header www.zulmiati.com

π—šelanggang π—œnspirasi Leader Regional, Bekal Bermain Gembira di Kampung Komunitas Ibu Profesional

Posting Komentar
Ψ¨ِΨ³ْΩ…ِ Ψ§Ω„Ω„َّΩ‡ِ Ψ§Ω„Ψ±َّΨ­ْΩ…َΩ†ِ Ψ§Ω„Ψ±َّΨ­ِΩŠΩ…
Hai kawans? Apa kabarnya? Moga selalu dalam lindungan dan penjagaan Allah SWT. Balada pejuang LDM, ketika suami ada di rumah, mode manja dan malasnya langsung on. Alhasil jarang menyentuh laptop dan hp. Ketinggalan banyak informasi di grup wa karena sedang asyik dengan dunia nyataku,wkwk. Ah, tapi aku sudah memutuskan mengikuti kelas belajar online. Jadi aku harus bertanggung jawab atas keputusanku. Aku harus menata tugas dan kegiatan harianku agar tidak terbengkalai semua. Nah, salah satunya aku memutuskan mengikuti Kampung Komunitas Ibu Profesional.

Aku saat ini masih menjadi cawarga alias calon warga, belum resmi menjadi warga kampung komunitas Ibu Profesional. Ada yang unik lho salah satu syarat mendaftar di Kampung Komunitas adalah mempunyai SIM. Eits, bukan Surat Ijin Mengemudi tapi Surat Ijin Suami,hehe.

Dan sebelum menjadi warga kampung komunitas kami harus mengikuti orientasi dulu. Eits, jangan dibayangin orientasinya seperti saat sekolah atau kuliah yang penuh gojlokan ya kawans. Program Orientasinya itu unik dan keren namanya Kampung Main PrestAsyik.
Kampung Main merupakan program orientasi kampung komunitas, untuk batch#3 ini temanya PrestAsyik, yaitu Prestasi & Asyik.

Ada Apa Saja di Kampung Main?

Program orientasi Kampung Main PrestAsyik ini bertujuan :
  • Membentuk calon-calon warga yang sadar, siap dan peduli untuk berkontribusi di regionalnya masing-masing
  • Menumbuhkan kreativitas calon warga untuk berkarya dan berkolaborasi sesuai dengan kekuatan diri dan sumber daya di regional masing-masing
  • Memunculkan rasa cinta pada Kampung Komunitas Ibu Profesional
Kampung Main PrestAsyik ini mempunyai 3 gelaran kegiatan :
  1. Balaiurang Kampung : Tempat aneka sarasehan warga dilakukan. Ilmu di sarasehan ini dapat menjadi bekal bagi warga baru. Di sesi ini, warga wajib mengikuti 3 sarasehan Gelanggang Inspirasi, yaittu Gelanggang Inspirasi Leader, Gelanggang Inspirasi FOunder Ibu Profesional, dan Gelanggang Inspirasi Ketua dan Pengurus Kmapung Komunitas Ibu Profesional.
  2. Panggung Liga Regional :Penampilan pengurus regional dengan mempersembahkan program terfavorit dan terasik yang masih berlangsung di regional. Bisa program 3Rum atau program lainnya.
  3. Festival Warga : Calon warga bergabung di WAG Liga Regional masing-masing dan berkolaborasi menginisiasi program sesuai dengan kearifan lokal dari regional.
Dan ada syarat kelulusan kampung main#3 ini kawans :
  1. Mengumpulkan 3 resume di media sosial tentang 3 sesi Gelanggang Inspirasi di Balaiurang Kampung
  2. Menulis Review 1 event tentang program terinspiratif pada sesi Panggung Liga Regional di media sosial
  3. Mendapatkan 1 sertifikat Apresiasi Keaktifan dari leader komunitas regional berkolaborasi dalam kepanitiaan festival warga.
Asyiknya belajar di Ibu Profesional itu belajarnya di konsep dalam permainan, jadi menyenangkan kawans. Nah, saat ini aku baru saja selesai mengikuti Kegiatan pertama Balaiurang Kampung, yaitu Gelanggang Inspirasi Leader Regional yang berlangsung dari tanggal 4-8 Oktober 2021. Kegiatan Gelanggang Inspirasi ini melalui forum zoom & live youtube. Acaranya dikemas asyik, selain inspirasi keren dari leader ada permainannya juga. Masya Allah...

