header www.zulmiati.com

Komunikasi Produktif

Posting Komentar


Hampir setiap hari kita melakukan komunikasi. Tapiii apakah komunikasi kita sudah produktif? Sudah sesuai tujuankah komunikasi kita?ߤᅠhuhuhu
Komunikasi bukan hanya sekedar menyampaiakan pesan. Tapi bagaimana pesan tersampaikan dan dapat diterima baik sesuai tujuan komunikator oleh komunikan. Penting baget belajar agar komunikasi kita produktif, agar kita menjadi seorang komunikator andal. Belajar menjadi komunikator andal tidak bisa hanya dengan membaca teori saja, tapi perlu praktek berulang.
Di kuliah bunsay ini materi awal yang kita pelajari adalah “Komunikasi Produktif” karena komunikasi adalah kunci suatu hubungan.
Saat berkomunikasi harus konsisten dan kongruen antara VERBAL (kata yang diucapkan) - VISUAL (ekspresi ketika mengucapkan) - VOKAL (intonasi/nada bicara). Bebebapa strategi komunikasi yang dipelajari dalam kelas Bunsay ini :





Dalam Al qur'an dan hadist pun sebenarnya sudah banyak dicontohkan tentang komunikasi yang baik ya, salah satunya :
“Dan sederhanakanlah kamu dalam berjalan dan lembutkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai. (Q.S. Luqman : 19)

Di Kelas Bunsay ini kita juga diminta membuat Family Forum. Karena kami LDM jadi VC abis isya itu FF di keluarga kami, walau ga sempurna yaߘ○ Sudah hampir sebulan ini kami mempensiunkan TV, jadi Alhamdulillsebenarnya setiap waktu ketika saya di rumah adala FFߘᆴ Tapi yang beneran fokus FF adalah ba’da maghrib hingga bed time, biasanya kami baca buku bareng, cerita bareng, main bareng.
Bismillah semoga bisa belajar dengan HATI agar ilmu bunsay ini terikat sehingga saya bisa mempraktekkan komunikasi produktif ini dengan baik. DAN dengan terus memohon bimbinganNya, karena hanya Allh lah sebaik - baik Murobbi.


Pekalongan, 27 Maret 2019

Related Posts

Posting Komentar