header www.zulmiati.com

Yuk Cari Tahu Manfaat Google Search Console Bagi Performa Blog

3 komentar
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Hai kawans,, kemarin sudah tahu cara memasang google analytics, nah kali ini kita akan kenalan sama soulmatenya.. Waah siapakah dia? Ada yang kenal? Iya betulll… Google Search Console.. Yuk cari tahu manfaat Google Search Console Bagi Blog..

manfaat google search console

Google Search Console

Google Search Console (GSC) ini adalah tool gratis yang disediakan google kawans,, GSC ini membantu pemilik website (seperti blogger) mengidentifikasi dan memonitor performa website mereka di ranah organik. Dahulu tool ini dikenal sebagai google webmaster tools.

Eits, kawans sudah memasang GSC belum? Kalau belum pasang dulu yuk, ikuti instruksi memasang google search console arahan coach ku ya.. 

Setelah memasang GSC, kita kenalan lebih lanjut yuk dengan manfaatnya..

Manfaat Google Search Console

manfaat google search console


Walau tool gratis tapi manfaatnya banyak banget GSC ini kawans,, Analisis GSC membantu kita melakukan perbaikan website. Yuk kenalan dengan manfaatnya :

  1. Mengetahui Asal Pengunjung

Masya Allah,,keren kan kawans,, Dengan bantuan Google Search Console kita bisa mengidentifikasi asal pengunjung website kita. Dari informasi demografi pengunjung website, kita bisa menjangkau target pembaca yang tepat.

  1. Menemukan Keyword Populer

Kalau mau mencari informasi di google, biasanya kita mengetikkan kata kuncinya kan kawans? Nah GSC ini membantu kita menemukan kata kunci (keyword) yang banyak digunakan untuk menemukan blog kita. GSC bisa memberikan informasi tentang jumlah munculnya blog kita di hasil pencarian untuk keyword tertentu (impression) dan berapa banyak blog kita di klik dari hasil pencarian tsb (click through rate). Dengan informasi ini, kita bisa mengetahui keyword yang efektif untuk SEO blog kita. Kita bisa mengoptimalkan konten sesuai keyword yang efektif. Sehingga memungkinkan untuk muncul di rangking teratas hasil pencarian.

Keyword populer ini bisa dilihat melalui tab “Performance”. Bagian atas memperlihatkan grafik kinerja blog di hasil pencarian. Bagian bawah memperlihatkan data mengenai keyword yang bisa difilter berdasarkan average position, impression, dan CTR.

  1. Mengidentifikasi Halaman Populer

Dari semua tulisan kita, biasanya ada yang lebih populer dibandingkan yang lain kan ya kaawans,, Biasanya ditampilkan 3 tulisan populer di sidebar blog. Nah Google Search Console ini bisa membantu kita mengidentifikasi halaman yang paling banyak dilihat oleh pengunjung. Kita bisa mengurutkan halaman blog berdasarkan impression atau click through rate (CTR)

  1. Mengidentifikasi Perangkat yang digunakan Pengunjung

GSC ini seperti punya indra keenam ya kawans,, Dia bisa membantu kita mengetahui perangkat apa yang digunakan pengunjung untuk mengakses blog kita. Kita jadi mengetahui kebanyakan pengunjung berinteraksi dengan blog kita melalui perangkat apa, apakah dekstop atau mobile.

  1. Memeriksa Kompatibilitas di Perangkat Mobile

Biasanya aku mengecek apakah tampilan blogku sudah baik atau belum di perangkat mobile dengan membuka di smartphone sendiri. Nah, ternyata cara ini kurang akurat kawans,,karena penilaiannya subjektif. Kabar baiknya, GSC ini bisa membantu kita memeriksa kinerja blog di perangkat mobile kawans.. Di Google Search Console tersedia fitur Mobile Usability . Fitur ini  membantu kita untuk mengecek kompatibilitas blog di perangkat mobile. Tidak hanya itu kawans,,Google Search Console juga memberikan rekomendasi terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja blog di perangkat mobile.

Kenapa perlu mengecek kompatibilitas di mobile? Karena sekarang ini pengguna internet kebanyakan mengaksesnya melalui perangkat mobile. Website atau blog yang mobile friendly menjadi prioritas google untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil pencarian.

  1. Memeriksa Broken Link

Kesel kan ya kawans ketika kita ngeklik alamat web ternyata error atau halaman tidak ditemukan? Kita bisa melakukan inspeksi broken link atau link yang rusak di blog kita dengan GSC. Jadi kita bisa memperbaiki link yang rusak tsb. 

  1. Mencari Tahu Backlink

Backlink salah satu indikator penting untuk optimalisasi SEO kan ya kawans,, GSC bisa membantu kita mengetahui halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink serta anchor text yang sering digunakan.

  1. Mengidentifikasi Keamanan Website

Jika blog itu ibarat rumah, maka penting untuk menjaga keamanannya. Si google search console ini seperti penjaga yang bisa memberi informasi ke kita tentang masalah keamanan blog. Jika terdeteksi masalah keamanan di blog, GSC akan memberikan peringatan. Sehingga kita bisa lebih cepat memperbaiki masalah keamanan agar tidak terjadi hal yang membahayakan blog kita.

  1. Submit Sitemap

Kita bisa menambahkan sitemap melalui Google Search Console lho kawans,,. Dengan adanya sitemap, bisa membantu Google melakukan crawl di blog kita. Sehingga blog kita bisa diidentifikasi google lebih cepat.

Masya Allah banyak banget kan ya kawans yang bisa kita ambil manfaat dari memasang google search console ini. Oya kawans ada beberapa istilah yang perlu dipahami terkait GSC ini, supaya ga roaming saat mau menggunakannya.

Istilah-Istilah di Google Search Console

Istilah google search console


  1. Impression adalah total munculnya sebuah link URL di hasil pencarian, meskipun link tsb tidak diklik atau dilihat oleh para pencari.

  2. Click, disebut satu klik ketika pengguna mengklik satu link dan keluar dari hasil pencarian Google. Nah, kalau kita sudah klik link terus kembali, lalu klik link tsb kembali itu tetap dianggap satu klik ya kawans..

  3. Click Through Rate (CTR) adalah Click dibagi Impression kemudian dikali 100. Jika link kita muncul 10 kali di hasil pencarian dan mendapatkan klik 5, maka CTR-nya adalah 50 persen.

Alhamdulillah, setelah kemarin memasang google analytics, sekarang sudah bisa memasang google search console..Yeay,,apresiasi diri sendiri sudah bisa sampai di titik ini..hehe

Nah setelah mengetahui manfaat google search console bagi performa blog, semoga blog kita semakin bermanfaat ya kawans..


Referensi :
https://www.niagahoster.co.id/blog/google-search-console-adalah/

Related Posts

3 komentar

  1. Alhamdulillah saatnya self reward ya mbak habis pasang ga n gsc. Cuss jajan apa nih heheheh

    BalasHapus
  2. Wah jadi paham bgt nih sama manfaat google search console. Penting bgt ya buat blogger. Makasih mba ;)

    BalasHapus
  3. Banyak bgt ya mba manfaat gsc ini, klo ga pasang sih sayang bgt emang

    BalasHapus

Posting Komentar