π†πžπ₯𝐚𝐧𝐠𝐠𝐚𝐧𝐠 𝐈𝐧𝐬𝐩𝐒𝐫𝐚𝐬𝐒 Leader #𝟏 Strong Why Berkomunitas

Gelanggan inspirasi leader pertama ini menghadirkan 4 leader, yaitu :
  •  Bunda Dian - Leader IP Asia
  •  Bunda Saras - Leader IP Banyumas Raya
  •  Bunda Tika - Leader IP Balikpapan Raya
  • Bunda Tika - Leader IP Bekasi

Gelanggang leader pertama ini membahas tentang pentingnya Strong Why berkomunitas Strong Why ini yang akan menjadi pegangan dan motor penggerak dari dalam diri untuk dapat menaklukan tantangan yang muncul dan harus dihadapi. Strong Why yang kuat membuat diri lebih powerfull dalam mencari solusi saat menaklukan tantangan yang ada. Berbagai kendala yang hadir akan lebih mudah dihadapi dengan diri yang penuh motivasi yang kuat.
Dan salah satu kelebihan dalam berkomunitas adalah kita akan menemukan banyak sefrekuensi yang senasib, saling sharing dan caring. Ini akan menjadi tambahan kekuatan kita dalam menaklukan tantangan yang ada.

Cara menemukan π’”π’•π’“π’π’π’ˆ π’˜π’‰π’š adalah dengan bertanya pada diri sendiri lalu tentukan minat diri dan bagaimana mengembangkannya disesuaikan dengan value yang dimiliki.

Menurutku sangat penting menentukan Strong Why saat akan melakukan sesuatu, apapun itu. Strong why ini akan menjadi pijakan saat kita merasa goyah dan lemah. Nah, agar lebih kuat strong why nya, aku suka menemukan strong why yang bernilai ibadah, meluruskan NIAT apapun yang ingin aku lakukan ini sebagai jalan ikhtiar untuk lebih taat dan bermanfaat.

Supaya Strong Why kita selalu terpelihara dan bahagia dalam berkomunitas, setelah menemukan minat maka mulai melakukan eksplorasi di komunitas untuk membantu pengembangan selanjutnya. Siap mengosongkan gelas untuk menimba ilmu, membuka mata dan telinga tentang informasi dari komunitas.

Berkumpul dengan banyak teman sefrekuensi, beraktivitas atau berkegiatan positif sesuai minat bakat akan membuat energi diri tercharge dan semakin bahagia. Semangat diri juga perlu dipelihara dengan cara menjadi warga kampung komunitas yang aktif dengan merespon informasi, mengikuti diskusi, menerima tantangan, mengambil peran.

Dengan bergabung dengan komunitas kita akan semakin bahagia dan menebar manfaat, sesuai core value Ibu Profesional : Belajar, Berkembang, Berkarya, Berbagi, dan Berdampak.

