header www.zulmiati.com

Membangun Imaji Positif lewat Cerita

Posting Komentar



Bismillah…

Setelah merenung karena kegagalan dalam melatih kemandirian anak, maka langkah awal saya adalah kembali meluruskan NIAT, bukan untuk apa dan siapa, hanya untuk mencari keridhoanNya.

Langkah kedua, melihat lagi hal penting apa yang harus dilatih kemandirian mereka saat ini sesuai tahap Tumbuh kembang mereka. Baca buku lagi…

Langkah ketiga, menyusun strategi baru.

Maka saya menargetkan untuk membersamai dan mendampingi ibadah mereka selama bulan Ramadhan ini. 


Saya sangat dag dig dug menyambut bulan Ramadahan tahun ini karena ada PR Besar untuk membersamai Kakak dan Mas belajar puasa. Terutama kakak yang usianya sudah 7y, udah masuk usia tamyiz, yang sudah wajib diajarkan puasa..huhuhu
๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
Ngiri banget liat anak orang lain sudah bisa puasa full dan sempet bikin down dan mellow, merasa kok gini – gini aja. Kakak sebenarnya sudah bisa puasa full, cuma karena mas belum kuat dan puasa sambung, jadilah kakak ikutan puasa sambung juga. Terkait shalat tarawih, hari pertama kakak antusias ikut shalat tarawih, tapi hari keduanya mogok ga mau tarawih, soale lama..huhu semakin merasa mellow… Karena saya ga bisa ngajak kakak tarawih ke masjid, saya tarawih di rumah karena nemenin adek Arsyad yang belum bisa diajak ke Masjid.

Sampe curhat panjang ke suami, dan Alhamdulillah dapat pencerahan. Yang paling inget kata suami “minta terus sama Allah yang”

Ah iya, kadang lupa, bahwa yang menggenggam anak adalah sang pemiliknya Allah SWT, maka kalau ingin sesuatu ya minta kepadaNya. Jangan merasa pakai metode ini itu yang menghantarkan mereka sholeh/ah, tapi karena Kuasa dan IjinNya lah semua bisa terjadi.

Yakin bahwa Allah SWT menitipkan anak ke kita, pasti sudah sesuai dan pas untuk kita, Allah SWT sudah memberi bekal akal dan hati untuk mendidiknya.. Tinggal kitanya saja mau menggunakannya dengan maksimal tidak,,,,huhuhu

Maka setiap dalam waktu mustajab saya memohon kepada Allah SWT untuk selalu memberi petunjuk dan membimbing saya agar bisa membersamai dan merawat fitrah baik anak – anak. Menumbuhkan kecintaan pada Allah SWT dan ketaqwaan padaNYa.

Usia 0 – 7 y yang perlu dibangun adalah imaji positif.

Maka saya mulai pilah buku terkait ramadhan dan ibadahnya, men”display” di kamar tidur anak – anak. Buku – buku yang membangun imaji positif mereka tentang ibadah kepada Allah SWT. Kakak Alhamdulillah sudah bisa baca dan sangat suka baca, jadi sangat membantu sekali. Mas yang belum bisa baca, kadang saya bacakan, kadang dibacakan oleh kakaknya.

Menceritakan bagaimana senangnya saya jaman waktu kecil dulu dalam menyambut ramadhan, kegiatan sama temen, shalat tarawih (sampai ninggalin sajadah di masjid buat ngecup tempat shalat), puasa, dsb.

Alhamdulillah akhirnya hari ketiga kakak mau shalat isya di masjid, tapi abis shalat isya langsung pulang, ga ikut tarawih..huhu

Saya ajak tarawih bareng di rumah ga mau, malah asik baca buku..๐Ÿ˜‘

Besoknya akhirnya saya ajak ngobrol kenapa ga mau ikut tarawih di masjid? Kata kakak lama shalatnya mi, banyak..
 Saya cerita bahwa dulu saya pas kecil shalat tarawih di mushola deket rumah Batang itu 20 rakaat, tapi seneng karena banyak temen, abis itu lanjut tadarus bersama, dsb.

Kakak kekeh belum mau tarawih di masjid, akhirnya saya tawarin, shalat tarawih di rumah sama akung aja ya, Akung bisanya abis shalat tarawih 8 rakaat di masjid pulang, dan lanjutin sampai 20 rakaat, jadi nanti kita makmum Akung aja di rumah. Dan akhirnya kakak setuju…

Alhamdulillah, moga Allah SWT senantiasa melindungi, membimbing dan meridhoi kami dalam membangun ketaatan pada Nya.



Related Posts

Posting Komentar