih kurang.
  5. Masih ada broken link
  6. Ada beberapa artikel yang  belum terindeks
  7. Ada beberapa artikel yang terblokir robots.txt
Baru itu yang saya tahu dan belum mengerti bagaimana memperbaikinya. Semoga setelah belajar site audit bersama coach Irwin, saya bisa memperbaiki masalah-masalah dalam blog saya.

Perlukah Blogger Paham SEO?

Blogger belajar seo

Search Engine Optimization (SEO) sering disebut sebagai ilmu yang debatable. Karena belum ada patokan pasti kebenarannya. Praktisi satu dan lainnya mungkin ada perbedaan. 

Namun, tidak dipungkiri bahwa mempelajari SEO bagi blogger itu sangat penting. Kenapa? Kita menulis pasti harapannya ada yang membaca tulisan kita kan ya kawans.. Nah supaya tulisan kita mudah ditemukan dalam mesin pencari maka penting untuk menerapkan kaidah SEO di blog.

Tidak harus menjadi ahli SEO, tapi setidaknya paham tentang indikator SEO on page maupun off page sebagai salah satu dasar optimisasi blog. Apalagi sekarang dunia blogger semakin bertumbuh dengan cepat.

Pandangan tentang Dunia Blogger di Indonesia saat ini.

Sungguh saya sangat optimis dengan dunia blogger Indonesia saat ini. Saya senang banyak blogger senior yang sering berbagi ilmu pada blogger pemula seperti saya.

Para blogger senior dengan tangan terbuka banyak yang membuka kelas gratis. Masya Allah, semangat untuk bertumbuh bersama sangat bagus. Bahkan banyak komunitas blogger yang saling bekerjasama. Era saat ini adalah era kolaborasi untuk maju dan bertumbuh bersama.

Selain itu peluang monetize blog juga terbuka lebar. Di awal tahun ini saja banyak job bagi blogger yang ditawarkan. Selain itu, banyak juga lomba blog dengan haidah menggiurkan. Dan masih banyak lagi monetize blog lainnya seperti adsense, dsb.

Peranan Seorang Blogger di Indonesia

Blogger mempunyai peranan penting dalam era digital saat ini. Seorang blogger Indonesia sudah selayaknya sebagai sumber informasi yang akurat dan terpercaya. Integritas seorang blogger perlu dijaga, menjadi blogger beradab dan bermartabat.

Blogger yang tidak hanya asal menulis atau copas tulisan orang lain. Tapi lebih dari itu blogger mempunyai peranan penting sebagai penyambung informasi, sumber edukasi yang benar dan tepat.

Profesi sebagai blogger sekarang sudah sangat menjanjikan. Tapi jangan sampai cuan menjadi acuan sehingga cara curang pun ditempuh.

Blogger bisa sebagai ajang penyaluran hobi yang menghasilkan money. Lebih dari itu blogger bisa menjadi ladang ibadah media berbagi manfaat.

Apakah Blogger Masih Bisa Bertahan dengan adanya Youtuber?

Saya pernah mendapat pertanyaan tsb ketika saya cerita ke teman bahwa saya ingin menjadi blogger. Menurut saya, preferensi setiap orang itu beragam. Dari gaya belajar saja sangat beragam, ada tipe audio, visual maupun kinestetik.

Menurut saya, gaya belajar tsb juga sangat berpengaruh pada cara pencarian informasi. Seperti saya yang lebih senang membaca teks daripada melihat video. Berbeda dengan suami yang lebih suka melihat video daripada membaca teks.

Nah begitupun dengan blogger dan youtuber, masing-masing mempunyai pengunjung sendiri-sendiri. Ada sebagian yang lebih suka mendapat informasi dari membaca teks. Dan ada juga yang lebih suka dengan melihat video.

Masing-masing profesi ini bisa bertahan tanpa bersaing menurut saya. Yang lebih penting adalah bagaimana profesi youtuber maupun blogger bisa saling bersinergi untuk memberikan informasi yang benar dan bermanfaat bagi masyarakat.

Harapan untuk Dunia Blogger

Dalam era digital sekarang ini, dunia blogger merupakan profesi yang cukup menjanjikan. Saya dulu mengira blog hanya dunia menulis dan sharing informasi. Ternyata lebih dari itu, dunia blogger memberi peluang besar untuk berkembang menjadi profesi yang prestisius.

Harapan saya, para blogger bisa saling bersinergi untuk bertumbuh bersama. Profesi blogger bukan lagi sebagai profesi yang dipandang sebelah mata. Tapi profesi yang setara dengan profesi lainya.

Blogger sebagai seumber informasi yang tepat, akurat, beradab dan bermartabat. Para blogger mempunyai visi untuk kemajuan dunia literasi dan informasi yang benar. Blogger menghargai dan menghormati hak cipta tulisan, sehingga tidak sembarangan copas atau mencuri tulisan orang lain.

Nah lebih dari itu semua bahwa apapun yang kita lakukan tidak luput dari pencatatanNya. Semoga blogger mempunyai value bahwa yang kita bagi adalah hal yang bermanfaat. 

Terima kasih kawans sudah membaca sampai akhir. Setelah diuraikan ternyata banya sekali manfaat belajar site audit bagi blogger pemula. Doakan semoga saya lulus seleksi kelas belajar site audit bersama coach Irwin ya kawans.

Related Posts

5 komentar

  1. Wow, artikelnya cukup lengkap bin detail ya mbak...
    Aku tuh paling lemah masalah SEO. Maunya nulis aja tanpa ada sesuatu yang mengikat. Makin ke sini makin sadar akan pentingnya kedah SEO. KAlau ada pelatihan tentang site audit, aku mau ikut ah... kabar-kabari ya mbak...

    BalasHapus
  2. masya Allah .. aku suka sekali dengan uraian mbak zulmi . meski kalem semangat belajarnay patut diacungi jempol. aku sendiri pelru nih belajar site audit

    BalasHapus
  3. Bener banget, siapa yang akan merawat blog kita kalau bukan kita sendiri... Tapi ya itu konsistensi saya dalam menulis masih jauh dari harapan.... Makanya salut buat Mba Zulmi dn temen temen lainnya yang ikut kelas lainnya... Saya masih belum bisa...
    Tulisannya ttg site audit ilmu baru buat saya,, Terima kasih

    BalasHapus
  4. Yes, setuju banget jika Blogger dijadikan sebagai sumber informasi yang tepat, akurat, beradab dan bermartabat. Maka daribitu kita blogger harus banyak mengisi pundi-pundi leher keatas dengan ilmu.

    Semoga kita lulus yaak seleksi kelas site audit ini

    BalasHapus
  5. Semoga lolos mb, semoga aku juga lolos, biar bisa belajar bersama. Btw, menjadi blogger banyak hal yang perlu dipelajari ya.

    BalasHapus

Posting Komentar