π†πžπ₯𝐚𝐧𝐠𝐠𝐚𝐧𝐠 𝐈𝐧𝐬𝐩𝐒𝐫𝐚𝐬𝐒 Leader #𝟐 Tantangan berkomunitas

Gelanggang kedua yang dilaksanakan hari selasa, tanggal 5 Oktober 2021 ini menghadirkan empat leader regional sebagai narasumber, yaitu:
  •  Bunda Ningrum - Leader IP Sulawesi
  •  Bunda Indri - Leader IP Garut
  •  Bunda Lida - Leader IP Bandung
  •  Bunda Rina - Leader IP Sumatera Utara
Tantangan akan selalu ada selama kita masih hidup. Saat berkomunitas pun pasti akan bertemu berbagai tantangan, seperti perbedaan karakter anggota, perbedaan π‘­π’“π’‚π’Žπ’† 𝒐𝒇 𝑹𝒆𝒇𝒆𝒓𝒆𝒏𝒄𝒆 (𝑭𝒐𝑹) & π‘­π’“π’‚π’Žπ’† 𝒐𝒇 π‘¬π’™π’‘π’†π’“π’Šπ’†π’π’„π’† (𝑭𝒐𝑬), dsb. Tantangan yang ada bukan unuk dihindari tapi untuk ditaklukan bersama. Beberapa cara untuk menaklukan tantangan saat berkomunitas :
  1. Komunikasi produktif, menyampaikan pesan dengan jelas, tepat, dan singkat sehingga pesan kita dapat diterima dengan baik.
  2. Komunikasi aserti, yaitu cara komunikasi dimana menyampaikan hal secara jujur tapi tetap menghormati (respek) terhadap teman bicara. Caranya adalah dengan merubah kalimat dari You statement (kalimat tentang kamu) yang lebih terdengar menghakimi menjadi kalimat I statement (kalimat tentang aku) yang lebih mudah diterima.
  3. Tidak malu bertanya apabila ada yang tidak diketahui atau kurang paham
  4. Merangkul bersama
  5. Saling memahami bahwa setiap anggota memiliki variasi ritme dan situasi kehidupan yang berbeda.

π†πžπ₯𝐚𝐧𝐠𝐠𝐚𝐧𝐠 𝐈𝐧𝐬𝐩𝐒𝐫𝐚𝐬𝐒 Leader # πŸ‘ Tips Betah di Regional

Gelanggang inspirasi leader # 3, yang diselenggarakan pada hari Rabu, 6 Oktober 2021, menghadirkan empat leader regional sebagai narasumber, yaitu:
  •  Bunda Rella - IP Malang Raya
  •  Bunda Saraz - IP Kediri Raya
  •  Bunda Wulan - IP NNP
  •  Bunda Erie - IP Kalimantan Selatan
Setelah mengetahui strong why dan cara menghadapi tantangan berkomunitas. Di gelanggang inspirasi 3 ini memberikan beberapa tips agar betah berkomunitas di regional, yaitu :
  1. Komitmen dengan motivasi awal bergabung (menilik Strong Why berkomunitas)
  2. Kuatkan visi bergabung di komunitas
  3. Kenali potensi diri
  4. Tetapkan goals dan milestone, agar bisa fokus pada panduan yang telah dibuat
  5. Perbanyak 3 B : Banyakin ngobrol bareng, main bareng dan aktivitas bareng
Dalam berkomunitas jangan sekedar bertanya apa yang bisa didapatkan tetapi hal apa yang bisa dilakukan.
 Terus bergerak walau yang lain diam, terus berbagi karena ibu profesional maju tanpa ditunjuk. Teriak dengan karya, bangun personal branding, dan cetak sejarahmu sendiri. Eksekusi mampu mengalahkan halusinasi.


