header www.zulmiati.com

Design Pembelajaran ala Zulmiati

Posting Komentar
 📚ZULMIATI_NHW#5📚

Nice Home Work#5
MATRIKULASI IBU PROFESIONAL BATCH #2

📖Belajar Bagaimana Caranya Belajar 📖
*Learning How To Learn*

Bismillahirrahmanirrahim memulai mengerjakan NHW#5,,Di NHW 5 tugasnya adalah membuat *Design Pembelajaran* ala kita...

Setelah baca materi sesi 5 IIP berulang-ulang,mengunyah pelan-pelan,,sekarang saaatnya menuliskannya..

Saya akan membuat *Design Pembelajaran* ala saya dengan pendekatan metode "Appreciative Inquiry ".
Pendekatan Appreciative Inquiry ini berfokus pada pencarian kekuatan dan inti positif diri.
Pertama saya harus lakukan adalah memahami karakteristik belajar saya terlebih dahulu. Saya akan mulai dengan mengenang masa lalu,menggali pengalaman gaya belajar saya dan saya akan fokus menggali gaya belajar yang membuat saya NYAMAN dan BISA. Yang ketika saya melakukannya seolah-olah waktu berhenti dan mata terus berbinar😍😍😍. Saya juga akan melihat gaya belajar saya yang sekarang, lalu merancang impian *Design Pembelajaran* yang sesuai dengan saya saat ini berdasarkan gaya belajar saya dahulu dan sekarang yang membawa keberhasilan.

Learn from the past, live for today and plan for tomorrow. (Belajar dari masa lalu, hidup untuk sekarang, dan berencana untuk hari esok.)

*Gaya Belajar Masa Lalu*

Saya termasuk orang dengan otak kirinya lebih kuat, saya suka memecahkan soal-soal eksak (matematika, fisika, kimia), yang paling saya suka adalah saat mengerjakan soal matematika, dunia seakan berhenti berputar ketika saya berjibaku mengutak atik soal matics,,, daaan saya akan sangaaaat puas jika bisa menyelesaikannya dengan tuntas..😃😃😃
Sampai cita-cita saya dulu adalah menjadi guru matematika. Tapi qadarullah Allah berkehendak lain,tapi selalu syukuri dan yakin inilah yang terbaek buat saya😊

Oya saya juga sangat suka dan hobi membaca, buku2 cerita,komik,novel,,,saya suka cerita detektif, cerita yang membutuhkan pikiran untuk analisis dan membuat penasaran,,hehe.. Saya bisa menghabiskan waktu berjam2 untuk membaca dan harus selesai,,karena belum terpuaskan dan masih kepikiran serta penasaran kalau belum selesai😅😆.

Saya tipe orang terencana, untuk melakukan sesuatu biasanya saya buat plan terlebih dahulu (suka banyak mikir, jadi kurus terus😅) Dahulu ketika jadwal ujian/tes diumumkan, maka saya akan buat plan jadwal belajar saya (walaupun ga selalu berjalan mulus terlaksana sesuai planningnya😆)

Saya dahulu sangat tidak suka merangkum atau meringkas pelajaran, saya tergolong malas mencatat😅. Alasan pertama karena tulisan saya ga bagus dan alasan kedua saya jadi kurang fokus kalau mendengarkan sambil mencatat.

Saya lebih suka kalau saat belajar sudah punya materinya dahulu, di buku atau hand out, lalu saat diajar saya tinggal  menambahkan catatan2 penting saja.

Saya suka belajar dalam ketenangan, ga bisa belajar kalau berisik. Saya bisa belajar mandiri maupun berkelompok, tergantung materi yang harus saya pelajari.

Dahulu saat kuliah saya lebih suka sama dosen yang mengevaluasi kita dengan metode apresiasi, jadi yang ditanyakan adalah hal-hal yang sukses/berhasil kita lakukan (hal yang menyenangkan). Lalu ditanya bagaimana cara/strategi agar lebih sukses lagi? Tidak dievaluasi / ditanya kekurangannya. Yang terbentuk adalah aura positif untuk semangat berkarya lebih baik lagi😍😍😍. Dan ini sesuai sekali dengan materi *Tinggikan gunung,jangan ratakan lembah*

*Gaya Belajar Sekarang*

Gaya belajar sekarang  saya bagi dua, yaitu sebagai seorang pekerja dan sebagai ibu.

