header www.zulmiati.com

Belajar blogging di blogspedia coaching part 2

3 komentar

Bismillah memberanikan diri belajar blogging di blogspedia coaching. Pas baca syarat dan ketentuannya sempet ragu apa bisa, tapi dengan meluruskan niat Bismillah semoga Allah mampukan.

Tugas pertama eh tugas pemanasan adalah meresume tentang materi "Blogging: Passion, Skill & Consistency". Materi pemanasan tapi isinya padet daging semua, sehingga perlu berulang membaca dan meresapinya.hehe

Kenapa si Blogging?

Aktivitas yang berkaitan dengan blog (nulis di platform website) ini mudah dalam pembuatannya dan dibagikan ke orang lain, perawatannya juga murah, dan kita bisa bikin personal touch bahkan bisa sebagai wadah personal branding.

Manfaat Blogging

Apa aja si manfaat blog? Banyak banget manfaatnya,  Lebih sering menyalurkan hobi nulis ya, selain itu bisa juga tempat mengutarakan opini/ide, berbagi kisah, inspirasi, tips, sarana mengikat ilmu, sebagai rekam jejak portofolio anak, dan masih banyak lagi tergantung apa tujuan kita blogging.

Tips Blogging 

1. Fokus

Blogging membutuhkan waktu khusus agar kita bisa fokus. Jadi mesti banget manajemen waktu dan tugas dengan baik. Usahakan menulis saat tenang dan tidak terburu-buru, karena hasil tulisan mencerminkan kondisi kejiwaan saat penulisan.
Oya ada beberapa platform untuk blog, setiap platform ada kelebihan dan kekurangannya. Pilihlah senyamannya kita.
Nah agar blog kita nyaman dibaca orang, kita juga perlu membuat blog dengan template yang bagus, yaitu : 
  • Google dan reader friendly
  • Minimalis, jangan terlalu banyak widget, dan perpaduan warna maksimal 3
  • Loading cepat
  • Kompres gambar
  • Background tulisan putih, tulisan warna hitam
  • Ada page about me agar memudahkan navigasi
  • Pilihlah font yang mudah dibaca.
Penting juga untuk memilih niche dan mengetahui fitur-fitur yang ada di dashboard.

2. Tahu apa yang akan dilakukan dan melakukan apa yang kita tahu.

Menulislah apa yang kita tahu agar memudahkan saat proses penulisan, tidak blank, acak kadut dan macet,hehe
Nah kita bisa ikhtiar dengan mencari ide sebanyak-banyaknya dan mencatatnya, membuat mindmapping,  atau minimal punya tema utama, atau mencari calon judul, biasakan selesaikan tulisan dulu baru editing.
Sering blogwalking juga bisa menambah semangat dan memperkaya wawasan, sebaiknya alokasikan waktu khusus untuk blogwalking. Penting untuk menjaga adab saat blogwalking ya.

3. Jangan jadikan uang sebagai tujuan utama

Blogging bisa banget sebagai sarana cari uang, tapi lebih baik "Ngeblog dengan hati" ketulusan hati saat ngeblog insya Allah akan diganti Allah dengan rizki, salah satunya dari sisi materi.

4. Belajarlah dengan penuh semangat

Jangan menunggu mood bagus untuk nulis, lebih baik buat plan atau jadwal untuk ngeblog, tentukan tema, cari dan catat referensi.
Persiapan yang matang adalah setengah proses menuju kesuksesan.

5. Bangunlan Personal Branding

Membuat personal branding dengan media sosial yang kita punya, maka perlu bijak dalam menggunakan media sosial.

6. Konsistensi

Ini poin penting dan sering jadi tantangan ya, konsisten. Salah satu tips yang bisa dilakukan agar istiqomah ngeblog itu dengan bergabung dengan komunitas blogger, bisa saling menyemangati dan menambah ilmu.

Lalu bagaimana memulai blogging?

Start with Niat Lillahita'ala, agar bisa berbagi inspirasi dan manfaat, pilih platform yang sesuai dengan kita, lalu nulis deh dan post ke medsos, untuk menjaga semangat dan konsistesi bisa gabung dengan komunitas blogger.

Nah pas baca kemampuan minimal blogger langsung jiper deh, karena aku belum ada sepertiganya, hiks,, tapi bismillah belajar. Apa aja si? 9 komampuan minimal yang mesti dimiliki blogger : mengganti template, membuat halaman statis, memotong artikel agar yang terpampang di halaman depan hanya potongan-potongan artikel, memasang gambar atau foto pada artikel, memasang link pada anchor text, memasang link pada gambar, memasang banner di sidebar maupun pada badan artikel, dan bermain di dashboard untuk membuat draft beserta pernak-perniknya.

Untuk menjadi professional blogger ada banyak hal yang harus dipenuhi,,haha aku masih jauh dari ituu...

Bismillah belajar blogging agar bisa menebar manfaat.






Related Posts

3 komentar

  1. Insya Allah bisa.. semangaat ya mbak Zulmi! Terima kasih sudah membuat resumenya :)

    BalasHapus
  2. Agaknya ribet, tapi emang perlu memantapkan hati dulu si untuk niat blogging begini. Huhuhu, semangat..

    BalasHapus

Posting Komentar