header www.zulmiati.com

Ingin atau Butuh

Posting Komentar
Bismillah menuliskan tantangan hari kedua game level 8 kelas Bunsay 5 Jateng.

Belajar tentang kecerdasan finansial,sejatinya kita belajar juga pengelolaan emosi. Belajar tentang pengendalian diri. Menahan untuk menunda keinginan dan mengutamakan kebutuhan. Nah penting banget bagi kita bisa membedakan "Kebutuhan dan Keinginan". Kalau tidak belajar mengenali dan mengelola "need vs want" sejak dini maka akan sangat berpengaruh pada pola hidupnya di masa yang akan datang. Iya, saya sendiri kadang masih mikir, ini butuh apa ingin ya?

Misal makan itu butuh, nah mau makan di resto mahal atau sederhana itu masuk ranah keinginan. Kendaraan itu kebutuhan, nah milih kendaraan yang bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari atau harus kendaraan model terbaru itu keinginan.

Terkadang kita masih sangat rancu dalam hal ini. Ada sebagian orang yang rela makan ngirit, demi cicilan motor merk keluaran terbaru.
Atau sebagian orang karena menganggap makan adalah kebutuhan primer, jadi ga papa kalau uang yang diperoleh diapakai buat kuliner makan.

A need is something you have to have, something you can't do without. Agood example is food. If you don't eat, you won't survove for long. Many people have gone days without eatung, but eventually ate a lot of goog. You might nit need a whole lot of food, but you di need to eat.

A want is something you would like to have. It is not absolutely necessary, but it wolud be a good thing yo have. A good example music. Now, some people might atgue yhat music is a need because they think they ca't di without it. But you dont need music to survive. You do need to eat.

Perbedaan kebutuhan dan keinginan : bisa dilihat di tabel berikut :



Kebutuhan
Keinginan
Sifat
Objektif/ perlu/ mengikat
Subjektif/ tidak harus
Dampak yang diinginkan
Manfaat
Kepuasan
Yang dijadikan tolok ukur
Fungsi
Selera

Ingin dan butuh ini selalu jadi obrolan ketika kakak menginginkan sesuatau. Seperti saat ditempat lesnya lagi ada promo dapat marchendise koper skoter. Kakak merengek menginginkan itu. Saya ajak ngobrol, "coba dihitung di rumah kita sudah punya berapa koper?"
A: Tapi kan ga bisa jadi skoter mi?
U : Nah, kakak butuh skoter apa koper?
A : fua duanya mi, aku pingin mi..
U : Di rumah sudah banyak koper kak, kemarin kita juga beli kan pas di Singapur? Kalau kakak pingin aja berarti belum butuh kan?
A : iya,tapi aku pingin mi, boleh ya boleh,,pliss
U : Saat ini kakak belum butuh jadi um ga beliin..

Dengan mengajarkan anak mengenali "kebutuhan dan keinginan" sejak dini, harapannya kelak ia bisa memilih dengan bijaksana untuk memprioritaskan kebutuhan yang harus dipenuhi.
Sumber bacaan :
https://www.jurnal.id/id/blog/2017-pengertian-kebutuhan-keinginan-dan-perbedaannya/
http://maydhiputra.blogspot.com/2012/10/need-vs-want-butuh-atau-sekedar-ingin.html

Related Posts

Posting Komentar