π†πžπ₯𝐚𝐧𝐠𝐠𝐚𝐧𝐠 𝐈𝐧𝐬𝐩𝐒𝐫𝐚𝐬𝐒 Leader # πŸ’ Ruang Bermain di Regional

Gelanggang inspirasi leader ke- 4 ini memberikan gambaran apa saja kegiatan yang ada di kampung komunitas. Narasumber 4 leader yang memberikan inspirasi adalah:
  • Bunda Yulia - Leader IP Payakumbuh-LK
  • Bunda Yetti - Leader IP Samkabar
  • Bunda Ney - Leader IP Pekanbaru
  • Bunda Nisa - Leader IP Sukabumi
Ada tiga macam aktivitas dalam kampung komunitas, yaitu
  1. Rumah Belajar (Rumbel), merupakan forum untuk belajar yang memiliki kurikulum atau terstruktur. Di rumbel ini pengajarnya adalah seorang mentor atau narasumber yang akan membantu meningkatkan jam terbang member sesuai minat dan passionnya. Setiap regional mempunyai rumbel yang berbeda sesuai dengan kebutuhan regionalnya.
  2. Rumah Bermain (Rumin), merupakan forum untuk belajar bersama tapi tidak terikat kurikulum sebagaimana rumbel. Berbeda dari rumbel, rumin ini lebih untuk mengambil aspirasi member sehingga dapat beraktivitas bersama guna menguatkan bonding antar member. Ini sesuai tiga mantra IP dalam menguatkan bonding yaitu ngobrol bareng, main bareng, aktivitas bareng.
  3. Rumah Berbagi (Rumba), ini memfasilitasi aktivitas berbagi kepada masyarakat umum. Saat, member atau mentor telah profesional dan ingin berbagi atau membuka kelas untuk umum maka kebutuhan tersebut difasilitasi dengan rumba ini.

π†πžπ₯𝐚𝐧𝐠𝐠𝐚𝐧𝐠 𝐈𝐧𝐬𝐩𝐒𝐫𝐚𝐬𝐒 Leader # πŸ“ Kontribusi Warga Baru di regional

Gelanggang inspirasi leader ke-5 ini membahas tenant kontribusi warga baru di regional, sama seperti gelanggang sebelumnya ada empat leader regional sebagai narasumber, yaitu:
  • Bunda Firda - Leader IP Yogyakarta
  • Bunda Time - Leader IP Tangerang Selatan
  • Bunda Fitri - Leader IP Tasikmalaya
  • Bunda Rachma - Leader IP Tangerang Kota
Kampung komunitas merupakan komponen di Ibu Profesional yang memberikan ruang pada member untuk mengembangkan kapasitasnya sesuai minat dan keahliannya, kemudian mengaplikasikannya serta membagikannya. Sebagai calon warga kampung komunitas, maka perlu mengetahui apa saja yang bisa dilakukan saat menjadi warga baru, yaitu ::
  1. Memperkenalkan diri dan berkenalan dengan warga yang lain lalu ikuti berbagai aktivitas yang telah disediakan.
  2. Bergabung dengan rumbel sesuai kepeminatan.
  3. Aktif bertanya seputar aktivitas di komunitas regional agar lebih memahami kondisi.
  4. Berbagi kebahagiaan, ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Sekecil apapun itu, semuanya tetap akan diapresiasi.
  5. Saling tegur sapa di WAG
  6. Ikut Kampung Bakat
  7. Berbagi ide di forum diskusi kampung komunitas
  8. Mengisi konten di media sosial
  9. Menghasilkan karya di rumbel
Terdapat begitu banyak kontribusi yang bisa dilakukan. Berkontribusi sesuai kepeminatan lalu bermain di kampung komunitas dengan bahagia. Penting untuk meluruskan niat dan mau untuk belajar sedangkan pengalaman merupakan nilai plus dalam berkontribusi. Jangan lupa untuk menjaga semangat berbagi dan melayani.

Seluruh rangkaian gelanggang inspirasi leader ini sangat bermanfaat sebagai bekal bagi cawarga agar bisa bermain dengan bahagia di kampung komunitas. Alhamdulillah selesai juga resume tugas pertamaku,hehe

Bismillah,,,Semangat belajar, berkembang, berkarya, berbagi dan berdampak bersama kampung komunitas Ibu Profesional.


#Resume1
#Gelangganginspirasileader
#orientasikampungkomunitas
#balaimaingembira
#ibuprofesional2021
#komunitasibuprofesional
#kampungmain3
#semestakaryauntukindonesia
#salamberprestasi
#PrestAsyik

Related Posts

Posting Komentar