header www.zulmiati.com

Reading Tracker

Posting Komentar

reading tracker
Bismillah menuliskan tantangan hari 1 di Game Level 5 Bunsay ini.
Meluruskan niat dan menguatkan azzam membersamai anak - anak untuk menumbuhkan kemampuan Literasi mereka, dan semoga  bisa konsisten menuliskan tantangan selama 17 hari tanpa rapel.

Mengenai menumbuhkan suka baca, alhamdulillah di keluarga kami sudah menjadi kebiasaan untuk membaca buku. Terutama waktu sebelum tidur, saya biasakan bacain buku buat anak - anak. Alhamdulillah kakak sekarang sudah bisa baca buku sendiri, kalau sudah baca buku yang dia suka bisa asyik pinginnya langsung diselesaikan semuanya. Alhamdulillah bisa betah berlama-lama dengan buku, kalau ke Perpus harus nego berapa kali untuk diajak pulang,,hehehe. Mas alhamdulillah juga suka buku, namun karena belum bisa baca sendiri, biasanya minta bacain saya atau uti atau atung atau kakaknya. Ikhtiar menumbuhkan membaca moga lurus memenuhi perintah ayat pertama yang turun yaitu IQRO (Bacalah). Semoga dengan suka dan bisa baca anak - anak semakin mengenal dan cinta pada Allah SWT

Untuk tantangan kali ini disuruh bikin Reading Tracker ya, apa aja buku yang akan dibaca. Biasanya kami Follow the child aja soal baca buku. Jadi mereka yang milih buku apa yang mau dibaca atau dibacain. Terkadang dari segitu banyak buku di rumah, yang dibaca ya yang itu lagi itu lagi. Sempet dulu merasa khawatir mubazir beli banyak buku tapi kok ga dilirik sama anak ya, yang dibaca itu lagi itu lagi, (ini terkadang saya yang nafsu beli karena liat value bukunya bagus,,ups).
Pernah kejadian saya sering mupeng liat buku premium yang emang masuk Wish List buku yang pingin dibeli, terus lagi ada diskooon (mamak mana yang ga ijo liat diskon 40%,,hahaha). Padahal mungkin pas saat itu anak belum siap atau pas dibacain buku ituu . Nah sampai pas pingin beli buku lagi dibilangin sama suami "selesain bacain buku yang di rumah dulu baru beli lagi,apapun yang kita miliki seperti buku pun kelak di akhirat juga dihisab lho mi" Langsung MAKJEB banget kaan, abis dibilangin gitu Tobat,,hahaha ga berani beli buku paketan premium lagi sebelum menuntaskan yang ada.

Tapiii ternyata anak-anak ini ada masa akan tertarik dengan buku yang lain juga,,mungkin saya nya yang kurang pinter merolling buku atau mengangkat topik buku biar merangsang untuk dibaca.
 Eh beneran gitu? Iya,,,karena amazing banget pas saya liat tetiba kakak dan mas ngambil buku yang ituuu udah lama bangeeet aku beli🙃 Bahagia banget kaan ketika ah akhirnya diambil juga tuh buku,hehehe Dan buku itu bisa jadi trending selama beberapa hari😍 Puas banget si mamak, dan mesti cerita dong sama paksu tentang kejadian ini,,haha Alhasil mulai ketagihan beli buku lagi deh,hehe Tapi sekarang tetep keinget untuk ga mubazirin beli buku, skriningnya semakin ketat, sesuai value keluarga ga, masa baca buku ini bakal lama ga (misal kayak komik next G kesukaan kakak yang cepet bangaet bacanya, ya mending pinjem perpus aja), di rumah sudah ada buku dg tema yg sama ga, dsb.
Eh curhatannya jadi panjang,,

Berikut Reading Tracker yang saya siapkan untuk Game level 5 ini :
  1. Reading tracker saya ada 4 buku, seperti gambar di bawah ini :

    Saya cuma berani menargetkan 4 buku saja, karena oh karena kalau 3A liat saya mau baca buku, mereka datang dengan tumpukan buku untuk dibacain,hahaha
  • Buku Metode At Taisir 30 hari Hafal Alqur'an karangan ust Adi hidayat, Ada 6 bagian di buku ini, Bagian 1 Esesnsi Al qur'an, bagian 2 Amalan pra Hafalan Rahasia Kemudahan Al Qur'an, bagian 3  Proses Menghafal,bagian 4 Amalan pasca Hafalan, bagian 5 Perusak Hafalan, Bagian 6 puncaknya simulasi Hafalan.  Alhamdulillah sudah selesai baca bagian 1-5 buku ini, tapi masuk dalam reading tracker saya karena untuk bagian 6 ini masih saya pakai buat nambah hafalan dan muroja'ah. Moga Allah selalu membimbing dan meridhoi kami.
  • Buku Tuntas Motorik karya Ani Ch, 
  • Buku Anak Saleh Lahir dari Orang tua Saleh karya Abah Ihsan, dari dulu mupeng pelatihannya, maka baca buku karyanya dulu deh,,hehe
  • Buku Feminitas Jalan Pulang Fitrah Bunda, baca buku ini ssalah satu ikhtiar untuk sesuai judul buku ini,,hehe. Alhamdulillah udah separuh jalan dibaca, bikin meleleh dan instropeksi diri, karena butuh kekhusyukan dan perenungan baca jadi belum selesai-selesai.

2. Reading Tracker untuk 3 A, sebenarnya prinsipnya baca buku buat anak - anak tetep Follow The Child si, tapii mamak juga punya misi,,hahaha Buku ini kayak buku wajib yang ingin saya sounding ke mereka value nya saat ini :
  • Ikhasku hari ini, Maafku hari inj, Sabarku hari ini, Syukurku hari ini. Ini merupakan seri Tazkiyatun nafs anak karya pasangan Canun Kamil & Fufu Elmart. Sebenarnya 4 buku ini udah selesai dibaca kakak sama mas, tapi menurut saya value nya masih perlu terus di sounding kan
  • Buku Allah selalu ada Untukku, karya Amalia Kartika Sari. Yang udah punya buku ini pasti tau kaaan,,,love banget,
  • Buku CPD Jam Ajaib kakek berto (buku untuk anak belajar tentang waktu tapi dikemas dalam bentuk cerita yang kece), buku ini aku sandingkan dengan buku Atur Waktumu dengan Baik. Ketika anak paham tentang waktu, maka lebih baik lagi mereka mengerti untuk memanfaatkan waktu dengan baik, terutama waktu - waktu untuk beribadah sama Allah.
Nah pas saat saya lagi mau foto reading tracker anak - anak, kakak masuk ke kamar dan tanya
A : lagi apa mi?
U : Milih buku yang buat kita baca kak
Teruss dia keluar kamar, yang ternyataaa ke rak buku, daan kembali ke kamar saya dengan  membawa buku setumpuk seperti gambar di bawah ini :


Yang kalo dijlentreng seperti ini,,hahaha 

Yang kesemuanya ini sebenarnya udah dia baca, Kata kakak dia milih ini itu buat adik juga kayak yg baby animal itu buat Arsyad, yg Dino buat Azkal,,Okelah kak,,Bismillah



#hari1
#gamelevel5
#tantangan10hari
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang

Related Posts

Posting Komentar