header www.zulmiati.com

My Talents by temubakat.com, 📚NHW#7📚

Posting Komentar

📚ZULMIATI_NHW#7📚

_Nice Homework #7_

*TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF*

Bismillahirrahmanirrahim,,,

*REJEKI ITU PASTI, KEMULIAAN HARUS DICARI*

Awalnya setiap ada orang bandingin Full Time Mom/Stay at Home Mom dengan Working Mom selalu baper,, dan bahkan saat membaca materi ke7 IIP ini "Bunda Produktif" masih kebawa bapernya😭😭😭.

Namun menelisik kembali ke NHW-NHW sebelumnya, mecoba menselaraskan dan menemukan benang merahnya.

*_Bunda Produktif adalah bunda yang senantiasa menjalani proses untuk menemukan dirinya, menemukan “MISI PENCIPTAAN” dirinya di muka bumi ini, dengan cara menjalankan aktivitas yang membuat matanya “BERBINAR-BINAR_* "

👆Meresapi tulisan diatas dan melihat kembali ke NHW#4 tentang Misi dan Peran hidup serta mencocokkannya dengan  hasil dari Temu bakat ST30, maka semua terlihat semakin jelas,,dan alhamdulillah semuanya selaras.

Hasil di NHW#4
Misi Hidup : membagi/sharing ilmu ke orang lain
Bidang : Kesehatan dan Pendidikan Ibu dan Anak
Peran : Penyuluh/pendidik/fasilitator

Hasil dari Tallents Mapping ST30 di temu bakat
Potensi Kekuatan saya ialah : 
1. CAR - CARETAKER
       Adalah orang yang dapat merasakan perasaan orang  lain. Peran yang cocok untuk tipe ini antara lain perawat,dokter, dsb.

2. DIS - DISTRIBUTOR
      adalah orang yang senang mengatur berbagai sumber daya, penuh tanggung jawab dan pekerja keras.

3. EDU - EDUCATOR
      adalah orang yang suka melihat orang lain maju dan memajukan orang lain dengan cara mengajar, melatih keterampilan, melatih sesuai dengan kemampuan anak didik atau memberikan nasihat. Peran yang cocok untuk tipe ini antara lain guru,dosen,pelatih,tenaga pendidik, dsb.

4. EXP - EXPLORER
      Adalah orang yang selalu berpikiran analitis, senang mengumpulkan berbagai informasi ataupun senang mempelajari sesuatu.

5. JOU - JOURNALIST
      adalah orang yang mudah menyesuaikan dirinya, senang menjelaskan sesuatu yang biasa menjadi luar biasa baik lisan maupun tertulis, berpikiran strategis dan mempunyai banyak ide.

6. SER - SERVER
      Adalah orang yang senang melayani dan mendahulukan orang lain. Peran yang cocok untuk tipe ini antara lain perawat,dokter, technical support,customer service,bidang pekerjaan yang mengutamakan pelayanan,dsb.

7. ANA - Analist (warna kuning)
      Adalah orang yang berpikiran analitis dan senang dengan angka-angka maupun data. Peran yang cocok untuk tipe ini antara lain trader bursa saham,pialang,system analyst,programmer,peneliti,dsb.

8. RES - Restorer (warna kuning)
      adalah orang yang berpikiran analistis,senang mendiagnosa dan senang mengembalikan sesuatu ke fungsi semula.

👑 Dan kekuatan saya di atas itu semua selaras dengan pekerjaan saya sekarang sebagai Penyuluh Kesehatan Masyarakat / Promosi Kesehatan / Health Promotion..

Pekerjaan sebagai PromKes membuat saya :

1⃣ Selalu tambah bersyukur sama Allah, bagaimana tidak? Saat posyandu, saat kunjungan rumah, saat penyuluhan, saya berinteraksi dengan masyarakat berbagai kelas ekonomi, pendidikan, dan permasalahannya..

