header www.zulmiati.com

Persiapan Menyambut Bulan Rajab

Posting Komentar
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Waktu terus bergulir, tidak terasa kurang dari 90 hari lagi Bulan Ramadhan segera tiba. Dan tinggal hitungan hari Rajab sudah hadir. Menelisik diri bagaimana persiapan menyambut bulan Rajab?
Eits, kenapa harus mempersiapkan diri menyambut bulan Rajab? apa sih kemuliaan bulan ini?
Marhaban Ya Rajab

Keutamaan Bulan Rajab

Iya betul kawans, bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan haram (mulia) yang disebutkan dalam QS At Taubah ayat 36. 

Bulan mulia, maka sangat dianjurkan untuk mengisinya dengan amal shalih ketaatan pada Allah SWT. Dan juga merupakan bulan pemanasan persiapan menyambut bulan suci Ramdahan.

Abu Bakr Al-Baikhi rahimahullah berkata :
"Perumpamaan bulan Rajab adalah seperti angin, bulan sya'ban seperti awan yang membawa hujan dan bulan Ramadahan seperti hujan. Barangsiapa yang tidak menanam di bulan Rajab dan tidak menyiraminya di bulan Sya'ban bagaimana mungkin dia memanen hasilnya di bulan Ramadhan?" (Latha'if al-ma'arif 130)

Bulan Rajab saatnya menanam

Iya, supaya bisa memanen hasil terbaik di bulan Ramadahan, maka kita mulai menanam amal shalih ketaatan terbaik di bulan Rajab. Pastinya persiapan yang matang akan menjadikan hasil lebih baik dari yang tanpa persiapan. Nah, ada beberapa hal yang perlu dipahami terkait bulan Rajab ini kawans..

Fakta tentang Bulan Rajab

  1. Tidak ada pengkhususan berpuasa pada tanggal tertentu di bulan Rajab
  2. Tidak boleh berperang
  3. Salah satu bulan haram dari 4 bulan yang tercantum dalam QS At Taubah ayat 36
  4. Diperbolehkan berpuasa sebagaimana puasa yang dicontohkan Rasulullah SAW, yaitu puasa senin kamis, puasa daud, dan puasa ayyamul bidh
  5. Merupakan waktu yang sangat baik untuk melakukan amalan ketaatan
Semoga dengan bekal ilmu yang benar kita bisa menyambut datangnya bulan Rajab dengan baik. Kita bisa mempersiapkan Rajab produktif.

Persiapan Rajab Produktif

Persiapan Rajab Produktif

1. Melunasi Hutang Puasa. 

Bagi yang masih mempunyai hutang puasa bulan Ramadhan sebelumnya, yuk segera lunasi. Lihat kembali catatan hutang puasa lalu segera buat plan untuk melunasinya. Apakah mau dicicil tiap senin kamis atau melunasinya sekaligus berturut-turut. Sesuaikan dengan kemampuan ya kawans.

Aku jadi ingat kajian Ust Adi Hidayat bahwa saat kita melunasi hutang puasa wajib, pahalanya itu sama saat kita mengerjakannya di bulan Ramadhan. Nah, begitupun pahala amalan ibadah lain saat kita melunasi puasa wajib tersebut. 

Jangan sia-siakan momen melunasi hutang puasa dengan menambah amalan ibadah lain seperti saat bulan Ramadhan. Perbanyak tilawah, sedekah, do'a, dsb.

2. Perbanyak Puasa Sunah

Bulan Rajab merupakan bulan pemanasan sebelum bulan Ramadhan. Yuk, latih diri dengan puasa sunah di bulan ini. Puasa sunah sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW, yaitu puasa senin kamis, puasa daud atau puasa yaumul bidh. Membiasakan puasa di bulan Rajab sebagai pemanasan menyambut puasa bulan Ramadhan. Kalau sudah terbiasa puasa sunah, semoga saat puasa bulan Ramadhan menjadi lebih ringan menjalaninya.

3. Belajar Fiqh Ramadhan

Tidak ada amal sebelum ilmu. Membekali diri dengan ilmu fiqih dan hukum-hukum ibadah di bulan Ramadhan. 

Saat bulan Ramadhan datang, kita sudah siap dengan perbekalan dan strategi prioritas ibadah yang benar sesuai syariat.

Kita bisa fokus menjalankan ibadah dengan bekal ilmu yang baik.
Semoga bisa memanen pahala dengan amalan unggulan di bulan Ramadhan. Bisa memanfaatkan segala keutamaan dan keberkahan bulan ramadhan dengan sempurna. Sehingga ramadhan tahun ini semoga menjadi ramadhan terbaik kita.

4. Rencanakan Ramadhan terbaik

Ramadhan bulan spesial. Akankah ramadhan tahun ini sama dengan tahun sebelumnya? Seringkali semangat menggebu di awal, perlahan menipis di tengah dan semakin terkikis semangatnya di akhir.
Bulan Ramadhan merupakan tamu yang mulia. Apakah kita tidak ingin menyambut tamu agung dengan kemuliaan?

Bukankah sungguh merugi jika amalan ramadhan kita masih sama dengan ramadhan tahun lalu. Bahkan sungguh celaka jika amalan kita tidak lebih baik dibanding hari kemarin?

Alangkah indahnya jika kita mempersiapkan amalan di bulan spesial ini jauh hari sebelum bulan itu tiba. Ah iya, seringkali untuk menyambut kedatangan tamu agung seperti walikota atau presiden persiapan yang dilakukan berbulan-bulan sebelum acara. 

Bulan ramadhan adalah bulan penuh ibadah. Kalau tidak dipersiapkan dari bulan sebelumnya maka akan keteteran. Kalau tidak terbiasa dengan ibadah ketaqwaan maka akan lebih sulit melewatinya.

Keberkahan ramadhan
Ada waktu musatajab terkabulnya do'a.
Ramadhan merupakan bulan dilipatgandakan pahala. Mari persiapkan ramadhan terbaik kita supaya tidak ada penyesalan nantinya.

5. Berdo'a

Walau poin ini saya tulis di akhir, sebenarnya inilah poin utama yang perlu dilakukan. Seperti materi ronde pertama Grow Up Mom. Apapun aktivitas kita, yang pertama adalah dekati Allah terlebih dahulu, mohon petunjuk dan bimbinganNya.
Sebagai insan kita hanya bisa merencanakan, Allah yang menetapkan.
Berdo'a supaya diberi kekuatan untuk memaksimalkan ibadah di bulan mulia. Berdo'a supaya disampaikan di bulan Ramadhan dan bisa meraih keutamaan dan keberkahan di dalamnya. 
Berdo'a sungguh-sungguh sepenuh hati dengan adab mulia.

Semoga dengan bekal ilmu, berdo'a dan membuat plan terbaik menyambut bulan mulia rajab hingga ramadhan kita bisa menjalaninya dengan ibadah terbaik. Semoga ketaatan dan ketaqwaan kita semakin meningkat. Aamiin.


Related Posts

Posting Komentar