Saat sekarang di dunia kerja, gaya belajar saya lebih banyak learning by doing (belajar dengan melakukan)dan bertanya pada rekan yang lebih ahli menurut saya. Dan belajar dari pengalaman, try and eror😅. Karena keterbatasan buku penunjang, terkait pekerjaan saya lebih sering searching materi dari googling. Bekerja dengan learning by doing ini membuat saya belajar menemukan sendiri kekurangan2 dan berusaha memperbaikinya agar tidak terulang dan bisa lebih baik. Pekerjaan saya saat ini mengharuskan saya berinteraksi dengan banyak orang yang beragam, berbagai profesi, kalangan, usia dan komunitas. Ini membuat saya belajar banyak tentang karakteristik orang, belajar menghargai pendapat, belajar memahami perbedaan,dsb.

Menjadi istri dan ibu adalah anugerah terbesar bagi wanita. Dan saat kedua status itu saya peroleh, saya sangat antusias untuk mempelajarinya. Saya membeli buku2 tentang parenting dan kerumah tanggaan. Tapi ternyata saat sekarang saya kesulitan membagi waktu untuk bisa membaca dengan tenang dan menuntaskannya😢 (banyak buku yang belum tuntas membacanya dan bahkan ada beberapa yg belum tersentuh😔).
Karena saya merasa ilmu saya miliki masih sangat kurang, saya menjadi keder. Lihat buku2 parenting saya beli,  ada grup2 parenting di wa dan facebook saya join. Save beberapa blog atau web tentang parenting. Dan suka stalging IG ibu2 ideal menurut saya (ibu yang nyiapin masakan sehat dan lucu buat anak2nya, ibu yang reatif membuat mainan sendiri buat anak2nya, istri yang bisa berdandan cantik,de es be de es be). Menghadiri seminar2 parenting. Saya menjadi banyak kebanjiran informasi....
Dan ini seperti dua mata pisau, membuat mata saya semakin terbuka tentang parenting dan juga membuat saya minder karena merasa kok saya gini2 aja😭😭.
Ilmu yang ingin saya pelajari sangat banyak dan saya mencoba memiliki semuanya dalam waktu bersamaan, membuat ilmu yang saya peroleh ga bisa saya serap dan terapkan. Dan kadang bingung mau pakai metode yang mana ini?dan yang keluar malah hasil pengalaman masa lalu..😑😐
Semoga sampai disini saja, setelah saya belajar Matrikulasi di IIP, saya bisa lebih fokus dan tertata, dan semoga saya bisa menemukan *Design Pembelajaran* ala saya sendiri, sesuai dengan kondisi dan kemampuan saya😁.

*Design Pembelajaran ala Zulmiati*

Oke, sekarang saya harus memulai membuat Design Pembelajaran dengan melihat gaya belajar masa lalu dan sekarang. Bismillah..
Saat ini saya akan fokus belajar untuk menjadi "Ibu Profesional berdasar tuntunan Allah SWT"
Maka saya akan belajar dengan cara :

1. Membuat rencana / plan materi apa yang akan saya pelajari dan jadwal waktu mempelajarinya. Dan saat ini saya mau mnyelesaikan KM 1 saya, jadi saya akan fokus mempelajari "Bunda Sayang"

2. Membuat list sumber2 ilmu yang harus saya pelajari terkait "Bunda Sayang" :
a. Membaca Buku dan merangkumnya lalu mendokumentasikannya di blog, saya akan fokus dan menyelesaikan serta mengulang buku-buku yang saya sudah punya di rumah :
 🍓Mengulang Buku Bunda Sayang
 🍓Menyelesaikan Buku Fitrah Based Education
 🍓Menyelesaikn Buku Prophetic Parenting
 🍓Menyelesaikan Buku Balitaku Khatam Al qur'an,
 🍓Menyelesaikan Buku Character Building
 🍓Menyelesaiakn Buku Islamic Parenting
 🍓Menyelesaikan Buku Mendidik dengan Game Islami
 🍓Menyelesaiakn Buku Ibuku Guruku
 🍓Menyelesaiakan Buku Membangun Kreativitas anak secara Islami
 🍓Mengulang/mereview Buku Positive Parenting, Segenggam Iman Anak Kita, Saat Berharga Anak Kita, dan Salahnya Kodok