Ketika melihat ada balita dg kelainan
dan ibunya sungguh sangat sabar&tabah merawatnya,padahal ekonominya pas2an bahkan kurang. Lalu melihat diri sendiri betapa Allah sangat melimpahkan anugerah di keluarga kami. Masih banyak kisah yang membuat saya mrebes mili😭😭😭.

2⃣menegakkan taat.
Alhamdulillah lingkungan pekerjaan saya ini, membuat saya semakin taat, kita terbiasa shalat dhuha di kantor, shalat berjamaah ketika dhuhur, masih bisa memakai pakaian sesuai syariat.

3⃣berbagi manfaat
Ya, pekerjaan sebagai PromKes memberi peluang besar pada saya untuk menebar manfaat, berbagi ilmu.

Semoga Allah selalu membimbing dan meridhoi peran kecil saya untuk ikut menyehatkan masyarakat, KESEHATAN adalah keadaan sejahtera dari BADAN, JIWA, dan SOSIAL yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

"Rejeki hanya akan menempuh jalan yang halal, maka para Bunda Produktif perlu menjaga sikap saat menjemputnya. Karena apa yang kita berikan ke anak-anak dan keluarga, halalnya akan dihisab dan haramnya akan diazab." (Materi ke 7 IIP SSJP)"

👆Ini makjleb banget😭😭😭 dan akan menjadi catatan penting saya, untuk selalu sesuai dengan tuntunannya dalam menjalankan pekerjaan saya, terutama harus selalu perbaharui NIAT.


🌻Dan kembali saya menelisik materi IIP SSJP dan NHW saya,,ehmm ada banyak hal yang harus saya perbaiki,,

1. NIAT, harus selalu meluruskan NIAT untuk menggapai RidhoNya

2. Saya harus menguatkan di Bunda Sayang dan Bunda Cekatan. Karena saya sudah terlanjur ke tahap Bunda Produktif sebelum saya tuntas di Bunda Sayang dan Bunda Cekatan.

Saya mengutip pendapat mb Fathiyah (Fasil IIP SSJP) "untuk ke bunda produktif idealnya memang harus sudah tuntas bunsay dan buncek..tetapi bagi yg sudah terlanjur produktif dan kebetulan di luar rmh..tidak tiba2 harus balik badan.
Hrs dievaluasi dulu mana yg benar2 kategori panggilan hati atau passion..lalu mulai ambil lagi serpihan2 bunsay dan buncek one by one. Ciptakan deep habbit dulu di satu saja program sambil meneruskn produktivitas yg sifatnya passion. Jadi..mencoba balancing versi masing2. "

🌸 PRIORITAS SAYA saat ini Menguatkan BunSay (Amanah  2 Balita di rumah), untuk BunCek beberapa mungkin harus saya delegasikan..🌸

🍀 Lanjut membuat kuadran aktivitas..

Kuadran  1 : Aktivitas SUKA dan BISA
🍭Membaca
🍭Menulis
🍭Belajar ilmu baru
🍭Berbagi ilmu
🍭Membuat perencanaan

Kuadran 2  : Aktivitas SUKA tetapi TIDAK BISA
🍝 Komunikasi produktif
🍝Membuat tulisan berkualitas
🍝Mendokumentasikan hal/sesuatu dengan rapi
🍝Membuat kreativitas (membuat mainan DIY, menata masakan jadi menarik,dsb)

Kuadran 3 : Aktivitas TIDAK SUKA tetapi BISA
🎂Mencuci, mengepel (urusan rumah tangga)
🎂 Mencatat


Kuadran 4: Aktivitas yang TIDAK SUKA dan TIDAK BISA
🕸Berdandan
🕸Memilah barang (terpakai-tidak terpakai)

Alhmdulillah selesai mengerjakan NHW#7, harus dicicil dan segera dikerjakan agar tidak masuk dalam kegiatan penting dan mendesak yang menghabiskan energi dan membuat stress...

Selamat mengerjakan teman2...
Semangat Berubah untuk terus menjadi lebih baik dan bermanfaat😍😍😍

Pekalongan, 30 November 2016
By Zulmiati

Related Posts

Posting Komentar