header www.zulmiati.com

Menyusun menu, Kemandirian Makan

Posting Komentar
Alhamdulillah kakak sudah konsisten untuk melakukan standar malam. Alhamdulillah bagian ikhtiar dari TT malam sudah terlihat hasilnya, kurang konsisten bangun malam untuk pipis. Seperti semalam, akhirnya kakak ngompol😅.

Tapi ada hikmah dari kakak ngompol, bangunnya jadi pagi pas subuh langsung mandi jadi bisa jama'ah subuh sama saya, dan bisa menyelesaikan standar pagi lebih awal.

Selain masih lanjut TT malam, saya mulai sounding untuk makan sendiri. Biasanya anak-anak kalo suka sama masakan/makanannya mereka akan antusias untuk makan sendiri.

Maka dalam melatih kemandirian makan sendiri, hal awal yang kita lakukan adalah menyusun menu. Berikut adalah menu yang disusun sama kakak.

Secara tidak langsung kakak sudah berlatih untuk membuat perencanaan, memilih dan menentukan pilihan. Melatih kemandirian berpikir.

Karena soal mandiri dalam makan, bukan hanya sekedar bisa makan sendiri, ada tujuan pengasuhan jangka panjang bahwa mereka bisa menentukan makanan yang akan mereka makan,porsinya, kehalalannya, kesehatannya, dsb. Mereka paham apa manfaat makan dan adabnya. Ketika memasuki masa remaja hingga dewasa nanti mereka sudah punya prinsip dan pegangan tidak menjadi follower gaya hidup makan yang tidak baik.

Nah harapannya karena menu ini hasil pilihan anak-anak, mereka akan merasa bangga karena ide dari mereka, jadi saat makan mereka bisa bertangungjawab terhadap pilihan makanan mereka.




Related Posts

Posting Komentar