😎😎Ternyata banyak buku yang saya punya dan belum selesai membacanya terkait materi Bunda Sayang😅😆
Bismillah semoga bisa menyelesaikannya dengan tuntas dan bisa merangkumnya dan menuliskannya di blog,, Aaminn😊

b. Saya akan membatasi dan membuat jadwal grup Parenting di WA dan Facebook yang saya ikuti dan memilih materi yang sesuai dengan Bunda Sayang untuk diarsipkan di blog saya, jadi sewaktu butuh mereview mudah untuk mencarinya, dan meng clear chat agar HP ga lemot😆
Saya juga akan membatasi mengakses medsos, dan membuat list orang yang menginspirasi, jadi membatasi hanya KEPO sama inspirasi orang2 tsb terkait ilmu dan pengalaman "Bunda Sayang"

🐸Untuk grup wa :
🍥HEBAT Semarang saya buka 3 hari sekali,
🍥Rumah Main Anak, dibuka saat ada pekan materi dan saat jadwal saya untuk pekan berbagi
🍥Islamic Parenting Community  (IPC), 3 hari sekali
🍥Matrikulasi IIP setiap ada Materi dan Diskusi
Untuk grup wa yang selain "Bunda Sayang", maka dibuka seminggu 2 kali.

🐙Untuk Grup FB dan tulisan di FB :
1. Parenting with Elly Risman & Family
2. Sabumi Homeschooler Club
3. Muslimkecil Page

🐝Untuk orang yang menginspirasi :
1. FB : Septi Peni Wulandani,  Kiki Barkiah, Harry Santosa, 'Dini' Dian Kusuma Wardhani, Yoanita Astrid, Ninin Kholida, Adriano Rusfi, Amfici Eka Fitri, Naila M Tazkiyah, Julia Sarah Rangkuti, Yurrika Nawal Ulfa
2. IG : @iburakarayi, @rumah.dandelion, @diniswastiana, @familikreativa, @utauteh, @ummuaisyah23, @evitaindahk, @homeschoolongmuslim, @merrytama, @citralestarinp, @fufuelmart, @senapiril

🐧Website : masih dalam proses pemilahan, karena ternyata saya banyak save blog dan web terkait parenting😅

🐞 Webminar :
💻 Mereview Webinar IIP Bunda Sayang
💻. Elhanalearningcenter
       
 c. Terkait adab ilmu, suami selalu mengingatkan tentang kemuliaan mendatangi ulama dan majelis ilmu, maka saya juga mengagendakan untuk mengikuti kajian/seminar parenting minimal 1 bulan sekali, terutama terkait materi bunda sayang. Saya juga menjadwal untuk mengikuti/menonton serambi islam di TVRI setiap hari selasa, karena temanya parenting.

3. Belajar dari pengalaman orang2 yang sukses (dunia akhirat) membawa keluarganya. Orang2 dalam kehidupan nyata di sekitar saya.

4. Menerapkan ilmu-ilmu yang telah saya peroleh, mendokumentasikannya dan menshare nya di blog.

5. Mereview bersama suami apa yang telah saya pelajari, mencatat hal2 yang benar2 saya mampu melakukannya dan mengapresiasi kesuksesan (Appreciative Inquiry). Lalu diambil hikmah serta pelajaran yang diperoleh  untuk membuat strategi agar lebih baik lagi. "Meninggikan Gunung dan Jangan Ratakan Lembah"

*Dan yang pasti selalu memohon pertolongan Allah SWT agar selalu dibimbing dalam jalanNya, dibukakan mata hati supaya dapat menerima ilmu-ilmu-Nya, digerakkan untuk dapat menerapkan ilmu sesuai tuntunanNya.* Aamiiin..

Alhamdulillah akhirnya selesai juga NHW#5
Pekalongan,  18 November 2016
By Zulmiati 

Related Posts

Posting Komentar