header www.zulmiati.com

Melejitkan Kreatifivitas anak

Posting Komentar
  
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Alhamdulillah sudah sampai game level 9 kelas bunsay#5 Jateng. Tema Game level 9 ini adalah tentang Kreativitas. Kalau dengar kata kreatif yang terpikir adalah mencipta karya yang unik, beda dari yang lain, sesuatu yang wow.
Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.

Kreativitas merupakan salah satu kecerdasan masa depan yang dibutuhkan anak. Semua anak adalah anak kreatif, kita sebagai orang tuanya lah yang harus mampu melejitkannya.
Apa saja ciri anak kreatif ?

  1. Selalu ingin tahu
  2. Tidak puas dengan satu jawaban
  3. Eksploratif
  4. Suka mencoba hal-hal yang tidak biasa
 Dari 4 ciri diatas pastinya semua anak masuk dalam ciri anak kreatif kan bun? Nah Tugas kita sebagai orang tua dalam mendampingi anak kreatif diantaranya sebagai berikut :
  1. Anak selalu ingin tahu, anak selalu bertanya terus, apa saja ditanyain? Ada yang sama? Toss dulu bund.. Nah sebagai ortu tugas kita adalah mendampinginya memuaskan rasa ingin tahunya. Bila orang tua tidak memuaskan rasa ingin tahu anak, maka anak akan mencari tahunya sendiri dan bila tanpa pendampingan ini akan berbahaya. Atau justru sebaliknya bila anak banyak bertanya tapi diabaikan maka bisa membunuh intelectual of curiousity- nya dan anak menjasi cuek.
  2. Anak tidak puas dengan satu jawaban. Maka tugas kita adalah mendampinginya mencari alternatif jawaban dan kemungkinan. Misal kita ga tau jawaban dari pertanyaannya, maka ajak anak cari tahu jawaban bersama melalui baca buku, internet atau tanya pada yang lebih ahli/paham.
  3. Eksploratif, anak ingin memegang semua benda yang menarik perhatiannya, ingin memainkannya. Nah tugas kita sebagai ortu adalah memberi ruang kebebasan anak untuk bermain dan bereksplorasi, dengan memastikan keamanan dan keselamatannya. Anak juga perlu diajari tentang manajemen resiko dan keselamatan. 
  4. Suka mencoba hal-hal yang tidak biasa. Apresiasi percobaan mereka, karena para penemu ilmu pengetahuan berawal dari percobaan yang out of the box. Kepercayaan dan dukungan kita sebagai orang tua sangat penting bagi kepercayaan dirinya untuk mencoba hal baru yang mungkin berbeda dengan umumnya. 

Pas saya pulang kerja menemukan hasil kreasi mereka, merasa sangat bersyukur. Ada roket dari bekas botol air minum, kakak menjelaskan bahwa itu hasil kreasi mereka berdua. Ada gambar yang ditempel di pintu kamar mereka, mas Azkal memceritakan apa yang dia gambar. Dari gambar yang menurut kita abstrak, tapi bagi mas yang gambar itu ada ceritanya.hehehe


Mengapresiasi, menunjukan mata berbinar kita melihat hasil karya mereka dan mendengarkan sepenuh hati&jiwa ceritanya membuat mereka bangga terhadap karyanya dan percaya diri bahwa mereka bisa berkarya.
Moga Allah bimbing kita untuk berkarya penuh manfaat bagi kehidupan dunia akhirat. Tak ada guna kalo kita bisa kreatif tapi hanya menguntungkan diri sendiri saja atau bahkan untuk merusak..

Sumber bacaan :
Bunda Sayang, 12 ilmu dasar mendidik anak, Niken Tf,dkk

#hari1 
#gamelevel9
#tantangan10hari
#thinkcreative
#kuliahbunsayiip


Related Posts

Posting Komentar